Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Cara Menghilangkan Suara Jedug Pada Amplifier saat Pertama Dinyalakan

Soldiradem - Suara jedug pada saat pertama ampli menyala juga sangat mengganggu karena pada saat dimatikan juga demikian. Atau suara ini juga berasal dari input penguatan yang sangat sensitif terhadap tegangan. bisa saja sinyal kecil bisa menjadi besar karena diperkuat oleh rangkaian amplifier. untuk itulah anda bisa mengecilkan volume ketika pertama kali menyalakan amplifier. 

Akan tetapi ketika anda masih mendengar suara jedug meskipun volume sudah dalam keadaan kecil mungkin artikel berikut ini menjadi referensi untuk mengatasi suara jedug pada saat amplifier dinyalakan pertama kali. Suara jedug pada amplifier saat pertama kali dinyalakan merupakan suatu arus dc yang mengalir ke speaker. Sehingga mungkin suara jedug ini bisa berbahaya dalam jangka panjang.

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghilangkan suara jedug amplifier pertama kali dihidupkan. 

1. Menggunakan speaker protektor

Cara Menghilangkan Suara Jedug ampli Pada saat Pertama Dinyalakan
speaker protektor

Sekarang telah tersedia produk kita ini di pasaran. Cara kerjanya yaitu ketika amplifier pertama kali dinyalakan relay akan memutus kontak amplifier dan speaker sehingga arus dc akan habis di rangkaian kemudian setelah itu jalur kali normal ketika arus dc telah habis. Akan ada bunyi ceklis tandanya jalur speaker out sedang di putus oleh relay hal inilah yang bisa mencegah suara jedug pada amplifier saat pertama kali dinyalakan. 

2. Menggunakan kapasitor

Cara Menghilangkan Suara Jedug amplifer Pada saat Pertama Dinyalakan
kapasitor 


Menggunakan kapasitor ukuran tertentu 100n-400 n 400v pada input AC 220 yang bisa mencegah lonjakan pada saat pertama kali trafo dinyalakan. Capasitor ini dipasang secara paralel dengan saklar. cara kerjanya saat amplifier belum dinyalakan dari saklar maka kapasitor ini akan bekerja mengisi daya yang kemudian tidak membuat trafo jadi kaget. Hal inilah yang membuat jedug pada amplifier pada saat pertama kali dinyalakan tidak terdengar karena trafo sudah terhubung. Kelemahan dari cara ini adalah power supply sebenarnya tidak benar benar mati karena terdapat penghubung dengan kapasitor. 

Selain gambar diatas ada cara lain yaitu bukan di paralel dengan saklar tetapi di paralel dengan input ac 220

menghilangkan suara jedug pada amplifier pertama dihidupkan

Capasitor bekerja ketika saklar on/off di sambung. jadi rangkaian ini mungkin kada tidak begitu efektif tetapi ada juga yang berhasil. anda bisa mencoba coba menyesuaikan kondisi trafo yang dimiliki. 

3. Menggunakan soft start yang ada di pasaran

Cara Menghilangkan Suara Jedug ampli Pada saat Pertama Dinyalakan
soft start

Anti jedug ini juga bisa dijadikan soft start jika meter listrik anda berdaya kecil. Karena rangkaian ini menganut pengisian daya pada kapasitor sehingga tidak mengakibatkan get pada mcb rumah. Dan cara ini juga efektif untuk menghilangkan suara jedug amplifier. cara kerjanya juga hampir mirip dengan cara menggunakan kapasitor. 

4. Menambah kapasitas elco power suplay 

elko power suplai amplifier
Elko power suplai 

Dalam percobaan yang saya lakukan memang elco ini bisa membuat suara jedug bisa redam. dengan catatan apabila daya power supply dan elco dalam keadaan seimbang. 

Misalnya menggunakan trafo 5 ampere dengan elco 4 buah berukuran 10.000 uf. maka arus akan mengisi kepada elco dalam jangka waktu tertentu sehingga efek kejut tidak sampai kepada amplifier. Begitulah logika sederhananya. akan tetapi jika menggunakan lebih dari arus 10 ampere berarti pengisian daya elco akan lebih cepat sehingga lonjakan atau kejut tegangan ini akan sampai di rangkaian amplifier yang akibatnya masih akan terdengar jedug pada saat pertama kali dinyalakan. 

BACA JUGA:  cara menghilangkan suara dengung dan nois pada amplifier

Hal terbaik yang bisa anda lakukan jika merakit amplifier dengan daya besar adalah menggunakan speaker protektor. karena speaker protektor bekerja dengan menunda jalur out speaker di putus sementara sehingga pada saat pertama kali amplifier dinyalakan maka speaker jelas tidak akan berdampak. 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "4 Cara Menghilangkan Suara Jedug Pada Amplifier saat Pertama Dinyalakan"