Bagaimana Cara Memperbaiki Mejikom Nasi Cepat Basi?


mejikom nasi cepat basi

Keluhan para pengguna penanak nasi ricecooker/mejikom dan mejijer mengalami keadaan nasi cepat basi karena nasi berbau dan berair.

Tentu tidak serta merta penyebabnya adalah ricecooker itu sendiri, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas nasi yang ada di dalam ricecooker.

Faktor penyebab

Cara memasak yang salah, misalnya teralu banyak air sehingga nasi telalu basah, sehingga apabila sirkulasi kurang memadai maka air akan tertahan di dalam ricecooker.

Penutup ricecooker sudah longgar, sehingga udara mudah masuk. Hal ini akan mengakibatkan micro organisme akan berkembang mengakibatkan nasi jadi cepat basi. 

Ricecooker telah di disign mulai dari sirkulasi uap keluar dari satu ventilasi dan juga pada bagian karet samping agar uap tidak keluar dari samping.

Elemen sudah tidak bekerja pada salah satu bagian.

Mengetahui sedikit tentang Kerja ricecooker sederhana

Untuk memperbaiki tentunya perlu anda ketahui adalah prinsip kerja pada rice cooker, sehingga anda dapat memperbaiki ricecooker dengan jenis kerusakan apapun.

Prinsip kerja pada perangkat penanak nasi pada dasarnya sederhana saja. Ricecooker menggunakan sistim pemanas elektronik atau sering disebut dengan elemen pemanas/heater.

Pada perangkat ricecooker atau mejikom, menggunakan tiga pemanas sekaligus pada satu perangkat.

Letek dari komponen heater tersebut yaitu pada bagian dasar mejikom, pada samping memutar dan pada penutup mejikom.

Jika salah satu mati maka menyebabkan perangkat akan mengalami masalah seperti nasi berbau basi, nasi berair, bahkan nasi tidak bisa hangat.

Bagaimana Cara Memperbaiki Mejikom Nasi Cepat Basi?

Jika nasi mengalami nasi cepat basi bisa saja pada bagian pemanas samping panas kurang maksimal sehingga nasi menjadi tidak tahan lama.

Pada bagian elemen perlu dicek dengan cara menyalakan perangkat mejikom dengan keadaan tidak di beri nasi. Lalu sentuh pada bagian samping dan pada penutup mejikom. Jika pada kedua bagian tersebut tidak panas, maka kerusakan terjadi pada elemen tersebut.

Kerusakan pada elemen bagian tutup mejikom menyebabkan nasi cepat berbau dan berair karena air tidak dapat menguap jika elemen pada tutup megikom mengalami kerusakan.

 Jika anda mengalami maslah tersebut, segera ganti pada bagian elemen penutup mejikom masalah akan teratasi.

Jika pada bagian tutup panas normal maka bisa jadi kerusakan pada sistem termostate.

Thermostate ini berguna sebagai fuse sekaligus sebagai penytabil panas pada suhu yang ditetetapkan. Jika kerusakan terjadi pada thermostate ini biasanya mengalami kerusakan dengan gejala mejikom mati total, mejikom mengalami nasi cepat bau dan berir.

Menyalakan mejikom dalam keadaan tidak diberi nasi beberapa saat saja. Kemudian menyentuh pada bagian samping dalam, dan pada bagian penutup mejikom.

Jika keduanya normal maka kemungkinan terjadi kerusakan pada thermostate. Namun sebelum itu perlu memeriksa sistem sirkulasi udara pada bagian tutup megikom.

Jika sirkulasi terhambat maka kerusakan akan terjadi seperti nasi akan cepat berbau. Oleh sebab itu periksa sirkulasi udara juga penting sebelum menuju komponen.

Ow ya hampir lupa, pastikan sebelum mengecekpada perangkat mejikom pastikan bahwa saklar mode pada posisi warm. Sehingga pada elemen warm lah yang bekerja bukan elemen pemasak/ cook mode.

Jika anda salah paham maka elemen warm tidak bekerja. Ketik disentuh pada bagian samping pans namun ternyata yang bekerja bukan sistem warm namun pada elemen cook. Sehingga perlu dicermati. Agar tidak salah memfonis elemen rusak.  
Demikian Semoga bermanfaat.

Baca juga:Cara memeperbaiki berbagai kerusakan ricecooker


0 Response to "Bagaimana Cara Memperbaiki Mejikom Nasi Cepat Basi?"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel