Cara Mengatasi Amplifier SOCL 504 serak

Cara mengatasi amplifier SOCL 504 serak - SOCL merupakan kit audio amplifier yang sekarang sedang digandrungi oleh penggemar audio rakitan. Maka tidak heran SOCL sampai sekarang masih menjadi perbincangan menarik di kalangan pencinta audio rakitan.

Kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai kerusakan SOCL505 mengalami kerusakan suara serak.

Jika dilihat secara seksama SOCL ini tidak jauh berbeda dengan kit Amplifier lainnya. Yang membedakan ada tripod DC out. Tripod tersebut berfungsi mengatur besaran keluaran tegangan DC yang dihasilkan oleh driver secara manual. Berbeda dengan kita ocl 150 biasa yang mana DC out sudah otomatis di kontrol oleh sistem rangkaian.

Cara Mengatasi Amplifier SOCL 504 serak


Penyebab kerusakan SOCL serak kurang lebih sama dengan ocl biasa. Mungkin di beberapa bagian menjadi pembeda yang mengakibatkan suara yang dihasilkan kit menjadi serak.

Cara mengatasi socl suara serak

Berikut beberapa penyebab kit super ocl serak.

 1.  DC out terlalu besar


Tanda bahwa dco terlalu basar bisanya keluaran audio ada sedikit cacat alias serak. Nah untuk itu perlu dicek apakah dco sudah  benar benar berada di 0 volt. Tanda lain keluaran DC masih tinggi, ialah transistor penguat akhir cepat sekali panas.

 2. transistor final rusak


Penyebab suara ampli serak disebabkan oleh arus dc mengalir ke sepeaker.
Untuk memastikannya coba cek tegangan DCo tanpa menggunakan transistor final. Pada saat pengecekan DC out lebih baik tanpa transistor final pada bagian penyebab nomor satu di atas. Dengan begitu ketika pengcekan kerusakaan gejala suara serak bisa dipastikan Dari Dua blok tersebut, yaitu blok driver Dan blok transistors final. Apabila tanpa transistors final DCo, dalam keadaan normal 0 volt. Bisa jadi transistor final terjadi kerusakan.

Basca juga: cara menambah transistor final socl 504 

 3.  Transistor driver


Transistor driver sangat rentan rusak. Bisa di akibatkan oleh feedback dari transistor final. Ini sering dialami oleh SOCL yang sudah di pasangi TEF. Transistors driver yang sering koit ketika dimodif menggunakan tef yaitu transistors mje340. Apabila terjadi short pada output biasanya transistor a1837& c4793.

 4.  Tef rusak


SOCL serak bisa juga disebabkan oleh transistor pada bagian tef bocor. Misalnya colektor bocor ke emitor sehingga mengakibatkan penguatan menjadi cacat. Periksa secara seksama. Pada bagian transistor TEF . Karena akibatnya sangat fatal yaitu dapat merusak transistor final.

 5.  Tegangan power suplai tidak seimbang


Ini biasanya disebabkan oleh elko pada salah satu sisi mengalami kering sehingga tegangan yang dihasilkan antara positif dan negatifnya tidak seimbang. Ini bisa mengakibatkan kerja driver bermasalah sehingga suara menjadi serak.  Selain elko ada penyebab lain yaitu transistor driver mengalami kerusakan misalnya pada salah satu sisi mengalami short sehingga tegangan tertahan oleh transistor driver yang short tersebut.

Itulah 5 penyebab amplifier SOCL 504 serak. Terlepas dari 5 hal tersebut tentu kita memiliki pengalaman dalam  menangani kerusakan seperti ini. Untuk itu silahkan shere pengalaman anda dalam mengatasi SOCL serak di kolom komentar di bawah .

Demikian semoga bermanfaat!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.