Persamaan Transistor BC547 (NPN)

persamaan Transistor BC547
Pinout Transistor BC547

Transistor BC547 merupakan transistor yang memiliki polaritas NPN. Hal ini sangat mudah kita temukan persamaan transistor ini berdasar letak kaki dan juga spesifikasi sangat mendekati transistor BC548 dan BC549 sebagai alternatif anda juga bisa menggunakan 2N2222A. 

Perlu pertimbangan anda harus menggunakan ini jika memang transistor asli tidak ada di stok maupun di daerah asal anda. karena kinerja dari seri transistor memang sangat mempengaruhi serangkaian komponen lain di dalam rangkaian. 

PIN OUT BC547

  1. Colektor
  2. Basis
  3. Emiter

Data Transistor BC547

  • Polaritas Transistor NPN 
  • Penguatan Arus DC (h FE ) = 800 max
  • Arus Kolektor Kontinu (I C ) = 100mA
  • Tegangan Basis Emitter (V BE ) = 6V
  • Arus Basis (I B ) = 5mA max
  • Tersedia dalam Paket to-92

Transistor pengganti BC547 NPN

Anda dapat mengganti transistor bc547 dengan transistor di bawah ini dengan catatan bahwa anda jeli dalam melihat letak kaki transistor antara Basis Colektor dan emiter. Secara berurutan bawah transistor BC547  dari kiri ke kanan yaitu Collektor, Basis, Emitor. Setelah dipahami sekarang bandingkan dengan kaki transistor dibawah ini. kemudian pilih transistor paling mendekati diantaranya, BC549, BC548 dan 2n2222a.

Deskripsi Singkat tentang BC547

Transistor BC547 adalah transistor NPN sehingga kolektor dan emitor akan dibiarkan terbuka (Bias mundur) ketika pin basis ditahan di ground dan akan ditutup (Biasa maju) ketika sinyal diberikan ke pin basis.

 Transistor BC547 memiliki nilai gain 110 hingga 800, nilai ini menentukan kapasitas amplifikasi transistor.

Jumlah arus maksimum yang dapat mengalir melalui pin Kolektor adalah 100mA, sehingga tidak dapat menghubungkan beban yang mengkonsumsi lebih dari 100mA menggunakan transistor ini. 

Untuk membias transistor, kita harus mensuplai arus ke pin basis, arus ini (I B ) harus dibatasi hingga 5mA.Ketika transistor ini sepenuhnya bias maka dapat memungkinkan maksimum 100mA mengalir melintasi kolektor dan emitor. Tahap ini disebut Wilayah Saturasi dan tegangan tipikal yang diizinkan melintasi Kolektor-Emitter (V CE ) atau Basis-Emitter (V BE ) masing-masing bisa menjadi 200 dan 900 mV. Ketika arus basis dihilangkan, transistor menjadi mati sepenuhnya, tahap ini disebut sebagai Daerah Cut-off dan tegangan Base Emitter bisa sekitar 660 mV.

Transistor BC547 dalam rangkaian sakelar

Ketika transistor digunakan sebagai sakelar, transistor dioperasikan di Daerah Saturasi dan Cut-Off seperti dijelaskan di atas. Seperti yang dibahas transistor akan bertindak sebagai sakelar Terbuka selama Bias Maju dan sebagai saklar Tertutup selama Bias Mundur, bias ini dapat dicapai dengan memasok jumlah arus yang diperlukan ke pin basis. Seperti disebutkan arus biasing harus maksimal 5mA. Apa pun yang lebih dari 5mA akan mengakibatkan kerusakan Transistor; maka resistor selalu ditambahkan secara seri dengan pin dasar. Nilai resistor ini (R B ) dapat dihitung dengan menggunakan rumus di bawah ini.

R B  = V BE / I B

Dimana, nilai V BE harus 5V untuk BC547 dan arus Base (I B tergantung pada arus Collector (I C ). Nilai I B tidak boleh melebihi mA.

Transistor BC547 di terapkan ke amplifier 

Sebuah Transistor bertindak sebagai Amplifier ketika beroperasi di Daerah Aktif . Hal ini dapat memperkuat daya, tegangan dan arus pada konfigurasi yang berbeda.

  • Beberapa konfigurasi yang digunakan dalam rangkaian penguat adalah:
  • Penguat emitor bersama
  • Penguat kolektor umum
  • Penguat basis umum

Dari jenis-jenis di atas, jenis emitor umum adalah konfigurasi yang populer dan paling banyak digunakan. Saat digunakan sebagai Amplifier, penguatan arus DC Transistor dapat dihitung dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Penguatan Arus DC = Arus Kolektor (I C ) / Arus Basis (I B )

Aplikasi transistor bc547

  • Modul Driver seperti Relay Driver, LED driver.
  • Modul penguat seperti penguat Audio, Penguat sinyal.
  •  Pasangan Darlington
Demikian tentang Persamaan Transistor BC547 (NPN). 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Persamaan Transistor BC547 (NPN)"