Kerusakan TV SHARP flat Mati Total Setelah panas

Kerusakan TV SHARP flat Mati Total Setelah panas

Sharp 21” flat biasa dengan power supply STR-W6754 mengalami masalah mati total dan lampu indikator LED warna merah tidak nyala. Ini adalah penyakit primer power supply. yang artinya terjadi masalah bukan disebabkan oleh TV SHARP protek

Kerusakan ini biasanya rusak pada ic STR-W6754 tidak bekerja secara maksimal, entah ic yang setengah mati atau terjadi kerusakan pada bagian komponen pendukung. 

mari kita pecah kan kerusakan tv sharp mati total setelah tv panas atau sekitar nyala 1-2 jam tv langsung mati total. 

Pertama kita akan melakukan visual check pada beberapa komponen penting. Terutama resistor, pastikan tidak ada resistor pada bagian primer masih dalam keadaan bagus tidak ada yang terbakar. untuk itu penting membersihkan mainboard jika kotor. 

Kerusakan tv sharp mati total setelah panas seringkali disebabkan oleh kerusakan pada STR-W6754 (STR W6753), sehingga penggantian komponen ini sangat penting dilakukan setelah memastikan bahwa komponen pendukung tidak ada yang mencurigakan seperti terbakar dan kapasitor yang mengembung . 

Selain itu, juga perlu dilakukan visual cek pada beberapa komponen lainnya, seperti Photocoupler, SE-130, elco, dan dua buah resistor 1 watt dengan nilai dibawah 1 ohm yang terpasang parallel. Pastikan semua komponen tersebut sudah diganti dengan yang baru.

Saat melakukan cek visual, perhatian harus diberikan pada R704 yang terhubung dengan kaki pin-7 STRW. Jika warnanya agak lain dan kode warna seperti sudah luntur, sebaiknya dilakukan cek pakai ohm meter untuk memastikan. Jika nilai masih nyambung dengan sekitar 500 ohm, sedangkan nilai aslinya hanya 100 ohm, maka penggantian resistor perlu dilakukan.

Setelah semua komponen yang rusak diganti dengan yang baru, lakukan running test selama beberapa jam untuk memastikan bahwa TV Sharp 21” flat sudah normal kembali dan tidak akan mati total setelah panas.

Baca juga: Cara servis tv mati total

Dalam melakukan reparasi seperti ini, visual cek secara teliti seringkali dapat membantu dalam menemukan kerusakan langsung tanpa perlu melakukan analisa yang melelahkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam visual cek adalah adanya elco yang kembung, solderan retak atau solderan yang overheat, komponen yang overheat atau gosong, dan adanya kotoran pada board sisi atas. Pemakaian bantuan lampu penerangan yang cukup dan kaca pembesar sangat membantu dalam melakukan visual check.

Dengan melakukan visual check yang teliti, diharapkan dapat membantu dalam menyelesaikan kerusakan tv sharp mati total setelah nyala 1-2 jam. atau dengan bahasa lain tv SHARP mati setelah panas. 

Caca juga: servis tv sharp universe 14u25 mati total

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Kerusakan TV SHARP flat Mati Total Setelah panas"