Cara Memperbaiki Remot TV Mati Tidak Berfungsi Dijamin Bisa!

Soldiradem Blog - Kali ini saya akan berbagi cara memperbaiki Remot TV yang mati atau tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak bisa digunakan entah itu kadang bisa kadang tidak atau kerusakan bagian tombol tertentu yang tidak berfungsi. 

Sederhana Cara Memperbaiki Remot TV

Kita mendapatkan perspektif selama ini bahwa Remot TV tidak bisa diperbaiki. Namun dalam beberapa kasus kerusakan tertentu, Remot TV masih dapat diselamatkan selama itu masih masuk akal terutama untuk Remot TV yang berkualitas. 

Saya mengatakan berkualitas atau tidaknya dengan melihat ic yang digunakan pada Remot TV . Kita melihat pada Remot TV yang berbentuk ic kotak ada yang berbentuk bulat tidak terlihat kakinya. Yang memiliki ic kotak ini biasanya lebih awet jika tidak terjadi kerusakan pada komponen lain. 

Untuk itu berikut ini beberapa kerusakan dan cara memperbaikinya bisa lebih mudah selain ic yang terjadi kerusakan. 

Remot TV mati total (tidak berfungsi sama sekali)

Remot TV terjadi mati total sering terjadi apabila Remot TV sudah berumur. Saya sering menemukan   pada konektor baterai yang telah berkarat dan pada bagian solderan telah pecah. 

Konektor batrai berkarat disebabkan karena lama tidak digunakan kemudian membiarkan baterai di dalam Remot TV sampai berkarat. Baterai berkualitas rendah ketika lama tidak digunakan akan mengeluarkan cairan dan akhirnya membuat besi konektor baterai berkarat, 

Remot TV yang terlanjur berkarat akan menghambat arus baterai ke dalam mesin Remot TV, sehingga mengakibatkan Remot TV menjadi mati total. 

Kemudian yang juga sering terjadi adalah terjadi korosi pada solderan atau timah yang menghubungkan mainboard Remot TV dengan konektor batrai. Untuk melihatnya anda bisa membuka Remot TV secara keseluruhan. Lihatlah di pcb Remot TV di bagian konekor baterai. Apabila terjadi keretakan atau bahkan lepas berarti itu yang menyebabkan kerusakan Remot TV mati total. 

Untuk mengatasi timah yang telah retak pada konektor baterai Remot TV, anda harus menyolder ulang. jika anda tidak memiliki solder, anda bisa menggunakan korek untuk memanasi timah yang telah retak tersebut. jika perlu tambahkan tenol/ timah yang baru. 

Selain itu, remot tv mati total bisa disebabkan oleh kerusakan lampu infra merah. lihatlah kaki lampu led apakah berkarat atau solderan pada kaki led terjadi keretakan. Untuk mengecek led infra merah anda bisa gunakan kamera hp memastikan menyala atau tidak akrena ketika menggunakan mata telanjang dalam kondisi terang kita tidak dapat melihatnya. 

Remot TV kadang fungsi kadang tidak 

Ini masih berkaitan dengan konektor batrai yang berkarat. Biasanya ketika pada bagian batrai diputar-putar Remot TV akan berfungsi kembali. 

Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan amplas agar konektor berfungsi dengan baik. 

Jika dibiarkan terus menerus memutar batrai atau mencopot dan memasang baterai dalam jangka panjang, akan mengakibatkan konektor akan lepas dari pcb disebabkan oleh timah solderan menjadi lepas dari pcb. 

Kadang-kadang penyebab utama kerusakan Remot TV kadang fungsi kadang tidak disebabkan karena baterai sudah lemah. Jadi jika anda sudah lama mengganti baterai, jangan memaksakan agar Remot TV tetap berfungsi dengan cara memutar-mutar batrai di dalam tempatnya.  

Remot TV tombol beberapa tidak berfungsi 

Jika beberapa tombol pada Remot TV tidak berfungsi kemungkinan aus pada karet konduktor. Cek pada bagian bawah tombol jika terlihat halus itu berarti penyebabnya. 

Anda bisa memperbaiki tombol karet karbon dengan mengganti dengan tombol yang jarang digunakan dengan cara mengiris pada bagian tersebut dan menempelkan pada tombol paling sering digunakan. 

Selain itu, kerusakan Remot TV kadang berfungsi kadang tidak disebabkan oleh korosi pada bagian cat hitam. Cat hitam karbon atau konduktor terhalangi oleh kotoran sehingga harus dibersihkan. Namun jika mengelupas itu yang sulit untuk di tangani. Jadi harus berhati-hati saat membersihkan cat karbon pada Remot TV tersebut jangan menggunakan cairan keras yang dapat merusak pada karbon tersebut. 

Beberapa tombol tidak berfungsi anda bisa membersihkan menggunakan minyak kayu putih tapi jangan sampai menghilangkan cat karbon. Gosok dengan lebih dan cepat agar tidak merusak lapisan cat karbon pada Remot TV.  Namanya cat pasti akan mudah sekali terkelupas jika terkena minyak jadi sangat disarankan berhati-hati ketika membersihkan cat tersebut. 

Kadang dengan membersihkan tanpa cairan bisa membersihkan kerak atau noda yang menempel di bagian Remot TV.

Langkah cepat memperbaiki Remot TV yang efekif 

Ini kaitanya dengan ketika kita memperbaiki Remot TV sudah berfungsi normal atau belum kita bisa memastikan dengan menggunakan alat berupa kamera hp. Hal ini untuk melihat apakah lampu led infra merah pada Remot TV sudah menyala atau belum. 

Berikut ini saya berikan Cara memperbaiki Remot TV yang mati atau error sebelum anda membeli yang baru.

cara cek apakah Remot TV  hidup atau mati dengan menggunakan kamera HP

1. Pertama pastikan Remot TV anda dalam keadaan hidup, dengan cara mengecek menggunakan kamera ponsel. Posisikan kamera pada lampu LED yang terletak di depan. Sambil pencet-,pencet tombol sembarang. Jika masih menyala berarti masih hidup. Begitupun sebaliknya, jika LED mati berarti Remot TV ?????? Benar mati.

2. Coba ganti baterai dengan yang baru. Terkadang hanya baterainya saja. Namun apabila Remot TV menggunakan baterai baru namun masih belum mau nyala, Kita melangkah ke cara selanjutnya.

3. Lihatlah bagian konektor baterai. Patikan tidak ada karat yang menyelimuti per atau konektor.  Kebanyakan Remot TV mati disebabkan karena konektor baterai terjadi korosi yang disebabkan oleh karat. 

5. Jika konektor baterai masih bagus, ada kemungkinan kerusakan pada solderan konektor baterai dan pcb longggar karena timah retak, untuk mengatasinya ana harus membuka kesing remot secara keseluruhan. Kemudian jika terlihat keretakan pada tmah yang menghubungkan antara konektor baterai dan pcb segera soldir ulang. namun jika tidak ada keretakan mungkin keretakan atau kerusakan disebabkan hal lain misalnya lampu infra merah. 

5. Lampu infra merah tidak bekerja. kaki sensor lampu  LED pada Remot TV biasanya terjadi karena solderan kaki led mengalami retak atau kadang putus. tapi ini sangat sulit untuk diperbaiki jika memang lampu led infra merah yang mengalami kerusakan kecuali kita mengantinya dengan lampu led dari bekas remot lain. Pada saat memastikan ini anda harus menggunakan kamera untuk melihat led masih menyala atau dudah mati ketika tombol dipencet. 

Jika LED Remot TV masih hidup ketika di cek menggunakan kamera, ada kemungkinan yaitu Sensor perangkat tv mengalami kerusakan. Untuk memastikan keduanya coba cek apakah ada penghalang sensor di depan anda. Atau numpang tetangga pada yang sama untuk mengecek Remot TV tersebut. Kadan posisi kita yang telalu jauh dari perangkat tv. 

6. Tombol remot tv tidak berfungsi  - Coba bersihkan tombol dari kotoran. Kadang konduktor pcb dan karet, tidak konek jadinya eror. Bersihkan pcb menggunakan penghapus. Tapi jangan semua, hanya yang eror tombolnya saja.

Demikian sedikit cara memperbaiki Remot TV  sederhana sebelum anda membeli Remot TV yang baru. Cara ini berlaku pada jenis Remot TV , DVD, DVB dan sejenisnya.

Tips perawatan remot tv agar awet 

Agar Remot TV awet, ketika tidak di gunakan jangka waktu yang lama lebih baik baterai di lepas agar tidak menyebabkan karat pada per konektor baterai.

Jangan mencuci remot menggunakan air karena jika tidak kering bisa mengakibatkan jamur pada karbon remot dan juga konduktor pada baterai. 

Jika anda menggunakan remot tv universal anda harus selalu menyimpan kode kertas bawaan remot agar suatu saat ketika remot ke-rseset masih bisa di gunakan lagi tanpa mencari di internet. Atau lebih mudahnya catat kode yang cocok untuk tv. misalnya kode 003 cocok untuk tv sesuai merek anda maka catat kode tersebut dan tempelkan pada belakang remot. 

Berikan pelindung remot agar tidak terkena kuman seperti plastik atau sesuatu yang melindungi dan dapat dibersihkan. sehingga kita tidak perlu membersihkan remotnya tapi pelindungnya. Karena kadang kita ketika menonton tv tidak sengaja mengotori remot dengan minyak dan tangan berkeringat yang akhirnya mengakibatkan jamur pada karet yang akan menyebar ke dalam pcb. 

Apabila baterai kondisi lemah, jangan paksakan dengan memencet tombol sekuat tenaga karena dapat merusak konektor karet cepat aus. 

Tempatkan remot agar tidak tertindih dan terinjak sehingga remot selalu berfungsi dengan baik. Meskipun remot memiliki harga yang lumayan murah namun remot original kadang lebih nyaman digunakan. maka dari itu jagalah remot original sesuai merek tv anda dan rawatlah agar awet. 


Demikian tentang bagaimana memperbaiki remot ini adalah pengalaman pribadi saya sebagai seorang teknisi elektronik yang sering menemukan kasus kerusakan yang kemudian memang kadang bersebrangan dengan beberapa fakta yang lain. 

Untuk itu, mari kita diskusikan di kolom komentar jika perlu agar kita saling berbagi pengalaman tentang kerusakan pada remot tv yang tidak berfungsi atau bahkan anda pernah berhasil memperbaikinya. Bagikan agar orang lain mendapat manfaatnya. 

Terimakasih, Semoga bermanfaat!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.