Skema Amplifier OCL Extreme Modif YIROSHI Daya Rendah

SOLDIRADEM BLOG - Dalam artikel ini soldiradem blog akan shere hasil experiment modifikasi amplifier yiroshi menggunakan daya yang rendah. Karena kita tahu bahwa amplifier yiroshi minimal harus disuplay menggunakan volt yang tinggi minimal 45-volt ct.  

Amplifier yiroshi saat ini masih menjadi perbincangan yang sangat menarik. Katanya ‘kloningan build up’ kemungkinan bisa jadi driver ini merupakan kloningan build up.

Iseng MenurutI hobi, kali ini soldiradem blog modifikasi driver yiroshi dengan daya yang lebih rendah dan Menurut hasilnya tidak mengecewakan.
image by soldiradem blog sebagai acuan driver yiroshi

Saya tertarik pada buffer op-amp, pada serangkaian transistor 2n5551 dan 2n5401 yang mana pada bagian ini sangat dirancang sangat baik sehingga menghasilkan op-amp yang bagus untuk disalurkan pada transistor driver. Sehingga kemungkinan distorsi bisa di minimalisir karena pada op-amp sudah diolah secara intens pada deretan rangkaian transistor. Pada op ampli saya ganti dengan c945 dan a 733 karena bahan mudah didapat. Selain itu juga urutan kakinya sangat mudah di terapkan pada saat perangkaian.
Baca juga : Skema Amplifier SOCL504 TEF
Pada resistor 100-ohm yang diberi warna merah pada skema diatas, saya ganti dengan resistor 10-ohm jika menggunakan suplay 25-volt namun jika semakin volt nya dinaikan resistor ditambah menjadi 47 ohm. Dan jika menggunakan daya lebih dari 32-volt menggunakan reistor100 ohm 1 w.

Penggunaan resistor tergantung dengan besaran voltase, karena pada suplay volt rendah ternyata driver tidak mau bekerja pada resistor 100 ohm. Oleh sebab itu harus diganti dengan ukuran yang lebih kecil.


Pada transistor bias d340 saya ganti dengan dioda 1 ampere, waktu itu hanya iseng saja keren sulitnya mendapatkan transistor tersebut. Meskipun sebenarnya bisa menggunakan bd 139. Namun ternyata bisa diganti hanya denga dioda. Sehingga mirip dengan rangkaian jenis ocl biasa. Atau mirip pada sistem amplifier tiga tingkat.


Bagaimana hasilnya:

Hasilnya hifi audio, jernih karena pada bagian op-amp diolah secara apik oleh sederetan transistor pnp dan npn . Dengan daya rendah sekalipun, driver tetap bekerja dengan efektif. Meskipun digeber jarang terjadi distorsi. Tinggal bagaimana suplay yang digunakan sekaligus untuk berapa speaker. Karena jenis ini merupakan jenis amplifier dengan jenis ab sehingga memakan daya yang cukup besar jika untuk bass nendang.


Soldiradem blog tidak menyarankan anda merakit power experiment ini namun jika anda merupakan seorang penggemar rangkaian akan sangat menarik untuk dicoba dengan memaksimalkan teknologi pada bagian op ampli yang baik pada input pertama.



Driver ini saya Beri mama ocl extreme. Sebagai hasil experiment.

2 Responses to "Skema Amplifier OCL Extreme Modif YIROSHI Daya Rendah"

  1. Master.. kalo tr final dikasih 8 set.. bagian apa saja yang perlu di ganti..
    Nuwun.

    ReplyDelete
  2. Ini yang saya cari dari dulu master karna saya pemula dan demi dompet yg agk kempos saya ijin save ya master semoga exsperiment saya sukaes atas ijin dan diagram di atas master trimakasih master

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel