Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hati-hati, Smartphone Bisa Rusak akibat Dihubungkan ke Speaker Aktif !! Berikut Penyebanya

Soldiradem blog - Sebagian orang masih menggunakan hp/smartphone untuk play musik di speaker aktif karena lebih mudah dan simple Play musik dari hp secara langsung menggunakan jack audio headset.

Namun dibalik kemudahan tersebut, terdapat bahaya yang mengancam smartphone. hal parah akan dialami smartphone adalah rusak pada bagian suara headphone, bahkan bisa langsung mati total.

Hal ini pernah dialami oleh teman saya atau bahakan anda sendiri yang mengalami hal serupa yaitu  kerusakan hp karena digunakan sebagai sumber audio speaker aktif.

Awalnya tidak tahu bahwa di speaker aktif terdapat tiga soket berjajar yang berbeda warna memilki fungsi yang berbeda. Mungkin karena suasana gelap atau tidak membaca keterangan yang terdapat pada soket tersebut, jack langsung colokkan sembarangan, akibatnya beberapa saat kemudian hp langsung mati seketika.

Apa penyebab handphone mati saat salah memasukkan jack?
SMARTPHON MATI KARENA SPEAKER AKTIF
Perhatikan tulisan dan barisan mana audio in dan mana audio out agar tidak salah dan membahayakan perangkat yang terhubung

Di soket pada bagian belakang speaker aktif terdapat 3-4 soket yang berfungsi sebagai audio in L & R, dan speaker out R.

Jika jack in dari hp dimasukkan ke spaker out R, maka otomatis jack akan menyalurkan out speaker ke out handpohone. Out spekaer aktif akan berbentuk arus AC volt akan masuk kedalam sistem audio hp.

Apabila kebetulan volum audio pada volume up, maka  out speaker akan mengeluarkan arus AC yang dapat merusak mesin hp.

Hp akan mati atau kadang hanya pada bagian headset tidak akan berfungsi lagi.

Hal ini menjadi perhatian penting bagi pengguna speaker aktif yang masih menggunakan sistem jack konvensional semacam ini.

Kemungkinan masih aman jika volume masih dalam keadaan minimum sehinga arus yang mengalir dari out pspeaker masih belum ada. apabila volume sudah maksimum, jack hp salah satu ada yang nancap ke out speaker, langsung di play, losss doll!!! Ambyar!!

Tips mencegah kesalahan jack audio speaker aktif 
jack hp untuk speaker aktif
Receiver bluetoth adapater

Untuk saat ini produk speaker aktif telah menggunakan fitur mp3 bluetooth. Nah untuk menaegah sepeti hal diatas maka menggunakan bluetooth untuk play mp3 ke speaker aktif lebih aman. 

Jika speaker aktif anda belum memilki fitur mp3, bisa ditambahkan KIT play mp3 yang sudah menggunakan mp3 player bloetooth. harganya kurang lebih Rp.50.000.

Bagi yang sudah menggunakan player mp3 namun belum ada fitur Bluetooth, bisa menggunakan Adapter & receiver audio bluetooth. Harganya lebih murah sekitar 20 ribuan.

Menggunakan adapter memilki kekurangan yaitu kadang ketika mesin tergetar oleh bass, maka adapater bluetooth akan reset lagi mulai dari awal. Mungkin akan lebih efektif menggunakan mp3 player yang sudah ada bluetooth namun harus menambah biaya sedikit lebih mahal.

Baca juga: Timbul suara greek!! saat nada bass dikeluarkan speaker aktif

Demikian semoga bermanfaat!!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Perkenalkan saya admin blog ini, Saya hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman saya dalam memperbaiki perangkat elektronik

Berlangganan via Email