Pengertian Power Amplifier BTL, Kekurangan dan Kelebihan System BTL Rakitan

BTL adalah singkatan dari Bridge Transformer Less. Amplifier BTL sering diartikan sebagai dua rangkaian satu jenis amplifier yang sama digabung menjadi satu output. Dengan begitu penggabungan dua rangkaian amplifier menjadi satu maka otomatis kinerja output akan dua kali lipat. 

Jenis power amplifier BTL sekarang sudah menjadi pilihan terutama power amplifier rakitan untuk sound system lapangan. 

Banyak orang telah memproduksi secara mandiri power amplifier modifikasi BTL untuk digunakan sound sistem lapangan. 

Meskipun begitu, sebagian orang masih mempertanyakan terutama masalah keamanan power amplifier sistem BTL itu sendiri. 

Meski trouble power amplifier di lapangan sudah biasa terjadi, tetapi akan lebih repot apabila speaker juga ikut trouble. Oleh karena itulah kita harus memahami apa saja yang akan dihadapi ketika menggunakan power amplifier BTL. 

Sistem BTL ini juga di terapkan pada audio mobil. Hasil suaranya memang tidak mengecewakan. Produk amplifier build up memang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga tingkat perhitungan keamanan dari amplifier pabrikan sudah teruji. 

Sedangkan ketika kita menggunakan rakitan BTL sendiri, itu sama halnya kita masih dalam tahapan uji coba. Jika tidak mempertimbangkan berbagai aspek pasti akan terjadi trouble. 

Kita juga harus melihat dari sisi kelalaian saat mengoprasikan power jenis BTL.Antusiasme karena menghasilkan suara yang lebih pulen dan power full kadang lupa maksimal daya speaker. Ini benar terjadi, tiba-tiba speaker mati total dan transistor final jebol. 

Jika anda berminat menggunakan power amplifier modifikasi BTL, pilihlah yang sudah teruji. Jika ingin merakit sendiri, pastikan telah melalui uji coba sebelum terjun ke lapangan secara langsung. Hal ini untuk berjaga-jaga kerusakan fatal akibat power BTL. 

Jenis amplifier BTL 

Pengertian Power Amplifier BTL, Kekurangan dan Kelebihan System BTL Rakitan

Power BTL hanyalah sistem yang disebut BRIDGE/ penggabungan, sehingga bukan termasuk jenis power amplifier. Penggabungan dua power ini biasanya menggunakan dua jenis driver yaitu OCL maupun OTL. Kebanyakan orang menggunakan OCL 150 watt untuk dijadikan power BTL. 

Sekarang sudah ada jenis baru yang lebih riskan untuk digunakan sebagai power BTL yaitu SOCL. 

SOCL akan lebih berbahaya karena memiliki settingan DCo.  Tegangan DC yang mengalir ke output speaker tentu akan membahayakan coil speaker. 

SOCL Belum di modifikasi menjadi BTL saja, Apabila DCo masih ke speaker dalam jangka panjang akan membakar coil speaker. 

Jadi bagi anda pengguna driver SOCL 504 maupun 506 sebelum masuk ke sistem BTL harus di setting 0 DC vol pada output speaker. 

Bagaimana cara aman menggunakan Power amplifier sistem BTL rakitan ?

Uji coba bertahap sangat penting!

Pada saat running tes pada power amplifier kita wajib menggunakan tegangan minimal. Setelah teruji misalnya transistor tidak overheat bisa ditambah ke 32 volt. 

Begitu pun dengan speaker yang digunakan. Pertama gunakan satu speaker terlebih dahulu kemudian baru kemudian menggunakan dua buah speaker. ini untuk menguji ketahanan dari transistor final. jika satu speaker saja sudah terlalu panas maka ini tidak aman untuk digunakan di lapangan dalam jangka panjang. Solusinya bisa hanya menggunakan satu speaker dengan daya sepadan dengan output power amplifier btl. 

misalnya BTL OCL150 watt BTL. apabila digunakan satu speaker akan mengeluarkan daya sebesar 300 watt (bukan perhitungan asli kadang daya power suplay berbeda). Seharusnya Daya speaker maksimal  350 watt  tergantung kualitas. 

Sedangkan ketika menggunakan 2 speaker berarti menghandel impedansi 2 ohm maka keluaran amplifier menjadi 600 watt( lagi-lagi bukan perhitungan asli). ini sebagai gambaran saja. 

Sistem kerja amplifier BTL memang 1 speaker memiliki nilai 4 ohm, sedangkan ketika digunakan pada OCL150 Watt biasa akan dihitung 8 ohm.

Itulah kenapa ketika kita running tes BTL kita mendapatkan suara yang lebih pulen dengan artikulasi jelas ketika menggunakan satu speaker saja karena menggunakan impedansi lebih rendah keluaran power lebih tinggi. Sedangkan satu speaker 8 ohm masih mengeluarkan daya asli dari jenis driver yang digunakan. 

Baca juga: cara btl ocl 150 watt serta aman menggunakannya

Daya keluaran amplifier apabila power suplay tidak mengimbangi maka kekuatan perhitungan tidak 100%.  malah suaranya akan semakin hancur. misalnya menggunakan 4 speaker paralel. 

Gunakan Protektor 

Pengertian Power Amplifier BTL, Kekurangan dan Kelebihan System BTL Rakitan
kit protektor Power BTL


Ada beberapa sistem protektor yang ada di pasaran yang bisa anda gunakan untuk mengamankan speaker. diantaranya: 

Speaker protektor Relay delay

Gunakan satu pada jalur positif power BTL. jalur positif biasanya yang diberi input. 

Protektor over heat menggunakan sensor panas 

Sensor panas bisa mengontrol everheat. ketika sensor menangkap panas berlebih maka otomatis akan memutus jalur speaker. 

Dari pemahaman dasar ini mudah-mudahan anda dapat mengembangkan asumsi sendiri soal keamanan amplifier BTL. 

Dari dulu sampai sekarang memang power jenis ini masih banyak digandrungi oleh penggemar audio. sistem amplifier BTL  mungkin bisa aman ketika digunakan untuk kebutuhan amplifier rumahan, misalnya hanya untuk menghandel subwofer. 

Bagi yang keburu terbakar saat kontes miniatur sound sistem dengan sistem amplifier BTL. ingat-ingat lagi kesalahannya dimana. Pasti lupa pada kekuatan speaker dan juga jumlah speaker. karena antusiasme pada sound sebelah kan? hehehe

Disclaimer: beberapa tulisan diatas hanya pendapat pribadi dan mengambil dari referensi lain. 

www.soldiradem.com


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Pengertian Power Amplifier BTL, Kekurangan dan Kelebihan System BTL Rakitan"