Perbedaan Amplifier ditambahkan TEF dan tidak ditambahkan TEF

Perbedaan Amplifier ditambahkan TEF dan tidak ditambahkan TEF

Perbedaan amplifier ditambahkan TEF dan tidak ditambahkan TEF. Sebelum anda memasangkan tef untuk sebuah driver power Amplifier pastinya ingin tahu apa perbedaanya. saya rasa itu penting karena dalam hal ini tidak menjadi kesia-siaan ketika ingin menambahkan tef pada power amplifier yang kita Gunakan.

TEF biasanya digunakan untuk menambah kekuatan sinyal menuju basis transistor final pada jenis OCL.  entah itu ocl 150, SOCL504, SOCL 506 , dan Sejenisnya.

Seperti pernah saya menulis bahwa menambah transistor untuk TEF  diperuntukan bagi yang memilki transistor final lebih dari satu dan memilki daya Besar pada power suplaynya. Jika tidak memiliki kriteria ini sayangnya untuk menambahkan tef bisa jadi hanya menambah biaya dan kadang komponen transistor final mudah jebol karena kelebihan sinyal dari driver.

Perbedaan amplifier ditambahkan TEF dan tidak ditambahkan TEF

Ada yang mengatakan Menambahkan TEF pada driver akan mengubah karakter dari jenis driver yang digunakan. Suara yang dihasilkan lebih kasar dan cenderung ke nada midle. Malah lebih empuk ketika menggunakan skema originalnya. Tentu ini pendapat dan selera masing masing mengenai eksperiment ini. Bisa juga karena pengaruh driver yang tidak cocok diberikan tef.

Untuk speaker kecil memang tidak cocok untuk diberikan power tef, terlebih hanya berukuran 8-10 inci untuk menghandle bass.

Disini saya akan sedikit memberikan review tentang menggunakan tef pada SOCL 504. Karakter yang dihasilkan, dan kecocokan dengan speaker.

Untuk kebutuhan rumahan saya rasa untuk menggunakan speaker 12 inci daya mak300 watt ternyata lebih enak menggunakan tanpa tef suaranya lebih berartikulasi jelas dan empuk, kemudian saya mencoba menggunakan tef ternyata pada speaker 12 inci cenderung suara kasar bassnya kelebihan sehingga membaran speaker tidak mampu untuk menghasilkan artikulasi suara yang diinginkan. Memang power yang ditambahkan TEF tambah lebih galak!

Untuk speaker 15 inci untuk midlow memang cocok menggunakan Tef. Sedangkan untuk 12 inci lebih enak digunakan untuk mid, kurang cocok untuk rumahan yang menginginkan nada yang lebih empuk, Kemungkinan ini akan cocok model speaker lapangan.

Tapi bagi anda yang suka bereksperiment ini wajib dicoba untuk membuktikanya.

Kesimpulanya Antara ditambhakan TEF dan tidak ditambah TEF ada perbedaanya yaitu menambah sinyal dari driver untuk transistor final lebih kuat dan cocok digunakan untuk suplay spreaker 15 inci keatas. Juga Tergantung daya power suplay yang digunakan. Kombinasi antara power suplay daya besar dan menggunakan TEF  jauh lebih efektif agar suara yang dihasilkan lebih gler dan berartikulasi.ini kaitanya dengan mencocokkan daya speaker dan daya speaker

Pasti ada perbedaan pendapat dan untuk ini, karena setiap komponen dari driver memilki perbedaan juga antara resistor dan kualitas transistor yang digunakan karena frekuensi akan bergantung pada kualitas komponen.

Demikian semoga bermanfaat!!

Soldiradem Blog

0 Response to "Perbedaan Amplifier ditambahkan TEF dan tidak ditambahkan TEF"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel