Karakter Driver SOCL 504 (Real experiment)

Karakter Driver SOCL 504 (Real experiment)
socl 504 dengan 4 sett paralel
Saya mengadakan sedikit ekperimen mengenai karakter driver socl 504. Pada kesempatan ini saya menggunakan sistem percobaaan perbandingan berbagai hal yang memang sangat penting dalam hal penggunaan daya dan speaker. saya membandingkan dalam beberapa aspek yang dapat kita lihat. Namun kali ini saya hanya melihat hasilnya melalui telinga dan gerakan speaker.

1. Perbandingan pengguaan daya 

Percobaan saya yang pertama adalah dalam hal power suplay. pada penggunaan power suplay saya menggunakan dua ukuran.,, yang pertama dengan menggunakan trafo kecil bekas tape dack sekitar 3 ampere, hasilnya untuk membunyikan speaker 12 inci hasilnya lumayan. Dengan nada full range dapat terdengar jelas terutama pada nada midlow dan low, subsow. namun pada nada higt masih kalah dengan ocl 150 watt.

Percobaan kedua langsung ke trafo 15 a 45 volt ct. untuk menyuplay speaker 15 inci. Nada mendominasi midlow damn low sampai sub. untuk nada mid hig nampaknya seperti terpotong. entah kebetulan atau tidak pada driver ini saja.

Sayang pada saat mensuplay untuk 18 inc  dua buah dengan main 4 ohm suara masih sumbar/ampang.

Baca juga: Cara merakit socl 504

2. Penggunaan speaker

Jadi saya rasa driver ini sangat cocok pada speaker ukuran 15 inci 2 buah. Suara nada bassnya cukup kental jika digunakan untuk suplay 15 inc dengan suplay trafo 15 ampere. untuk 18 inci untuk satu buah main 8 ohm masih bisa dirasakan kekempalan nada suaranya namun akan hilang sika di dobel menggunakan 2 buah speaker, ini belum tahu saat menggunakan sistem TEF. TEF mungkin bisa untuk digunakan agar menambah power.

3. Pebandingan karakter suara

Kemudian saya membandingkan dengan driver sejenis yiroshi vs Socl. dalam perbandingan ini saya menggunakan transistor yang sama yaitu menggunakan 4 pasang transistro final sanken. dan menggunakan suplay 45 volt ct.

nah pada driver socl ini ternyata lebih condong ke nada bass yang sangat empuk. Sedangakan power yiroshi masih condong ke midle dan sangat menonjol pada nanda mid higt dan hight. Setelah dicoba secara bergantian dengan sistem tone yang sama. sehingga dapat disimpulkan bahwa, karakter driver socl lebih condong ke nad bass. dan terpotong pada nada twitter, karena masih kalah dengan driver yang menggunakan sistem 3 tingkat atau model tef.
BACA JUGA: Cara menambah tef SOCL 504
Boleh jadi super ocl 504, nada twitter tidak akan terpotong ketika diberikan tef pada bagian basis sebelum transistor final. Mungkin akan bisa menyimpulkan jika melakukan perbandingan lebih lanjut dengan menambahkan TEF pada trasistor final.

Sekian semoga bermanfaat sekedar sering mengani karakter driver socl 504. semoga bermanfaat ya!!!!!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

4 komentar untuk "Karakter Driver SOCL 504 (Real experiment)"

power amplifier 16 Januari 2019 pukul 21.20 Hapus Komentar
Terima kasih pencerahan nya,sangat membantu sekali bagi saya yg sedang bingung untuk memilih driver yg sesuai dgn sepeaker 15".
power amplifier 16 Januari 2019 pukul 21.21 Hapus Komentar
Terima kasih pencerahan nya.
Unknown 24 Januari 2020 pukul 12.07 Hapus Komentar
Mas saya punya travo 5a 45v driver yg stabil buat travo tu yg bass nya nendang dan empuk mohon bantuan nya makaih maaf masih pemula
IWAN TOP 18 Juli 2020 pukul 09.46 Hapus Komentar
Trims pencerahannya, saya ingin merakit 506 mudah mudahan tidak berbeda jauh dengan 504