Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TV samsung 21 inch slim layar separuh bawah normal separuh atas gelap

TV samsung ukuran 21 inch slim layar separuh bawah normal separuh atas gelap

TV Samsung ukuran 21 inch slim gejala kerusakannya yaitu layar separuh bawah normal separuh atas gelap semacam melipat bagian tengah. Hal ini pernah saya tangani dulu namun gejalanya layar yang normal pada bagian atas sedangkan sekarang yang normal setengah kebawah. 

Seperti biasa untuk tv samsung gambar setengah saya berpikir langsung menuju ke ic vertikal. Terlihat secara fisik tidak ada yang mencurigakan untuk diganti dan ternyata tegangan juga normal. 

Tegangan ic vertikal pada TV Samsung ini bersumber dari flyback dan menggunakan sistem simetris. Oleh karena itu saya juga mengecek pada bagian elco tegangan suplai. Tapi normal. Jika dulu permasalahan dengan gejala separuh bawah normal terjadi pada tegangan negatif mengalami drop untuk kali ini tegangan normal. 

Masalah ini mungkin akan lebih rumit lagi ketika semua elko yang ada di blok vertikal telah diganti tapi tidak membuahkan hasil gambar masih separuh bawah normal. 

Lantas apa yang menjadi penyebabnya. Elko pada bagian pump up sampai diganti dua kali masih tetap sama saja. Apakah masalah terjadi pada bagian ic micom. Mungkin. 

Tapi saya baru ingat ada masalah TV china ketika terjadi kerusakan pada sebuah dioda akan mengakibatkan TV satu garis horizontal. 

Dan saya lihat pada bagian blok vertikal TV Samsung ini menggunakan sistem dioda pump up. 

Iseng ganti dioda ini mungkin menjadi permasalahan. Setelah di cek menggunakan ohm meter dioda ini masih normal tidak short. 

Dan ini juga terjadi pada TV china bahwa dioda pump up akan normal jika diukur menggunakan ohm meter. 

Setelah mencoba ganti dioda tersebut TV kembali normal. 

Masalah kerusakan TV Samsung layar setengah bawah normal disebabkan dioda pump. 

Gejala bisa sama tapi kerusakan bisa saja berbeda. Dan ini terbukti antara kerusakan tv samsung layar hanya separuh bisa disebabkan oleh dua hal yang berbeda terutama terjadi pada dioda dimana sebenarnya komponen ini jarang sekali rusak. Kecuali dioda zener. 

Pelajaran yang dapat kita petik adalah jangan pernah menyepelekan dioda meskipun kebanyakan kasus vertikal disebabkan oleh kerusakan pada elco. 

Demikian semoga bermanfaat!!!

www.soldiradem.com

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "TV samsung 21 inch slim layar separuh bawah normal separuh atas gelap"