Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV LED Polytron Tidak ada Gambar Suara Normal (Protek Backlight)

Kali ini saya memiliki pekerjaan untuk memperbaiki kerusakan tv LED Polytron tidak ada gambar suara normal. Memperbaiki tv polytron led layar gelap suara normal diakibatkan oleh kerusakan pada bagian backlight. Gejala spesifiknya yaitu ketika pertama kali dinyalakan sepintas muncul logo kemudian hilang. Mungkin ini bukan protek, karena ketika diberikan input suara masih normal. Gejala kerusakan diperkirakan pada bagian backlight, karena sepintas terlihat gambar samar-samar ketika dalam gelap. 

Bagaimana saya memperbaiki gejala tv led polytron tidak layar gelap suara normal. baca lebih teliti bagaimana langkah pengecekan. 

Anda mencari referensi untuk memperbaiki tv led polytron tidak ada gambar tapi suara normal berarti harus mengetahui penyebab kerusakannya terlebih dahulu. 

Cara Memperbaiki tv led polytron LED tidak ada gambar tapi suara normal

Kerusakan tegangan backlight itu sendiri tidak meliputi bahwa kerusakan terjadi karena memang drop tetapi kadang ini adalah protek pada bagian inverter. Rangkaian inverter untuk suplai led menggunakan sistem protek, sehingga ketika tidak normal pada tegangan bisa mengakibatkan protek pada inverter.  

Untuk menyelidikinya kita meski menggunakan tester volt DC untuk memastikan ada permasalahan pada tegangan atau tidak. 

TV polytron 24 inch yang sedang saya tangani ini menggunakan sistem backlight 6 mata dua baris itu artinya tv ini menggunakan 12 led. Untuk menghitung tegangan yang dibutuhkan kita bisa menggunakan sistem pengecek backlight tester atau dengan cara menghitung setiap led di supply 3 volt maka tegangan yang dibutuhkan untuk semuanya yaitu 36 volt. 

Dengan menggunakan tester led backlight akan mempercepat pekerjaan kita. 

Kenapa harus memastikan bahwa led dalam keadaan baik?

Satu alasan yaitu karena sistem protek pada inverter bisa terjadi akibat kerusakan dari salah satu led atau lebih sehingga suplai yang tidak normal mengakibatkan sistem proteksi bekerja. 

Setelah memastikan semua led dalam keadaan baik maka langkah selanjutnya yaitu memastikan tegangan inverter yaitu 36 volt atau tergantung tv yang anda sedang tangani. 

Untuk mengecek kita bisa menggunakan beban agar kita tahu tegangan sebenarnya ketika tv start kita bisa dengan cepat berapa tegangan yang sebenarnya. 

Jika pada saat start tegangan over kemungkinan permasalahan terjadi pada inverter. Tapi jika tegangan normal kemungkinan terjadi kerusakan pada led. 

  • Jika tegangan over jangan melumpuhkan titik protek karena ini akan merusak led. 
  • Jika tegangan normal anda bisa melumpuhkan titik protek.
  • Jika drop pada saat start anda bisa mengganti elco pada blok inverter. 

Nah kebetulan tv polytron LED yang sedang saya tangani ini tegangan over. sehingga saya tidak bisa menggunakan teknik melumpuhkan protek pada inverter. 

TV polytron LED 24 inch dengan tipe pld 24T8511 ini menggunakan ic inverter kecil saya tidak sempat untuk mengabadikan karena terlalu kecil tapi yang jelas kerusakan tegangan over ini bisa saya atasi dengan mencopot 3 resistor ukuran 1r5 yang dirangkai secara paralel dekat ic inverter tersebut. Setelah saya coba trik ini berhasil. 

Cara Memperbaiki TV LED Polytron Tidak ada Gambar Suara Normal (Protek Backlight)
1R50 Bisa diambil ketika terjadi protek led normal

Nah bagi yang start dengan tegangan normal anda bisa melumpuhkan titik protek inverter di bagian kaki 6 ic inverter yang di jumper menggunakan resistor ukuran 200k ohm ke ground. Tehnik ini beberapa kali berhasil jika tegangan output inverter normal. 

Apabila gejala pada saat pertama kali start mentok di bawah 30 volt itu pertanda bahwa kerusakan terjadi karena input lemah pada inverter. oleh karena itu bisa disebabkan oleh elco atau beberapa dioda dan kapasitor. 

Perlu anda ingat bahwa kerusakan ini berlaku jika kerusakan dengan gejala ketika tv pertama kali start muncul logo kemudian layar gelap. 

Baca juga: Apa penyebab tv led tidak ada gambar?

Jika pada saat start tidak ada reaksi kemungkinan terjadi kerusakan tegangan atau kerusakan pada bagian led mati sehingga rangkaian seri led tidak dapat bekerja. Untuk kerusakan tanpa muncul cahaya sedikitpun pada bagian led ini kerusakan pada inverter.

Mungkin penggantian led lebih baik ganti semuanya daripada ganti satu persatu meskipun ini lebih irit tapi kadang menjadi tidak efektif beberapa hari kemudian bisa kembali ke meja servis.

 Permasalahan tegangan inverter tidak bisa keluar  atau drop bisa diatasi dengan mengganti ic inverter. Namun apabila tidak bisa mengganti ic inverter karena terlalu kecil anda bisa menggunakan rangkaian step up DC to DC. Tersedia di pasaran dengan adjustment tegangan yang anda inginkan. 

Mungkin tulisan ini kurang detail pada bagian tes poin. saya lupa untuk mengecek berapa tegangan yang saya dapatkan pada saat normal dan pada saat rusak. Tapi yang saya ingat pada saat tes poin pada bagian inverter saya mendapati 60 volt pada saat tanpa beban. ketika ada beban sekitar 40 volt lebih. Kurang detail karena hanya menggunakan tester analog,. Tester digital sedang proses,. hehe. 

Demikian semoga bermanfaat!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki TV LED Polytron Tidak ada Gambar Suara Normal (Protek Backlight)"