CARA MERAKIT POWER SOCL 504

SUPER OCL 504 DENGAN 4 TRANSISTOR FINAL

SOCL 504  atau super ocl 504 merupakan driver sekarng ini lagi buming di kalangan penggemar audio rakitan.driver power ampli ini sebenarnya di adopsi dari ocl 150 watt hanya saja pada beberapa komponen memang tidak sama. terutama pada bagian sistem dco yang dapat diatur sehingga kta dengan fleksible mengtur dc offsite agar speaker aman dari tegangan dc.

Socl 504 terkenal dengan karakter suaranya yang lebih jernih namun power full sehingga artikulasi dari sebuah nada dapat terdengar enak ditelinga. begitu kir-kira karakter socl 504 sehingga driver power ampli ini sangat buming di kalangan penghobi ampli rakitan.

Ya! menurut saya, driver ini karakternya bisa flat dengan pengolahan preampli yang bagus pula. agar hasilnya juga maksimal.

BACA JUGA: Karakter driver SOCL504

Cara Merakit Power Ampli SOCL 504 

Sebenarnya pada proses perakitan pada ini tidak berbeda jauh dengan ampli lainya hanya saja pada bagian finishing yang berbeda. apa yang menjadi pembeda? yaitu pada bagian setting DCo.

Setting DCo sangat penting dilakukan secara seksama untuk dapat menghasilkan tegangan DCo sekecil mungkin pada bagian out speaker. hal ini bertujuan agar saat digunakan tegangan DC tidak membakar coil speaker.

Cara mengukur dco power ampli super ocl 504

Agar lebih mudah sat pengukuran gunakanlah dc meter digital karena yang kita butuhkan adalah tegangan mendekati  0,0001 sehingga ketika melihat angka dari tester digital bebih detail dibanding denga tester analog. kemudian pada tahap pengukuran dco pada input di jumper ke ground kemudian ukur menggunakan 2 ,5v pada multitester. agar lebih akurat. ukur pada bagian ou speaker probe merah  +, setting trimpot variable resistor ke kiri atau kekanan mengikuti nilai paling keci tegangn dc yang terukur pada multitester.


CARA MODIF TEF

Ada yang mengatakan bahwa untuk amplifier lapangan driver socl 504 ini harus di modip dengan cara menambahkan TEF (triple emitor follower) atau tranasistor tambahan untuk lebih memperkuat sinyal output emitor dari  c4793-A1837......

Terutama untuk mendrive speaker tukuran 18 inc.

Caranya mudah saja komponen yang dibutuhkan adalah transistor 5200-1943/c5198-1941 dan dua buah resistor ukuran 100ohm 1 watt.

Biasanya pada driver ada lubang untuk transistor final. Kita tempatkan saja transistor di lubang untuk tranasistor final.

5200 pada bagian positif, sedangkan a1943 pada bagian negative.

Pada bagian emitornya ada dua buah resistor kapur ukuran 0,5 oHm 5watt . resistor kapur tersebut diganti dengan resistor ukurn 100ohm 1 watt tadi.

jadi deh TEF nya.
Baca juga;cara menambah TEF SOCL504
TES!!!!

Kemudian running test jika transistor tef terlalu paas anda bisa menambahkan heatsing agar kinaerja tef tetap terjaga ketika di geber dilapangan.

Super osl 504 ini pada dsain dasar menggunakan speaker ukuran 15 inc 2 buah paralel per satu chanelnya. itu yang standar.

Jika di modif  bisa digunakan untuk 18 inc. namun hasilnya masih dipertanyakan jika hanya menambah tef saja tanpa mengganti komponen tertentu agar kinerja semakin baik dan mampu bertahan di atas daya tiggi.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat tetang socl 504 yang mungin anda masih penasaran dengan hasilnya. Cukup lumayan power ful hampir pada setiap frekuensi yang di produksi oleh pre amp. 11 13 lah sama 0cl 150. hehehe....




Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "CARA MERAKIT POWER SOCL 504 "

Unknown 2 Maret 2019 pukul 17.40 Hapus Komentar
master mau tanya saya pakek driver itu persis lalu saya pakek travo 10@ banci di ct 35 kok dengung di travo langsung panas apa masalahnya master