Cara Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2024

Soldradem blog - Cara Mencari sinyal Telkom 4 2024 bisa dibilang lebih mudah daripada tahun sebelumnya. Kemudahan mencari satelit Telkom 4 sekarang karena satelit Palapa tidak lagi menjadi titik berat sehingga tidak perlu membagi sinyal. Atau bahasa lain, saat sinyal Telkom 4 sudah ketemu maka kita tidak usah memikirkan tentang sinyal satelit Palapa karena satelit Palapa sudah mulai kosong oleh beberapa siaran TV seperti SCTV & INDOSIAR. Bahkan beberapa PAY TV sudah mengalihkan siaran melalui satelit Telkom 4.

Sebelum anda benar-benar mencari satelit Telkom 4, Anda harus memahami tentang dasar-dasar tracking parabola atau setidaknya mencari referensi terlebih dahulu agar mengetahui apa saja yang meski dilakukan dan apa yang berubah dari posisi sebelum terjadi perubahan satelit. tujuan utama mengetahui hal tersebut bisa jadi saat proses terjadi kendala, sehingga tahu apa yang harus dilakukan.


Dimana letak satelit Telkom 4?

Telkom 4 berada pada posisi garis bujur 108 Drajat E, ini merupakan posisi satelit Telkom 1 dulu yang sudah hilang. Jadi bagi yang belum pindah ke Telkom 3s, tinggal scan ulang maka telkom 4 sudah bisa ditampilkan tanpa tracking parabola. Asalkan komponen LNB dan lainnya dalam keadaan normal. 

Jadi pastikan anda belum menggeser ketika terjadi perubahan pada tahun 2017 ketika menggunakan Telkom 3s. Dengan demikian anda akan lebih mudah mendapatkan sinyal satelit Telkom 4 tanpa tracking dengan syarat LNB masih normal dan dish tidak tergeser. Anda hanya cukup scan otomatis anda sudah mendapatkan satelit Telkom 4.

Bagi anda yang ingin belajar cara tracking parabola mencari satelit Telkom 4 ada beberapa hal yang meski diketahui. Berikut ini telah saya rangkum beberapa kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan oleh orang awam dalam tracking parabola mencari satelit Telkom 4. 

Kesalahan Mencari Satelit TELKOM 4 update Tahun 2024 

1. Kesalahan mempogram receiver

Dari beberapa orang yang gagal menggeser parabola mencari sinyal telkom 4, paling banyak adalah kesalahan memprogram receiver. Diantaranya:
  • Tidak memperhatikan letak Dseq dan LNB. Meski sudah mengganti frekuensi terbaru dari satelit Telkom 4, tapi belum mengganti posisi Dseq akan mengakibatkan sinyal ada namun Palapa akan hilang, namun ketika Palapa Ada sinyal Telkom malah hilang. Dan ini sering disebut sinyal tarik menarik.
    Cara Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2024
     Cara Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2024
  • Untuk itu ,perhatikan bahwa letak Dseg pada receiver dan lnb harus sama. LNB 1 ditempatkan pada dseg 1 untuk menerima satelit Palapa. Dengan LNB Berada posisi di barat.
  • Sedangkan Telkom 4 berada pada dseq 2 /lnb 2 berada pada posisi timur. Dengan begitu maka titik fokus pada kedua satelit akan dekat. Lebih baik apabila tidak yakin cek pada instalasi LNB apakah posisi sudah benar secara langsung, sehingga perbedaan antara program receiver dan instalasi komponen tidak berbeda. JIka tidak cocok antara keduanya maka akan menyebabkan tracking gagal.

Cara simple menemukan sinyal tanpa instalasi ribet 

Cara Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2024

Untuk tahun 2024 ini stasiun tv Nasional hanya menggunakan telkom 4 jadi anda bisa menggunakan satu lnb saja tidak perlu memasang dseq. Ini jauh lebih mudah karena anda hanya menggunakan satu lnb. Caranya, konektor dari receiver langsung sambung ke salah satu LNB tanpa melalui switch kemudian tracking telkom 4 dengan frekuensi terbaru. 

2. Cara menggeser parabola yang salah

Sebenarnya untuk mencari satelit Telkom 4, jika sudah program receiver diatas sudah dilakukan dan settingan awal juga sudah baik. Maka dengan waktu singkat sudah dapat mendapatkan sinyal bahkan kurang.

Cara Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2024
Cara Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2024
Kesalahan yang saya temui Di lapangan ialah ,ketika seseorang mencari satelit Telkom 4 cukup salah apabila mengendurkan semua baut, sehingga ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Yang benar, jika settingan dari pertama pasang antena parabola settinganya pas, maka Kita hanya perlu mendorong arah dish ke sebelah barat sedikit saja sudah dapat sinyal. Maka akan lebih cepat daripada mengendurkan semua baut yang ada.

Baca juga : cara memcari shanel trans 7 trans tv dan antv 2024

Himbauan bagi yang semula memutar tiang fokus pada parabola Jaring, maka kembalikan seperti semula posisi cangkul mengarah ke sebelah timur. Seperti gambar di atas. Mungkin pada program instalasi antena tidak perlu dirubah. Perlu mengubah pada frekuensi terbaru dari trans media dan ANTV saja. Untuk penggeseran biasanya tidak menggeser begitu jauh.

Demikian cara mencari satelit Telkom 4 tahun 2024 semoga bermanfaat ketika anda membaca beberapa kesalahan yang saya lakukan ketika mencari satelit Telkom 4. 

Thanks"!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.