Memperbaiki Tv LG Standby jika Dinyalakan Tegangan Malah Drop

TV LG slim 21 inci dengan gejala mati standby, ketika dinyalakan lampu indikator malah mati dan tidak ada reaksi apapun, terutama pada suara start flyback. Sepertinya permasalahan ini sama seperti permasalahan tv lg slim tr horizontal jebol terus. Namun ada perbedaan dalam gejala jika transistor jebol biasanya lampu indikator tidak mati total namun masih kedip-kedip.

Di sepanjang perjalanan servis tv lg saya belum pernah menemui kerusakan serupa sehingga masih menebak-nebak atas apa yang terjadi. saya mengira ini protek namun nyatanya pada saat pengukuran pada beberapa tegangan output power suplai tidak menunjukan protek.

Ketika tv dinyalakan tegangan malah tidak ada alias 0 volt. Berarti ini bukan sebuah gejala protek.

"Lantas permasalahan ini terletak pada bagian apa?"

Seperti biasa ketika menemui kerusakan tegangan drop pada output regulator psu, biasanya langsung melepas beban pada b+ ke flyback. Seperti halnya pada tv china tegangan dop semua kemarin.

Ketika dinyalakan tanpa beban tegangan tidak drop lagi terukur sebesar 111 volt DC.

Dan tegangan yang lain juga ikut normal namun dalam keadaan standby.

Dari sini kita dapat menemukan suatu petunjuk bahwa, tegangan b+ drop bisa diakibatkan oleh beberapa part pada bagian horizontal mengalami kerusakan.

Hal pertama yang patut dicurigai adalah transistor horizontal. Kenapa tidak menduga flyback? Karena transistor dapat cepat dipastikan apakah normal atau rusak dibanding flyback lebih sulit mengenalinya.

Hasil pengukuran transistor horizontal c 6090 ternyata mengalami kerusakan alias short.

Jika menemukan transistor horizontal short saya juga akan mengecek pada bagian capasitor damper. Karena beberapa kasus yang lalu bahwa kerusakan transistor horizontal jebol juga berasal dari capasitor kering maupun dalam keadaan short.

Namun nyatanya diukur menggunakan esr meter menunjukan dalam keadaan normal.

Lega dong jika permasalahan hanya terdapat transistor horizontal saja.!

running test.!

Hasilnya sangat mengejutkan ternyata masih sama yaitu ketika dinyalakan tegangan masih drop alias 0 volt dan tidak ada tanda tanda reaksi dari flyback untuk start.

Saya kira ada suatu masalah lain dari permasalahan ini, antara flyback dan ic vertikal. Karena jika dilihat, tegangan ic vertikal berasal dari flyback.

Untuk memastikan ini, saya melepas pada bagian vertikal terlebih dahulu dan kemudian mencoba menyalakan lagi. Hasilnya masih tetap sama yaitu tegangan drop ketika dinyalakan.

Kecurigaan terakhir terjadi kerusakan pada flyback.

Ini sudah keputusan finish mudah mudahan bisa teratasi.

BSC24-3366J   

COL-185V - B+ 115V- GND- NC -24V - NC - ABL- H -AFC    

Diganti dengan flyback milik tv gold start 154-177b v1.


154-177b v1 kakinya hampir sama hanya saja pada pin no 7 pada tv goldstar mengarah ke tegangan 40 volt, untuk di tv lg tegangan ini adalah NC alias NO Conektion.

Memang begitu terkadang kita mengganti seadanya yang penting sistemnya sama antar output dan input terlebih tidak usah memodifikasi pada bagian kaki.

Mudah mudahan penggantian flyback menjadi permasalah terakhir.

Setelah di coba tegangan b + langsung mau nyala normal. Jika tadi ketika dihidupkan tegangan malah drop kali ini langsung stabil dan terdengar suara flyback "ngiiiing!". ini bukti bahwa tv bekerja normal.

Demikian sedikit berbagi semoga bermanfaat!!
by : *soldiradem.com*.


0 Response to "Memperbaiki Tv LG Standby jika Dinyalakan Tegangan Malah Drop"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel