Memperbaiki TV Samsung Slim Layar hanya Setengah Bagian Atas

Kali ini saya mendapatkan job samsung slim dengan ukuran 21 inci mengalami kerusakan gambar sparuh. Ketika dinyalakan tv samsung hanya terlihat setengah bagian atas saja. Sedangkan setengah layar bagian bawah hanya blank hitam.

Jika dilihat secara gejala setengah layar atas, peyebab utamanya adalah kerusakan pada bagian blog vertikal seperti kasus pada umumnya.  Misakan kita langsung mengganti elko saja tv sudah bisa normal, namun tv samsung ini tidak demikian. Maka penyebab tv gambar layar hanya setengah tidak pasti. Kita harus menyelediki lebih lanjut tentang tegangan dan juga komponen pendukung.
Memperbaiki TV Samsung Slim Layar hanya Setengah Bagian Atas

Cara memeprbaiki tv samsung slim layar hanya setengah bagian atas


Saya tertuju ada sebuah elko 100 uf 50v biasanya berfungsi untuk elko pump up pada tv seperti pada umumnya. Namun anehnya tv ini masih saja tidak ada perubahan ketika diganti elko baru, meskipun saya tidak mengukur elko tersebut dalam keadaan normal atau tidak namun saya hanya terbiasa menebak itu adalah sebuah kerusakan pada elko pump-up yang ternyata tidak terjadi kerusakan pada elko tersebut.

Kemudian langkah berikutnya saya menekankan pada tegangan sumber vertikal. dimana ic vertikal 78141 ini menggunakan sistem dual power suplay yang berasal dari flyback. tegangan normalnya 16 volt+ dan 16 -. Saya mendapati pada salah satu tegangan mengalami drop. yaitu pada bagian negatif 16 volt. terukur 0 volt.

Sistem yang digunakan pada tv samsung ini mirip dengan tv polytron slim , pada jalur dual power dari flyback vertikal ini menggunakan resistor fuse sebesar 1 ohm 1 watt . Resistor tersebut berfungsi sebagai proteksi ketika terjadi kerusakan poada bagian vertikal. Misalkan ada masalah ic vertikal short maka tegangan akan berhenti di resistor tersebut dan akan membakar resistor sehingga kerusakan tidak merembet ke bagian yang lainya.

Karena indikasinya resistor ini menunjukan ada kerusakan yang serius, kita meski mengecek pada jalur negatif tersebut apakah jalurnya yang short atau ic nya yang short.

Untuk memastikan ini saya mencopot pada kaki ic vertikal. Kemudian mengukur dengan menggunakan ohm meter x10. probe hitam ditaruh pada bagain ground sedangkan probe merah ditaruh pada jalur negatif tersebut.

Jika jarum bergerak penuh ke kanan maka itu menandakan ada komponen short di jalur yang menuju ke ic vertikal.

Kecurigaan pun muncul pada sebuah dioda zener D2303 yang terhubung langsung dengan ground. Kemungkinan penyebabnya dari dioda zener tersebut. Ketika dioda tersebut dilepas dan diukur menggunakan ohm meter dioda tersebut terbukti short.

Karena tidak mudeng dengan membaca berapa ukuran dioda zener tersebut, saya memutuskan untuk mencoba tanpa dioda zener. Mungkin saya mengacu pada tv polytron yang tidak menggunakan dioda zener.

Ganti reisistor 1 ohm dan membuang dioda zener, Hasilnya tegangan menjadi normal lagi terukur 16 volt tanpa kendala apapun, layar langsung normal tampil penuh tanpa kurang sedikitpun.

Runing test untuk beberapa saat tidak ada masalah, ic vertikal juga panas normal. Tv Samsung slim bisa dipastikan sudah normal siap untuk diserahkan kepada pemilik. Penyeabab kerusakan gambar setengah pada tv samsung adalah dioda zener d 2303.

Pada kasus lain, Penyebab Kerusakan pada tv samsung dengan layar setengah yang menampilkan raster terkadang penyebabnya ic vertikal. Seperti kasusnya tv polytron slim juga bahwa ketika terjadi tegangan drop bisa juga disebabkan oleh dioda 1a, penyearah yang berasal dari jalur flyback, entah itu dioda bagian plus atau minus. Pada kasus berbeda, ketika layar yang tampil menyempit, itu biasanya kerusakan pada elko pump up. itu hasil dari analisis saya pribadi.

Demikian tentang tv samsung layar hanya setengah bagian atas semoga bermanfaat!!!

soldiradem blog
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.