Widget HTML #1

Skema OCL 140 Watt HiFi Review Karakter Respon

Soldiradem blog - Driver amplifier 140 watt merupakan jenis amplifier yang melalui dua tahap penguatan. Tahap awal memanfaatkan operational amplifier (op-amp) TL072 sebagai bagian dari penguatan awal. Tahap kedua mengandalkan transistor TIP sebagai driver. Pada tahap akhir, amplifier menggunakan konfigurasi keluaran kolektor, berbeda dari beberapa amplifier lain yang menggunakan konfigurasi keluaran emitor.

Skema OCL 140 Watt HiFi Review Karakter Respon

Keuntungan dari konfigurasi keluaran kolektor pada tahap akhir amplifier bergantung pada desain dan tujuan amplifier itu sendiri, seperti kestabilan, daya keluaran, atau karakteristik lainnya.

Transistor NPN beroperasi pada tegangan negatif, sementara transistor PNP pada tegangan positif. Tegangan bias diambil dari kaki kolektor transistor driver.

Driver ocl 140 watt dapat menghasilkan panas yang signifikan pada tegangan tinggi, sehingga resistor yang digunakan dalam rangkaian harus memiliki daya 2 watt, terutama pada transistor driver dan transistor final.

Pada penggunaan 58 volt DC, perlu modifikasi untuk menjaga keamanan IC dengan memasang pembatas tegangan menggunakan resistor 2 watt yang lebih besar dari 1k ohm.

Sistem penguatan pertama menggunakan op-amp memiliki beberapa kelebihan seperti gain tinggi, impedansi input yang tinggi, serta stabilitas operasi yang sederhana. Namun, rendahnya Total Harmonic Distortion (THD) bukanlah keunggulan utamanya. THD yang rendah biasanya terkait dengan desain yang teliti dan komponen yang dipilih dengan baik.

Amplifier 140 watt ini, meski memiliki THD rendah pada 100 Hz dengan nilai 0,005%, mengalami kenaikan THD pada 1 kHz menjadi 0,032% dan mencapai 1,3% pada 10 kHz, Sehingga menjadikannya kelas low entry. Bukan lagi Hifi amplfier.

Pada titik clip, amplifier dapat menghasilkan 183 watt dengan THD 0,5% dari sinyal sinus CLIP yang normal. 

Skema ocl 140 watt ini terjadi distorsi pada sinyal sinus pada 10 kHz yang mungkin mengurangi kejernihan pada nada tinggi. Mungkin karena Filter input menggunakan kapasitor 4,7 uF untuk memfilter frekuensi rendah. Percobaan mengganti filter input dengan kapasitor 100n tidak berhasil menekan THD yang tetap sekitar 1,5% dengan daya 140 watt.

Uji simulasi pada driver ocl 140 watt menggunakan beban 8 ohm. sehingga ketika mengunakan beban 4 ohm mungkin bisa mencapai 250 watt lebih. 

Amplifier ini mungkin cocok untuk penggunaan rumahan yang membutuhkan sensitivitas frekuensi rendah dengan kualitas distorsi rendah pada 1 khz kebawah. Tapi menurut saya pribadi amplfier ini cukup jernih dan memiliki kejelasan lebih baik daripada ocl 150 watt. Karena untuk frekuensi tinggi, THD yang dihasilkan dari perhitungan simulasi mungkin berbeda dengan persepsi telinga.

Jadi amplifer ini bisa dikatakan amplfier hifi class pasaran yang saat ini beredar dengan kualitas baik daripada yang lain. Amplifer yang murah namun memiliki kualitas yang lumayan dengan didukung power suplai yang memiliki daya mumpuni. 

Itulah informasi mengenai driver amplifier OCL 140 watt. Semoga bermanfaat!

Baca juga: skema amplfier class a HIFI

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Skema OCL 140 Watt HiFi Review Karakter Respon "