Cara Mengatasi TV tidak bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Soldiradem.com - Tv tidak bisa nyala tapi lampu power hidup merupakan kerusakan tv tidak terduga sebab akibatnya. Kerusakan tv tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa jadi kerusakan pada mesin bagian dalam. Terkadang juga disebabkan hanya karena remot tidak berfungsi sehingga tidak dapat menyalakan tv.

Sebelum anda mengendintifikasi atau memutuskan terjadinya kerusakan pada mesin tv, pastikan bahwa tv memang benar-benar tidak bisa nyala dengan cara,

1. Cek remot, apakah masih berfungsi? 

Cara melihat remot masih normal atau tidak dengan menggunakan kamera handphone. Caranya arahkan kamera ke lampu LED infra RED remot dan lihat pada layar hanphone, apakah masih nyala atau tidak. jika lampu tidak nyala, kemungkinan kerusakan pada remot.

2. Apabila remot rusak, 

Untuk menyalakan tv dalam keadaan standby bisa juga menggunakan panel/switch pada tv, pencet switch pada bagian ch + dan ch- biasanya tv akan nyala. 

cara Ini akan bekerja apabila panel pada tv masih bekerja dengan normal. Namun jika Swich/panel rusak tv tidak bisa dinyalakan.

Apabila remot maupun ch tidak bisa menyalakan tv standby jalan terakhir harus memperbaiki bagian mesin tv.

Tv tidak nyala tapi lampu power hidup ini dikalangan para teknisi sering disebut mati standby tidak bisa start. 

Untuk kerusakannya beraneka ragam, namun berbeda merek biasanya akan berbeda penanganan karena komponen yang digunakan juga berbeda.

Kerusakan ini sering terjadi di tv jenis LCD/LED  dan jenis TV CRT.

Demikian semoga bermanfaat untuk lebih lanjut mempelajari tentang elektronika bisa dilihat di 12 panduan cara memperbaiki tv CRT untuk pemula

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi TV tidak bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup"