Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Polytron u-slim Warna Pudar

 Polytron u-slim warna pudar- Semakin banyak produk yang beredar dipasaran maka saya juga akan mendapatkan servisan yang banyak beredar tersebut. Salah satunya adalah tv polytron u-slim. Kali ini saya akan berbagai tentang tv polytron u-slim warnanya pudar. bisa dikatakan pudar mungkin lebih tepatnya warna menjadi campur. Misalkan ada tulisan pada OSD warna tulisanya itu jadi tidak jelas karena warnanya bercampur ke bagian warna kontras yang lain.
Penyebab Polytron u-slim Warna Pudar
ilustrasi warna oudar 

Hal ini juga pernah saya alami pada kasus tv yang lain terutama tv yang menggunakan mesin china. Kerusakan pada polytron saya rasa juga demikian tidak jauh berbeda dengan tv china. masalah kerusakan bisa dibilang hampir mirip hanya saja letak komponen yang rusak berbeda.

Nah kasus pada tv china saya coba terapkan pada tv polytron. Hal yang saya tuju adalah pada bagian elko pemfilter tegangan 180 volt atau tegangan video. Elko yang dimilki oelh polytron uslim ini adalah 10 uf 250 volt dan 2,2 uf 250 volt. Ganti elko keduanya kasus tv polytron u-slim warna pudar pun selesai.

Selain gejala kerusakan warna pudar atau warna bercampur pada tv polytron terkadang juga akan mengalami layar redup. Namun hal ini biasanya jika tegangan pada 180 volt tersebut drop. Hal ini juga sama elko tersebut benar-benar kering atau bahkan short sehingga tegangan jadi tidak ada.

Bagi pemula yang baru membuka tv polytron u-slim harus memperhatikan bahwa saat elko normal biasanya ketika tv baru saja dimatikan masih menyimpan tegangan. Ada baiknya dicek atau langsung dibuang menggunakan charger hp atau colokkan solder agar tegnagn yang ada di elko tidak mengejutkan ketika dicopot. Tapi jika elko kering maka tidak menyimpan tegangan. atau baca artikel tentang cara membuang sisa tegangan yang masih tersimpan di mesin tv 

Mengganti elko 250 volt dengan 160 volt adalah kesalahan yang fatal, karena jika saja itu dilakukan, maka elko langsung meledak.

Mungkin untuk kapasitasnya misalkan 10 uf namun stoknya ada 47 uf apakah boleh ? Boleh saja asalkan voltasenya 250 volt.

Itulah sedikit permasalahan tentang tv polytron u-slim warna pudar atau isrtilahnya kalau bahasa jawa warnaya "mblobor" ke bagian yang lain.

Semoga bermanfaat!! soldiradem blog
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.