Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara menambah TEF SOCL - Kali ini saya akan menambah driver SOCL dengan menggunakan tef. Tef bahasa mudahnya menambahkan transistor pada driver sebelum menuju ke transistor fianl amplifier.

Tujuan dari penambahan TEF pada solcl 504 biasanya identik agar hasil penguatan sinyal driver maksimal sampai transistor final. Dengan begitu suara yang di hasilkan lebih tebal dan menambah power ke speaker.

Sebenarnya tanpa TEF pun, amplifier jenis Socl sudah memiliki kualitas suara yang bagus sehingga tidak heran jika sebagian para penghobi audio sangat menggemari jenis driver ini.
BACA JUGA; Karakter Driver super ocl504

Cara menambah tef pada power super ocl (SOCL 504)


Para penggemar audio rakitan biasanya menambahkan tef untuk keperluan menambah power dan digunakan untuk display speaker 18 inci. Oleh sebab itu, jika anda menggunakan daya suplai kecil, saya rasa tidak perlu menambahkan tef karena hanya akan menambah beban power suplai.

Dengan daya kecil, sedangkan beban berlebih, maka hasilnya kurang maksimal meskipun hanya sekian persen.

Nah bagi yang menggunakan daya misal 10 A lebih boleh menambahkan tef agar memaksimalkan kerja transistor final.

Sebelum menambah tef ada baiknya jika dco di setting sekecil mungkin mendekati 0volt agar tef maupun transistor final tidak over heat.

Transistor over heat  disebabkan oleh dco masih besar. Perlu setting sekecil mungkin.
Siap kan bahan transistor TEF yaitu jenis non dan pnp  atau menggunakan c 5198 dan a1941 .bisa juga menggunakan tr sc5200 dan sa 1943.
Siapkan resistor 100 ohm 1watt.2 Biji.

Pasang transistor pada posisi npn pada positif dan pnp pada negatif.

Pada Emitor transistor driver, masuk ke basis TEF. sedangkan untuk colektor tetap terhubung dengan colektro transistor final.

Bisa dilihat pada gambar berikut ini.

cara memasang tef super ocl 504
Keterangan gambar:

Resistor kapur diganti dengan resistor 100 ohm.

Emitor TEF  masuk ke basis transistor final

pasang transistor c 5198 dan a1941 pada pcb yang telah tersedia.

Namun untuk suplay daya tinggi misalnya menggunakan lebih dari 45 volt lebih baik dipasang di heatsing dengan transistor final.

untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini:


Demikian mengenai cara menambah tef pada socl 504 semoga bermanfaat!

Untuk mempelajari skematik diagram menambah tef bisa baca : Skema SOCL 504 TEF
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah TEF SOCL 504"