Cara Memperbaiki Megic com yang Konslet

Ketika Anda menemui masalah dengan magic com ketika dicolokkan ke listrik langsung jegleg, kemungkinan terjadi konsleting pada komponen magic com. Jadi, jangan diteruskan sebelum semuanya terbakar karena itu sangat berbahaya.

Cara Memperbaiki Megic com yang Konslet

Mungkin beberapa orang juga mengalami masalah yang sama dengan magic com mereka. Hal ini juga bisa menjadi perhatian sebelum menggunakan magic com tersebut lebih lanjut.

Kali ini saya akan menuliskan tentang magic com dengan permasalahan umum yang sering membahayakan pengguna, salah satunya adalah konsleting pada magic com. Konsleting ini biasanya disebabkan oleh beberapa penyebab antara lain:

Cara Memperbaiki Megic com yang Konslet

1. Konsleting pada magic com bisa disebabkan oleh komponen kabel AC 220V yang meleleh dan kadang dimakan tikus sehingga dua inti kabel terhubung singkat.

Cara Memperbaiki Megic com yang Konslet

2. Komponen magic com basah ketika dinyalakan sehingga terjadi hubung singkat ketika komponen dialiri tegangan tinggi.

3. Magic com kotor. Magic com yang mengandung air akan menimbulkan konduktivitas sehingga ketika arus melewati jalur, akan terhubung dengan jalur lainnya sehingga magic com bisa konsleting.

4. Kerusakan pada komponen pemanas. Kerusakan pada elemen yang sudah usang bisa menjadi penyebab magic com konsleting. Biasanya pada bagian elemen sudah bersentuhan langsung dengan bodi sehingga terjadi konsleting dan kadang bodi meleleh.

Mari kita temukan solusi untuk magic com yang konsleting.

Pertama-tama, kita cek pada kabel AC, pastikan bahwa dalam keadaan baik. Jangan sampai ada bekas terbakar dan kabel yang terkelupas agar magic com tetap aman digunakan.

Kemudian cek pada bagian panel lampu karena beberapa kejadian konsleting berasal dari PCB. Bersihkan bagian tersebut karena jika ada kotoran pada PCB, itu akan menumbkan konduktor, jadi bersihkan.

Jika semua benar sudah dicek, kemungkinan ada kerusakan elemen, entah itu disebabkan oleh elemen pemanas atau elemen cook. Untuk ini, harus menggunakan multitester agar tidak salah diagnosis. Normalnya, elemen akan memiliki hambatan. Jika menunjukkan 0 ohm, maka bisa dipastikan elemen dalam keadaan konslet.

Demikian cara memperbaiki magic com yang konsleting, semoga bermanfaat!

Baca juga: cara memperbaiki mejikom nasi cepat basi

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.