Merakit 4 LNB untuk Menangkap Satelit TELKOM4 PALAPA D ASIASAT 7 ASIASAT 5

Merakit lnb 4 untuk menangkap satelit telkom 4, palapa d, asiasat 7,asiasat5 - Sejak perubahan posisi satelit telkom 3ske telkom 4, kini bagi yang memiliki parabola dengan menggunakan lnb 4 maka juga terjadi perubahan.  

seperti yag pernah saya katakan di artikel sebelumnya bahwa posisi telkom 4 sekarang menempati posisi telkom 1. di 108,0E sehingga ini memungkinkan untuk mengembalikan posisi parabola seperti saat menggunakan telkom 1.

untuk saat ini lnb yang menangkap telkom 4 dan asisat 7 berhimpit jarak antar lnb kurang dari 1 cm.

Sebenarnya urutan masih sama namun terjadi perubahan pertukaran antara palapa dan telkom. Selain itu jarak lnb juga berubah. 

Berikut ini saya telah bereksperimen merakit lnb dengan menggunakan 4 lnb dan terbukti berhasil menangkap semua 4 satelit palapa, telkom 4,, asiasat 7 dan asiasat 5 dengan menggunakan dish ukuran 7:5fit. 

Merakit horn atau dudukan LNB saat ini sedikit lebih repot karena harus menggunakan gerinda untuk memotong pada bagian tengah. sehingga posisi satelit telkom 4 dan asiasat 7 bisa berhimpit.

Berikut ini video proses pembuatan dudukan lnb:

Dan yang tidak kalah penting ialah keempat lnb harus segaris lurus di sudut 0°. Agar polaritas dapat tertangkap semua.


jarak antar lnb yaitu:

Palapa>>>telkom =3,5 cm
TELKOM4 >>>Asiasat 7=1cm
Asiasat7>>> Asiasat5 =3,5cm

Pada saat memasang konektor antara lnb dan switch perhatian angka pada konektor switch beserta posisi lnb yag akan digunakan untuk menangkap satelit Kongkritnya yaitu:

[DSEQ1 - PALAPA  D]
[DSEQ2 - TELKOM 4]
[DSEQ3 - ASIASAT 7]
[DSEQ4 - ASIASAT 5]

*DSEQ = TERTULIS pada body switch  "LNB1,2,3,4"

#CARA TRACKING MENGGUNAKAN 4 LNB 

Nah setelah berbincang merakit 4 lnb sekarang kita membuat persiapan tracking sinyal.
Pertama yang harus dipersiapkan adalah program receiver. Karena kunci keberhasilan lock sinyal adalah memogram receiver secara lebih teliti.

Perhatikan dan pada program dseq pada program instalasi antena. yaitu [DSEQ 1,: PALAPA D], [dseq2 : TELKOM 4] , [DSEQ 3 ASIASAT 7] dan [DSEQ 4 : ASIASAT 5]


 Nah posisi tersebut harus diurutkan di program pengaturan antena pada receiver. Jangan sampai salah urutanya jika tidak ingin dibikin pusing oleh sinyal tarik menarik antar satelit.

Setelah itu kita tentukan transponder dari masing-masing satelit yang ingin di lock.

Menentukan frekuensi terbaru sangat penting karena hal ini berguna bagi yang masih menggunakan receiver baru dan belum men scan ulang masih menggunakan frekuensi bawaan pabrik. Jika tracking demikian maka tidak akan dapat menangkap sinyal apapun. Atau kita akan gagal tracking parabola 4 satelit.

Untuk penggeseran dish, pertama sinyal yang harus dilock pertama adalah satelit palapa yaitu mnc media hal ini bertujuan untuk memperoleh arah lnb berada pada posisi 0° diarah barat dan Timur.

Kedua setelah dapat menangkap sinyal palapa kita beralih ke satelit telkom 4  biasanya jika sinyal palapa terlalu tinggi telkom 4 belum dapat menangkap sinyal, oleh sebab itu tracking seimbangkan antara kedua satelit dengan cara mencari sinyal trans TV,. Jika keduanya telah seimbang dan chanel trans 7 diatas 40% sekarang kita melangkah ke satelit asiasat7.

Bila beruntung, kita dapat memperoleh sinyal asiasat secara langsung saat lock sinyal telkom 4 dan palapa d.

Namun apabila belum dapat sinyal sedikitpun pada satelit asia7 dan asia5 maka posisi lnb sedikit tidak match sehingga pointing belum dapat menangkap keseluruhan.

Untuk itu kita coba menggerakan payung secara acak, kearah Utara dan Selatan dan Timur dan barat, tanpa mengendurkan baut. Jika salah satu gerakan dapat menangkap sinyal sementara, maka kendurkan baut yang mengarah sinyal yang ada saat di gerakan tadi.

Biasanya jika palapa d dan telkom 4 sudah dapat sinyal Bagus, maka untuk mendapat sinyal di asiasat 7 dan 5, berjarak sedikit sehingga kita harus pintar membagi sinyal diantara ke empat satelit.

Jika kita tidak dapat membagi sinyal atau terjadi tarik menarik sinyal antar satelit, yang harus dilakukan adalah merubah jarak antar lnb yang saling tarik menarik sinyal. Apakah perlu di renggangkan atau di sempitkan. Hal ini berkaitan dengan jenis dish yang digunakan, misalnya dish cekung terlalu dalam dan dis cekung lebih datar atau ukuran dish. tentu hal tersebut memungkinkan untuk jarak antar lnb yang berbeda pula.

update 2020

Mungkin untuk acuan utama menggunakan 4 lnb saat ini bisa menggunakan telkom 4 sebagai bahan lock sinyal karena satelit palapa akan mati dan mnc media tidak lagi menjadi priorits di satelit palapa d karena memang dari pihak mnc group telah menjadikan chanel mereka sebagai program pay tv. Sebagai acuan menggunakan chanel trans tv trans 7 untuk mencari arah kemudian baru menuju satelit asiasat 7 dan asiasat 5. 
Demikian semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.