Cara Mencari Channel TRANS 7,TRANS TV, ANTV 2024

Cara Mencari Channel Trans 7,Trans TV, ANTV Pada Tahun 2023

Cara Mencari Channel Trans 7,Trans TV, ANTV 2024 - Setelah terombang ambing dari Telkom 1 ke Telkom 3s akhirnya Channel Trans 7,Trans TV dan ANTV menetap ke Telkom 4. Dulu mungkin masih ragu untuk mencari Telkom 4 karena siaran Trans 7, Trans TV dan ANTV masih di Telkom 3s. Kita hanya menduga Telkom 4 hanya siaran percobaan, pengguna Telkom 3s masih kekeh belum pindah ke Telkom 4. Namun kenyataannya sekarang kita harus mencari chanel Trans TV dan Trans 7 di satelit Telkom 4.

Perlu dipahami menurut informasi yang beredar bahwa satelit Telkom 4 (Satelit Merah Putih) menempati posisi Telkom 1 yaitu berada pada posisi 108.0 drajat E . Hal ini memungkinkan kita saat mencari chanel Trans TV, Trans 7 dan ANTV bisa lebih mudah karena hanya mengembalikan posisi semula(sebelum Telkom 3s).

Tentu hal ini memberikan kabar gembira bagi yang dulu tidak merubah ke Telkom 3s, karena untuk mencari chanel Trans TV di Telkom 4 hanya cukup men-scan ulang saja, sudah dapat siaran chanel  Trans 7, jika komponen parabola dalam keadaan masih normal, tidak usah susah payah lagi mentracking dish untuk mendapat siaran Trans media dan ANTV.

CARA MENCARI Channel Trans 7,Trans TV, ANTV 2024

Jika anda ingin mencari satelit Telkom 4 lebih mudah bisa menggunakan cara di akhir artikel dengan menggunakan satu LNB bisa untuk seluruh siaran tv nasional melalui Digital parabola. 

Cara Mencari Channel Trans 7,Trans TV, ANTV Pada Tahun 2023 bisa mendapatkan chanel Trans TV Trans 7 dan ANTV pada tahun 2019
jangan gunakan frekuensi Trans 7 digambar ini karena telah diganti tahun 2023 

1. Sebelum anda setting antena parabola mencari chanel Pahami tata letak lnb yag anda miliki. Cek pada menu instalasi antena apakah sudah benar yaitu palapa port 1 Telkom port 2 karena kemungkinan pada saat memogram Telkom 3s dulu merubah program port masing-masing LNB.

2. Masukkan frekuensi yang ada di Telkom 4 misalnya Trans 7 yaitu:Trans 7, Frekuensi : 3906, Symbol rate: 6250, Polaritas: H. frekuensi ini digunakan sebagai acuan untuk tracking sinyal.. Pencet menu info sebagai monitor indikator persentase sinyal yang kita dapat.

Frekuensi terbaru update setiap saat bisa berubah, jadi jangan sampai salah dalam memilih frekuensi karena jika sampai salah pencarian sinyal tidak akan berhasil. Jangan gunakan frekuensi diatas sebelum cek frekuensi terbaru dari chanel Trans TV dan Trans 7. 

Update 2023

Frekuensi Trans TV HD, Trans 7 MPEG4 HD terbaru 2024

  • Frekuensi: 3888 MHz
  • Symbol Rate: 9600 kS/s
  • Polaritas: H

Frekuensi Trans TV dan Trans 7 sd/ MPEG2  terbaru 2024

  • Frekuensi: 3906 MHz
  • Symbol Rate: 6250 kS/s
  • Polaritas : H
3. Kemudian silahkan tracking. Hanya perlu berubah pada setelan yang mengarah ke timur dan barat saja. Kendurkan baut tersebut. Menurut pengalaman saya, mencari satelit Telkom 4 posisi dish lebih ke barat, dari posisi Telkom 3s semula, atau bisa dibilang condong keatas dari posisi Telkom 3s sekarang.

4. Apabila sinyal mengalami tarik-menarik antara Telkom 4 dan palapa d kemungkinan pada instalasi konektor lnb dan switch terbalik, maka yang meski kita lakukan tidak perlu membalik konektor.

Merubah kembali instalasi antena pada program misalnya dengan posisi port 1 palapa ,port 2 Telkom, sinyal saling tarik menarik dengan jarak yang sangat jauh, dirubah menjadi port 2 palapa, port 1 Telkom. Kemudian coba tracking lagi. Jika masih demikian berarti switch mengalami kerusakan. jika semula normal Telkom dan palapa ada jarang sekali switch rusak mungkin anda meski menyeting arah dish secara perlahan.
Cara Mencari Channel Trans 7,Trans TV, ANTV Pada Tahun 2023
Cara Mencari Channel Trans 7,Trans TV, ANTV Pada Tahun 2024 settingan instalasi 

Hasil sinyal dari masing-masing dish berbeda. Ada sinyal luber, tapi ada juga sinyal yang minim tergantung juga pada jarak lnb. Semua juga bergantung pada matcingnya dish dengan jarak lnb.
Baca juga: beberapa penyebab parabola tidak ada sinyal
Seingat saya mencari satelit Telkom 4 dengan menggunakan dish merek ORA dengan lnb jarak 4 cm sinyal rata-rata mencapai 50%, Dengan merek yang sama pula, dengan jarak 3 cm ternyata sinyal juga bisa sampi 50% ternyata pengaruhnya adalah cekungan dish yang merata akan memudahkan mencari sinyal.

 Karena ada dish yang cekungan sudah tidak merata mengakibatkan kesulitan mencari sinyal. atau dish sudah tidak center lagi dan juga jaring yang bergelombang sangat mempengaruhi hasil sinyal yang di dapat.

Update instalasi antena Tahun 2024 untuk mencari Telkom 4 lebih mudah


Cara Mencari Channel Trans 7,Trans TV, ANTV Pada Tahun 2023
Gambar diatas merupakan gambaran memasang parabola hanya menerima satelit Telkom 4. Hal ini karena mayoritas siaran sudah berpindah ke Telkom 4. maka ini lebih memudahkan dalam mencari sinyal Telkom 4. Itu artinya kita tidak usah repot menyeimbangkan antara satelit palapa dan Telkom 4 lagi ketika hanya ingin menyaksikan siaran tv nasional seperti Trans 7, Trans TV dan ANTV pada tahun 2021 ini. Dseq off karena kita tidak menggunakan SWITCH lagi untuk memasang satu LNB. 

Bagi pengguna parabola C-BAND lama, anda mungkin bisa saja menggunakan satu LNB saja, tapi agar tidak repot dalam mencarinya anda bisa menggunakan pengaturan lama seperti gambar sebelumnya yang masih menggunakan 2 LNB. Dseq Untuk Telkom 4 masih menempati 02.

Jika ingin menggunakan lnb yang semula digunakan oleh palapa D juga bisa caranya dseq Telkom diganti di dseq yang digunakan oleh penerima palapa yaitu dseq 01. Kemudian tracking ulang menggunakan frekuensi terbaru dari Trans Media dan RTV. 

Mungkin penyebab anda ingin mencari Channel Trans 7,Trans TV, ANTV memang chanel tersebut sangat berarti. Perlu diingat pada tahun 2023 untuk mencari ketiga chanel Trans TV Trans 7 dan ANTV sudah pindah di satelit Telkom 4, trackingnya harus menggunakan transponder dari Telkom 4.

Demikian semoga bermanfaat baca juga :
cara merakit lnb 2 palapa Telkom 4
mencari satelit Telkom 4 tahun 2024

Update 2024 Frekuensi ANTV 

Antv sudah mengganti format siaran dengan kualitas HD Sehingga tidak dapat diterima oleh receiver mpeg2. 

Anda bisa menambahkan transponder dengan frekuensi antv hd berikut ini:

3850 H 6999



Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.