Cara Memperbaiki Amplifier Toa ZA-2120 suara Serak Transistor C5198

Cara Memperbaiki Amplifier Toa ZA-2120 suara Serak  - Amplifier Toa ZA-2120 merupakan perangkat audio yang sering digunakan di berbagai tempat seperti sekolah, masjid, mushola, dan tempat-tempat umum lainnya. Namun, terkadang masalah dapat terjadi pada perangkat ini, salah satunya adalah suara serak atau kurang jelas. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna yang ingin mendengarkan suara yang jernih dan jelas. 

Namun, jangan khawatir, masalah suara serak pada amplifier Toa ZA-2120 bisa diatasi dengan mudah dengan beberapa langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Amplifier Toa ZA-2120 suara Serak 

Cara Memperbaiki Amplifier Toa ZA-2120 suara Serak

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa tegangan power supply pada perangkat. Pastikan bahwa tegangan yang dihasilkan 30v tidak drop, karena suara serak pada perangkat dapat disebabkan oleh tegangan yang drop. Jika ditemukan penurunan tegangan, maka harus segera diperbaiki dengan mengganti komponen yang rusak pada power supply terutama elco. Nemun sebelum memutuskan kerusakan pada power suply, memastikan beban pada terutama blok amplifier tidak ada yang short. untuk itu lanjutkan skip dulu dan lanjut ke langkah berikutnya. 

Setelah memastikan bahwa tegangan power supply tidak bermasalah, langkah selanjutnya adalah memeriksa tegangan yang sampai pada kaki transistor C5198. Pastikan bahwa tegangan kolektor transistor C5198 sebesar 30 volt, karena jika tegangan tersebut tidak mencapai 30 volt maka suara yang dihasilkan akan serak. 

Ampilfier toa za-2120 menggunakan satu jenis NPN yaitu tipe c5198, urutan kaki BCE

Selanjutnya, periksa tegangan basis masing-masing transistor C5198 yaitu 0,5 volt -1 volt. Jika ada tegangan basis yang drop di bawah 0,5 volt, pada bagian transistor C5198 tersebut segera lakukan pengecekan. Dan pastikan tegangan seimbang di antara 4 transistor C5198 yang ada. 

Baca juga ciri transistor final rusak dan cara cek transistor 

Langkah berikutnya adalah memeriksa transistor C5198 yang terhubung dengan basis yang drop tersebut. Suara serak pada amplifier Toa ZA-2120 sering disebabkan oleh tegangan basis yang drop dan juga transistor C5198 yang jebol. Oleh karena itu, pastikan tegangan basis transistor C5198 tidak kurang dari 0,5 volt dan tidak melebihi 1 volt DC. Jika tegangan basis terlalu rendah atau terlalu tinggi, suara yang dihasilkan akan serak atau jika over transistor C5198 akan mudah panas dan akhirnya jebol.

Dalam melakukan perbaikan pada amplifier Toa ZA-2120, pastikan juga bahwa perangkat sudah dalam keadaan mati dan terputus dari sumber listrik. Jangan lupa untuk menggunakan alat-alat yang tepat dan sudah teruji, serta mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati.

Demikianlah cara memperbaiki amplifier Toa ZA-2120 suara serak. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memperbaiki amplifier Toa ZA-2120 dengan mudah dan menghasilkan suara yang jernih dan jelas kembali. 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Amplifier Toa ZA-2120 suara Serak Transistor C5198"