Aplikasi Android untuk Cek SPL dan RTA Sound Sistem

Kali ini soldiradem blog akan menulis tentang sebuah aplikasi Android untuk Cek SPL dan RTA Sound Sistem. Mungkin sebagian rekan-rekan belum mengetahui apabila ada aplikasi sederhana dengan hanya menggunakan android. Sistem kerja dari aplikasi ini mengambil ijin penggunaan microphone. Jadi pastikan untuk dijadikan monitor frekuensi gunakan handphone yang memiliki microfone yang baik.

Aplikasi ini penting bagi penggemar audio yang ingin mengetahui berbagai karakteristik dan kekuatan dari power amplifier, terutama pada saat testing melakukan perbandingan, mengadakan modfikasi dan lain sebagainya. Bukan hanya mengandalkan telinga saja, namun juga mengukur kekuatan dari nilai angka apakah ada peningkata ada stagnan pada SPL yang dihasilkan dari speaker.

Aplikasi Android JBLTools

Aplikasi Android untuk Cek SPL dan RTA Sound Sistem
Aplikasi JBLTools sangat multifungsi untuk menghitung berbagai ukuran yang dibutuhkan dalam sistem audio sound sistem. Salah satu fitur yang penting adah Cek SPL dan RTA. meskipun untuk keakuratan belum memiliki standar sesuai dengan alat ukur aslinya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan perangkat yang sama, karena berbeda hp maka berbeda kualitas mic yang digunakan.

Oleh karena itu saat ingin cek sound dengan aplikasi ini, pastikan lagu sama dan hp yang digunakan sama pula agar perbandingan dapat mendapatkan hasil yang maksimal dan akurat.

Berikut merupakan beberapa Fitur yang ada di dalam aplikasi JBLTools

1. Speaker

Didalam fitur ini kita bisa menggunakan kalkulator untuk membuat sebuah box speaker. menghitung Volume antara tinggi panjang dan lebar untuk berbagai model kotak, ovale, panjang, persegi,. Ini mungkin akan cocok digunakan oleh box audio mobil.

2. Calculation (Perhitungan)

Tersedia berbagai kalkulator untuk menghitung duct, tuning frequency, sensitivity, daya amplifier, wavelength, ohms law. Ini berhubungan dengan penyesuaian box speaker dan karakter speaker yang digunakan.

3. Polarty checher (Pemeriksaan polaritas)

Ini akan berguna untuk cek polaritas sebuah speaker. namun untuk masalah keakuratnya belum tahu karena aplikasi ini hanya mengandalkan microphone saja. Mungkin perlu review penggunaan pada fitur polarty.  Pada saat saya mencoba sendiri pada polaritas yang dibalik ternyata akurat. Mungkin rekan rekan semunaya bisa mereview apakah akurat atau tidak.

4. SPL (Sound Pressure Level)

Aplikasi Android untuk Cek SPL

SPL meter biasanya untuk megnukur besaran kekuatan yang dihasilkan oleh sebuah speaker dalam ukuran DB. Ini sangat berguna terutama yang hobi merakit amplifier dan bisa untuk perbandingan. Misalnya merakit socl 504 di tef dan tidak, pasti ada perbedaan SPL maupun RTA.

Pada mode SPL ini akan di dapatkan kekuatan maksimal dari keluaran suara speaker, apabila ingin mengulanginya bisa di reset ulang.

5. RTA (Real Time Analizer)


Aplikasi Android untuk Cek RTA Sound Sistem
RTA ini akan berguna untuk mengenali Respon frekuensi yang dikeluarkan oleh loudspeaker. Misalnya anda sedang membunyikan sebuah lagu maka rta ini akan selalu responsif untuk melakukan monitor frekuensi yang dikeluarkan.

DI dalam fitur ini kita bisa mengenali frekuensi dari 20hz,-20kh. Dengan Melihat RTA ini kita bisa mengenal berbagai karakteristik dari LOW sampai hight. Dengan membunyikan ping nois kita akan dapati frekuensi yang dikehendaki saat misalnya setting EQ.

6. Waveform (Bentuk Gelombang)

Fungsinya ialah melihat bentuk gelombang suara dengan grafik, gelombang akan berubah mengikuti suara. Satuan yang digunakan dalam grafik tertulis dengan Ms.

Jadi aplikasi ini hanya untuk digunakan sebagai monitor frekuensi dan untuk menghitung berbagai perhitungan yang berhubungan dengan audio. Aplikasi JBL tools bukan dipertuntukan bagi pengguana JBL saja, bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Nah begitulah kira kira tentang aplikasi ini. dan ingat JBL Tools bukan untuk sebagai settingan musik Namun sebagai monitor dan perhitungan keluaran loudspeaker.

DOWNLOAD JBLTools

Demikian semoga bermanfaat.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Android untuk Cek SPL dan RTA Sound Sistem"