Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Masalah pada TV LG u-slim Tegangan Turun Perlahan


Kali ini saya mendapatkan tv lg ultra slim mengalami kerusakan mati total tidak bisa start. Lampu indikator sempat menyala sebentar kemudian mati. ketika pengukuran pada bagian primer regulator ternyata elko masih menyimpan tegangan, Apabila pada tv merek lain, kerusakan seperti ini bisa disebabkan oleh ic str yang bermasalah, namun pada tv lg ketika tegangan normalpun terkadang elko tersebut masih menyimpan tegangan, oleh karena itu saya tidak langsung mengklaim bahwa terjadi kerusakan pada bagian primer regulator.

Setelah penyeledikan lebih lanjut mengenai  tv lg b+ naik turun perlahan, setelah b+ di bypass ternyata tegangan normal. Ini memberikan sedikit titik terang bahwa kerusakan bukan berasal dari primer regulator.

Sempat berprasangka bahwa kerusakan diseabkan oleh bagian flyback, karena saat pengukuran B+ 115 volt bisa naik kemudian turun perlahan. Namun untuk memastikan flyvack rusak harus melalui penyeledikan lebih lanjut. Karena penyebab b+ drop bukan hanya pada flybacknya kada juga area horizontal dan output flyback itu sendiri.

Ketika di tes menggunakan bohlamp pada bagian b+ 115 volt masih tetap normal tidak drop. ini menandakan bahwa kerusakan berada benar di area flyback. Entah itu flybacknya atau bagian horizontalnya.

Namun setelah dicek transistor horizontal ternyata normal, kemudian mencoba untuk tes tegangan pada bagian video dan juga pada bagian tegangan ic vertikal. ketika tegangan b+ naik tegangan juga ikut normal. Berarti ini tidak ada masalah. pada output flyback. dimana ic vertikal pada tv lg ultra slim ini mendapatkan suplai dari flyback yaitu 26 volt. dan jalur video 180 v.

Dulu juga sempat mengalami tentang tv lg tegangan b+ turun perlahan semacam ini namun kerusakan yang berbeda, dimana ketika tes poin menggunakan bohlam pada b+ 115 volt tegangan drop disebabkan oleh tegangan 5 volt yang bermasalah sehingga tegangan b+ bermasalah, sedangkan yang sekarang saya tangani ini ketika di tes menggunakan bohlam tetap saja tegangan b+ tidak drop.

Ini bukan masalah protek namun pada dasarnya ini adalah kerusakan murni dari b+ 115 volt. bisa jadi kerusakan pada flyback tv.

untuk memastikan apakah kerusakan terjadi pada flyback kita bisa menggunakan teknik copot beban output flyback yang menuju ke ic vertikal dan juga pada 180 volt. Jika ketika dicopot tegangan masih drop berarti memang flybacknya yang bermasalah.

Karena saya kebetulan memiliki cadangan flyback tv lg maka langsung diganti tv pun normal.

Bagi anda yang sedang mengalami hal serupa saya harap untuk berhati hati, karena pada bagian primer regulator masih menympan tegangan terutama pada elko 450 volt. Ketika akan mengukur komponen secara pasif lebih baik dishortkan terlebih dahulu agar tidak menyengat tangan.

Demikian semoga bermanfaat!!

Mungkin artikel serupa bisa membantu , baca juga cara memperbaiki tv lg tegangan drop

Soldiradem blog