Timbul Suara "greeeek!" pada saat Nada Bass pada Ampli dan Speaker Aktif

CARA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF RUSAK

Awalnya suara normal, namun setelah beberapa saat timbul suara greek!! pada saat nada bass dikeluarkan oleh speaker.

Kerusakan ini sering terjadi pada jenis perangkat amplifier dan speaker aktif. Kerusakan disebabkan oleh beberapa kemungkina terjadi. Antara sederhana sampai kerusakan pada amplifier dan tone kontrol.

1. Kerusakan sederhana 

Kerusakan sederhan biasanya disebabkan oleh jek input yang kendor, sehingga ketika nada bass menghentak perangkat, maka jek akan longgar dan menimbulkan suara "greek!" pada output speaker.
Perangkat yang sering mengalami hal ini adalah speaker aktif. Soket jek input pada speaker aktif yang telah lama digunakan ada kemungkinan berkarat, terkena kelembapan di dalam box spaker aktif. Karat menibukan resistensi pada soket dan jek, dan inilah pemicu terjadinya suara grek.

Cara mengatasi hal ini yaitu dengan mengganti soket input atau bisa juga membersihkan soket in. Atau kadang hanya longgar saja.

2. Kerusakan rumit

Sudah diputar putar pada jek dan bahkan sudah diganti sura tetap saja timbul grek, maka kemungkina terjadi kerusakan pada amplifier dan bisa juga pada tone control.

Kerusakan pada tone kontrol terjadi disebabkan oleh potensio yag bermasalah, tandanya adalah ketika potensio diputar terdapat suara kemresek dan grek yang parah. Frekuensi yang ditimbulkan dari potensio bisa diproses oleh op amp sebagai sinyal input sehingga tejradi ganggunn audio semacam itu.

Lumasi bagian dalam potensio dengan minyak kayu putih adalah cara paling sederhana untuk mengatasi potensio kemresek.

Perlu mengganti potensio jika terjadi kerusakan parah pada potensio, misalnya suara tidak rata, diputar sedikit, suara langsung maksimal.

Kerusakan pada bagian ampli. nah untuk ini biasanya sedikit rumit untuk melakukan perbaikan yaitu masalah pada driver power maupun transistor final.

Tanda kerusakan ini ialah pada outuput spiker jika diukur menggunakna DC mater akan terukur Arus Dc Keluar. Karena normalnya untuk amplifier output speaker adalah arus AC.

Hal yang sering terjadi terutama speaker aktif adalah kerusakan pada transistor final yang menggunakan tip 41c dan 42c . jika salah satu transistor ada yang bocor kolektor ke emitor akan mengakibatkan arus DC bocor ke Out speaker.

Namun kerusakan di speaker aktif belum tentu di amplfier dengan menggunakan jenis transistor daya besar, seperti sanken dan toshiba. Ada satu waktu dimana kerusakan disebabakan oleh transistor driver mengakibatkan arus DC keluar. Jika tidak segera ditangani bisa merusak pada transistor final.

Sebuah amplifier dengan menggunakan banyak transistor jika salah satu saja mengalami kerusakan, maka arus dc akan keluar. sehingga harus mengecek satu persatu.


0 Response to "Timbul Suara "greeeek!" pada saat Nada Bass pada Ampli dan Speaker Aktif "

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel