Widget HTML #1

CARA MENENTUKAN TRANSISTOR FINAL AMPLIFIER

CARA MENENTUKAN TRANSISTOR FINAL AMPLIFIER

Semakin banyak transistor semakin baik juga ada benarnya, semakin sedikit semakin efisien secara materi dan daya. Kita akan membahas tentang menentukan transistor final agar lebih efisien dalam segi biaya dan kinerja efektifitas power amplifier. 

Banyak orang yang berekspektasi tentang semakin banyak transistor semakin tinggi output yang dihasilkan. Namun dalam beberapa percobaan daya yang dihasilkan sebuah amplifier dengan banyak transistor dan sedikit transistor nyatanya sama saja. itulah kenapa ketika kita melihat power built up dengan daya 500 watt hanya menggunakan 2-3 pasang transistor. 

Tentu itu semua ada alasan. kenapa menggunakan 10 set transistor kenapa hanya menggunakan dua set transistor. Tentu jawabannya adalah soal efisiensi biaya produksi. 

Jika kita memilih memperbanyak transistor final itu ada baiknya karena kinerja transistor lebih ringan. Namun jika berlebihan daya power supply malah kewalahan karena harus menyuplai daya transistor lebih besar. Itulah kenapa transistor lebih adem karena daya trafo dibagi lebih banyak transistor.

Di sinilah kita menentukan banyak transistor. dengan mempertimbangkan daya power supply dan maksimal load driver. 

Baca juga: amplifier kurang tegangan dan daya

Misalnya trafo 5 ampere dengan voltase 32 volt kita menemukan daya 160 watt. sedangkan daya transistor per set adalah 150 watt. itu sudah lebih dari cukup untuk satu transistor jika itu adalah ocl 150 watt. 

lantas bagaimana jika menggunakan ocl 500 watt. kita bisa menggunakan transistor 3-4 set. 

Baca juga: cara merakit transistor final secara paralel 

Terlepas kita mungkin meload power supply dengan beban lebih rendah maka memaksa power suplai untuk menyuplai daya lebih tinggi. 

Sebenarnya kita memasang sebuah power amplifier menganut pada suplai  dan menganut pada jenis driver. 

Biasanya saya mempertimbangkan dari user ingin merakit seperti apa. jika misalnya sudah memiliki trafo maka saya baru menentukan driver yang tepat agar lebih efisien. 

Misal 500 watt cocok dengan trafo 10a 45 volt ac. maka transistor final yang digunakan adalah 4 set jika daya masing masing transistor final adalah 150 watt. Namun jika menggunakan toshiba tambahkan satu atau dua agar lebih adem karena menggunakan transistor kw. Namun jika itu sanken asli maka sudah berani jika harus menggunakan 4 set. 

Berikut rumus menentukan jumlah transistor final amplifier

5 A, 45 V = 2 SET 

10A, 45V = 4 SET

15 A, 45 V = 6 SET 

20 A, 45 V = 8 SET 

30 A, 45 V = 12 SET 

Tapi jumlah tersebut bisa ditambah apabila menggunakan transistor kw. kita sesuaikan kinerja transistor tersebut overheat atau tidak jika menganut teori tersebut.  

Perlu dicatat bahwa penentuan tersebut hanya berlaku untuk amplifier class ab. jenis amplifier lain memiliki kebutuhan yang berbeda.

Setelah anda pahami tentang penentuan transistor final maka sekarang anda dapat memilih untuk memangkas biaya membuat power amplifier class ab. Jika itu milik anda pribadi yang semula trafo 5 ampere menggunakan 10 set sekarang transistor tersebut bisa diubah menjadi 5 chanel. 

Baca juga: cara menentukan jumlah elco power supply amplifier

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "CARA MENENTUKAN TRANSISTOR FINAL AMPLIFIER "