Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Kerusakan TV Layar Melipat Bagian Atas

Penyebab Kerusakan TV Layar Melipat Bagian Atas

Keusakan tv gambar seperti melipat pada bagian atas sehingga sedikit terlihat terpotong ini sering terjadi pada beberapa merek tv terutama TV LG dan tv China.

Menurut pengalaman saya pribadi, kerusakan semacam ini disebabkan oleh bagain blok ic vertikal. Sempat beberapa kali saya gagal mengatasi kasus ini.  Hingga pada akhirnya mendapatkan kesimpulan bahwa kerusakan layar melipat pada bagian atas disebabkan oleh teangan. Fix tegangan vertikal.

Hal ini tentu ada bukti bahwa kasus ini fix disebabkan oleh tegangan vertikal, secara sederhana saya melakukan beberapa kali experiment mengganti semua komponen yang ada di blog vertikal termasuk ic vertikal itu sendiri. Namun tidak membuahkan hasil.

Mengganti  elko berkualitas untuk mengganti elko dan menggunakan resistor yang sama untuk mengganti resistor pada bagaian vertikial otuput. namun hasilnya masih sama saja.

Kasus ini sedikit aneh menurtut saya. Jika diukur menggunakan multi tester tegangan terukur sangat normal. namun menimbulkan vertikal melipat. Dan disinilah keanehannya bahwa tegangan ic vertikal terkadang menghasilkan satu output vertikal cacat.

Kemungkinan saya kurang teliti dalam mengukur tegangan ic vertikal. jika dikur akan terukur 27 volt pada tv china. gambar masih melipat. Ini juga ada kemungkinan ada kesalahan dalam menilai tegangan menggunakan tester analog.

Nah pemahaman saya pada tv lg ada kesalahan, tegangan normal tv lg pada bagian vertikal seharusnya lebih dari 27 volt. Dan inilah penyenbab dulu saya sempat gagal dalam memperbaiki tv lg layar melipat bagin atas.

Tentu ini permasalahanya berbeda dengan garis-garis buku pada bagian atas layar seperti kasus kebanyakan tv lg.

Kasus ini lebih kepada kejelian melihat tegangan.  output vertikal yang baik dipengaruhi oleh tegangan akan mempengaruhi sinyal gigi gerjaji. Apabila tegangan kurang kemudian diumpan ke out vertikal,  kemungkinan bentuk pola gigi gergaji di oscilocope akan berbeda.

Tegangan bisa juga karena ampre melemah. Hal ini telah saya temui di tv china yang sudah diganti dengan gatcun paada rangkaian smps. ketika trimpot pada bagian gatcun di putar maka lipatan akan berubah bentuk. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa tegangan dari smps sangat berpengaruh terhadap kinerja dari oscilator ic vertikal.

Pada bagian B+ Adjust bisa juga mempengaruhi kinerja vertikal ini sering terjadi ketika tegangan vertikal menggunakan sumber dari flyback.

Ini hanya refrensi bagi anda yang sedang mengalami kerusakan yang sama. saya sudah sedikit lupa tentang detailnya apa saja yang meski diganti untuk dapat menyelesaikan kerusakan layar melipat pada bagian atas.

Baca juga:penyebab layar tv bergaris-garis buku

Poin utamanya adalah tegangan ic vertikal. setelah mencoba mengganti elko pada bagian jalur tegangan ic vertikal tegangan tidak bisa naik maka maslahnya pada Regulator psu. 

 Jika menemui tegangan vertikal pada bagian vertikal, bisa dibuatkan tegangan alternatif dengan memanfaatkan farit yang ada di komponen flyback. cara ini cukup praktis ketika anda tidak menemukan solusi untuk menaikkan tegang ic vertikal yang drop atau bermasalah dari smps.


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Perkenalkan saya admin blog ini, Saya hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman saya dalam memperbaiki perangkat elektronik

Berlangganan via Email