Cara Menambah Transistor Final Amplifier

Mengapa anda ingin menambah transistor final amplifier yang sudah ada?

Pertanyaan ini penting karena sebagian orang hanya ikut ikutan dalam menambah transistor final sanken,toshiba, tip, tanpa mengerti tujuan yang sebenarnya

Fungsi menambah transistor final pada amplifier secara paralel adalah untuk menambah daya amplifier.

Semakin banyak memasang transistor, semakin tinggi daya yang dihasilkan dan beban amplifier.

Selain itu, menambah transistor final dengan jumlah yang lebih banyak berfungsi meringankan kerja dari transistor final.

Namun ketika menggunakan lebih banyak transistor final tentunya juga akan memakan daya yang lebih besar saat amplifier bekerja.

Oleh sebab itu ketika akan menambah transistor final lebih baik pertimbangkan apakah daya suplay amplifier sudah mumpuni untuk menyeimbangkan antara arus dan output yang dihasilkan amplifier.

Apabila bekerja tidak seimbang ini hanya akan Hanya meringankan kinerja dari seluruh transistor yang terpasang saja, tanpa mempengaruhi hasil audio.

Sebagai misalnya: Menggunakan 10 pasang sanken, dengan menggunakan 5 ampere merek era, tidak memperbaiki kualitas suara,ini hanya akan menambah beban trafo. Namun kerja transistor lebih ringan. Kerugiannya harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk merakit amplifier.

Daripada demikian lebih baik mempertimbangkan apakah daya sudah memenuhi untuk 10 pasang transistor.

Padahal menggunakan 4 pasang transistor saja sebenarnya sudah cukup apabila hanya menggunakan 5 ampre era.

Perhitungan secara sederhana dengan ketika trafo 5 ampere dengan catu daya 32 volt, berarti hanya menghasilkan sekitar 150 watt. sedangkan transistor final sanken setiap pasang menghasilkan daya 200 watt. bukankah menghamburkan anggaran apabila menggunakan 10 pasang ?

 Itu hanya perkiraan saja.

Cara menambah transistor final amplifier

Merakit untuk menambah transistor final lebih banyak dengan cara paralel sangat mudah. Kita hanya dituntut untuk jeli melihat kesamaan tipe transistor dan hanya menyamakan antar kaki transistor yang setipe tersebut.
Baca juga: Cara mengatasi SOCL 504 serak

Jika dilihat dalam bentuk gambar seperti berikut ini:
cara menambah transistor final thosiba, sanken

Sambung antar kaki transistor, basis dengan basis, colektor dengan kolektor, emitor dengan emitor.

Ada dua jenis transistor yaitu NPN dan PNP, yang mana pada kaki basis dan colektor antar keduanya tidak tersambung/terpisah. Namun untuk kaki emitor NPN dan PNP akan bertemu satu sama lain untuk membentuk ke output speaker.

Pada kaki basis diberikan resistor pembatas sebesar 10 0hm, ini menjadi pilihan bisa dihilangkan.
Pada kaki Emitor Diberikan resistor 5W0,5 OHM bisa juga 0,47 ohm.

Hati hati pada saat penyambungan antar kaki. Jangan sampai ada salah satu yang hubung singkat, terutama basis dengan colektor.

Baca juga: cara menentukan jumlah set transistor final toshiba

Akibat salah satu saja yang hubung singkat, maka bisa mengakibatkan seluruh transistor mengalami kerusakan.

Dengan menambah transistor berarti juga menambahkan pendingin yang lebih besar.

Usahakan menambah voltase pada power suplay agar daya yang dikeluarkan transistor maksimal.

Jika sudah menambah tegangan berarti kerja transistor final akan lebih panas.

Dalam sistem OCL ,semakin tinggi daya Lebih baik apabila ditambah transistor final dengan keseimbangan daya PSU.

Menambah transistor final dengan cara paralel sangat mudah yaitu hanya dengan menyamakan jenis dan kaki kemudian menambahkan resistor di bagian emitor. Hal ini mungkin tidak akan berlaku jika menggunakan jenis driver dengan jenis ocl 140 watt dan power blazzer 500 watt. Karena desain dari driver tersebut berbeda dengan sitem ocl pada umumnya. 

baca juga: cara paralel transistor final toshiba 2 set
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.