Cara Membuat Volume Power Amplifier Dengan LPF Sederhana

Cara membuat Volume Power Amplifier Dasar
volume Power Amplifier Dasar
Gambar tersebut adalah volume paling dasar dalam menggunakan potensio dimana pada kaki no 1 adalah ground, kaki 2 output dan kaki 3 adalah input.Garis warna merah adalah positif atau jalur input, sedangakn garis hijau adalah jalur ground. Biasanya untuk driver sudah ditulisi dengan mana ground /ct, dan input.

Itu tadi bagi yang sedang akan memasang volume untuk ampli paling mudah, namun topik utamanya adalah mengenai LPF khusus untuk ampli yang digunakan khusus bass saja. yaitu membuat volume amplifier menggunakan sistem low pass filter sederhana.

Rangkaian LPF sederhana ini akan meredam frekuensi tinggi sehingga sinyal yang lolos ke input amplifier hanya nada low saja. Dengan begitu penguatan bass akan lebih efektif ketika dimasak oleh amplifier. Ini sangat efektif untuk ampli khususs suara bass/subwover.

Power amplifier dengan daya kecil sangat cocok menggunakan sistem ini dengan baik. Misalnya satu speaker wofer di handle satu amplifier khusus seperti halnya pada ampli speqaker aktif GMC dan sejenisnya. Tapi menggunakan amplifier tipe 300-500 watt juga bisa meneeapkan sistem LPF sederhana ini untuk penguatan nada low yang lebih efektif.

Ragkaian sederhana yang Sangat mudah diterapkan terutama bagi pemula yang ingin memperoleh satu keluaran output amplifier untuk khusus nada bass.

Membuat Volume Power Amplifier Dengan LPF

Rangkaian ini hampir mirip LPF crosover pasif, karena tidak menggunakan komponen aktif.

Bahan yang digunakan yaitu dua buah potensio meter berukuran 100k dan kapasitor 2a104j, sangat mudah didapatkan di pasaran.

Pada bagian potensio yang diberi kapasitor tersebut merupakan adjuster frekuensi yang akan di fileter. Nada tribel akan semakin berkurang maupun normal(sesuai dengan sinyal asli) apabila diataur pada potensio tersebut.

Potensio tersebut merupakan sejenis selector saja. Sedangakan potensio volume utama merupakan yang mengatur besaran input masuk ke power amplifier.

Untuk memeproleh LPF yang lebih mantap silahkan baca cara membuat filter Subwofer menggunakan ic 4558, rangkaian sangat mudah.

Kelemahan rangkaian ini ialah penguartan sinyal akan semakin berkurang sehingga membutuhkan input penguat sinyal audio yang lebih besar, misalnya dari tone control. Hal semacam ini juga bisa diterapkan pada sebuah tone control yang memiliki over pada nada mid sehingga suara menjadi pecah. Suara akan lebih rendah ketika LPF bekerja.

Sistem volume amplifier yang dilengkapi LPF ini sangat cocok yang tidak ingin suara mid higtnya mendominasi. Artimya bisa meredam setiap keluaran nada mid hingga hight yang over tiap kali nada bass belum singkron diantara mid dan hight. dan ini akan merubah karakteristik dari sebuah power amplifier.

Anda juga bisa merubah pada bagian capasitor dengan menggunakan 224j agar suara yang dihasilkan semakin rendah.

Baca juga: cara memperbaiki amplifier

Demikian Membuat Volume Power Amplifier Dengan LPF semoga bermanfaat untuk rekan rekan semuanya.

Publish By: soldiradem.com

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.