Skema Amplifier Satu Transistor Mudah Dirakit

Penguat Audio dengan Satu Transistor - Dalam proyek elektronik ini, kita akan membuat sebuah penguat audio sederhana dengan menggunakan transistor tunggal untuk menggerakkan speaker audio dan menghasilkan suara yang cukup besar. Ini adalah jenis dasar dari rangkaian penguat daya Kelas A dengan masukan DC 3,7-12V dan menggunakan komponen minimum. Mari kita buat.

Penguat Audio dengan Satu Transistor
Penguat Audio dengan Satu Transistor

Daftar Komponen

Berikut adalah komponen-komponen yang diperlukan untuk proyek ini.

  • Q1: Power Transistor =  C5200, 
  • LS1: Speaker =5-10W
  • R1: Resistor =1KΩ
  • C1: Non-polar Capacitor = 0.1uF
  • C2: Polar Capacitor = 47uF 25V
  • C3: Polar Capacitor = 4.7uF 50V
  • DC Power Supply = 3.7-12V

Penjelasan Rangkaian

Rangkaian amplifier ini dibangun menggunakan satu Transistor, Resistor, dan Kapasitor. Transistor berfungsi sebagai penguat dengan menguatkan sinyal masukan audio. Ini adalah penguat daya Kelas A.

Ketika tegangan bias DC diterapkan melintasi junction Emitter-Base (VEB) transistor, transistor tetap dalam kondisi forward-biased yang dapat dipertahankan terlepas dari polaritas sinyal audio rendah. Jadi, transistor selalu dibiaskan dalam keadaan ON. Dengan demikian, selama siklus lengkap sinyal masukan audio, transistor menghasilkan distorsi minimum pada amplitudo maksimum sinyal keluaran audio, dan kita mendengar audio/musik yang keras dari speaker audio.

Penjelasan Kerja Speaker Audio.

Transistor harus memiliki arus kolektor (IC) yang tinggi. Saya menggunakan transistor tipe N TIP3055 untuk penguat ini, ini adalah transistor daya 70V dengan arus kolektor 15A.

Anda dapat menggunakan salah satu dari ini: TIP31C, TIP3055, TIP41C, D718, BLD123D, C5200, MJE13007, C2625, dll.

Konfigurasi pin pada BEBERAPA transistor mungkin berbeda dengan TIP3055, periksa konfigurasi pin sebelum menggunakannya dalam rangkaian. Wajib menyambungkan heatsink aluminium besar dengan transistor untuk mengakomodasi pelepasan panas!

Baca juga: rangkaian amplifier class a dengan satu jenis transistor 2n3055

Resistor R1 digunakan sebagai resistor basis yang memberikan arus basis yang cukup untuk menggerakkan transistor pada titik jenuh.

Kapasitor C1 digunakan untuk pembatalan kebisingan dan meningkatkan penguatan audio.

Kapasitor C2 digunakan untuk mengisolasi basis transistor dengan sumber pasokan masukan agar tegangan atau arus basis tidak mempengaruhi sumber masukan audio. Selain itu, itu memblokir DC dan hanya melewatkan AC dari masukan audio.

Kapasitor C3 digunakan untuk meningkatkan Bass audio dan kualitas audio speaker.

Penguat ini dapat menggerakkan speaker 🔈 5W hingga 10W (saya menggunakan Speaker 5W 8Ω).

Tegangan masukan yang digunakan dalam penguat audio ini adalah DC 3,7V hingga 12V, dan konektor Jack 3,5mm Stereo 3 Pola Laki-laki (Koneksi pin sesuai dengan diagram) digunakan untuk dicolokkan ke jack betina perangkat sumber audio.

Efisiensi keseluruhan dari rangkaian penguat memiliki beberapa kelemahan utama. Seperti yang Anda ketahui, rangkaian ini adalah konstruksi dasar dari penguat Kelas A, hampir sejumlah besar arus hilang sebagai pelepasan panas melintasi transistor. Juga kualitas suara yang dihasilkan cukup baik.

Baca juga: cara membuat amplifier mini tda 2003 mudah

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Skema Amplifier Satu Transistor Mudah Dirakit"