10 Masalah Kerusakan Regulator Tv Short

10 Masalah Kerusakan Regulator Tv Short

SOLDIRADEM BLOG - Keluhan dari user adalah ketika TV di hidupkan, MCB spedo meter PLN di rumah langsung anjlok!, meski sudah digunakan inverator dan tidak biasanya seperti ini " begitu kata si pemilik TV tersebut. Lantas saya berkata pada si pemilik TV tersebut pak ini bermasalah pada power suplay TV terjadi short atau lebih tepatnya konslet.

berbagai macam kerusakan Ac matic regulator tv
Saat Itu juga saya buka casing TV tersebut dengan sangat hati -hati. Elah dalah ternyata saat saya buka mesin yang ada di dalam adalah jenis mesin TV Wecom. Padahal mereknya Politron. Kata user memang sudah pernah di ganti mesin. Pantas saja di dalamnya namapak si mbah wecom.

Berikut ini langkah yang saya lakukan ketika menangani power suplay alias AC-Matic atau ragulator yang bermasalah tersebut, saya shere kepada anda.

1. Bisa jadi kabel AC 220 di makan tikus,sehingga terjadi arus pendek pada bagian yang terkelupas. Tentu masalah ini sepele tapi harus menjadi perhatian kita sebelum melihat Kerusakan lebih jauh ke dalam chasis.

2. Setelah kabel stekernya dirasa baik maka muski kita tahu bahwa yang menyebabkan sperti itu bisa di prediksi pada blog AC-Matik. Untuk itu kita harus mencopot demper AC-Matic yang berupa STR maupun transistor. Periksa apakah masih bagus atau short. Short pada demper banyak terjadi pada TV dengan chasis yang sudah di ganti dengan Wecom dan sejenisnya. Mesin Cina memang sangat riskan terkena short demper karena sistim kerjanya yang sangat panas.

3. Apabila sudah dicek transistor demper / FET masih normal bisa jadi posistor pada sistim dgausing tabung short. Ini  juga sering pada cina Mesin wecom. Posistor bekerja seperti sebuah rilay, jadi ketika Posistor ini tidak bekerja dengan baik maka akan terjadi short pada DC 400 Volt. Kerusakan akan terlihat komponen ini biasanya seperti terbakar. Kerusakan posistor akan terjadi jika di sebabkan oleh listrik di rumah anda sering jeglek Saat TV di hidupkan, lebih tepatnya lagi listrik yang anda gunakan tidak stabil.

4. Capsitor yang terhubung dengan colektor demper short. Hal ini akan berdampak pada demper short juga. Bisa di yakini bahwa ini sering terjadi pada Capsitor berwarna biru yang menghubungkan colektor dengan lilitan trafo. Sehingga jika capasitor biru tersebut short maka colektor akan menjadi mudah panas dan selang beberapa detik akan meledak.

5. Transistor driver bisa juga jadi penyebab dari masalah ini. Pada Saat TR ini tidak bisa bekerja maka otomatis TV mati total. Tapi jika TR ini short maka bisa jadi TR demper terkena imbasnya, maka terjadillah short.

6. Trafo switching short akan menyebabkan demper jebol dan juga komponen lainya yang lain ikut short. Jika ini memang terjadi maka harus membeli Kit multi regulator. Karena memang jika Kerusakan sefatal itu akan memakan banyak waktu dan Tentu kita rugi waktu jika menyervis AC-Matic Kerusakan fatal. Jadi saya menyarankan kepada anda agar mengganti dengan multi ragulator (KIT AC-Matick).

dioda bisa menjadi penyebab kerusakan regulator tv short
dioda bridge

7. Dioda yang terhubung langsung dengan AC 220 Volt. Dioda ini berukuran   4148d sistim bridge sebagai penyearah tegangan AC menjadi DC. Hal ini paling sederhana tapi bisa mungkin bisa jadi hanya ini penyebabnya.

8. Capasitor starter yang terhubung dengan dua arus AC sebelum menuju dioda . Bila di Mesin cina Wecom Capasitor ini berwarna kuning. Terletak di dekat soket penghubung 220 Volt AC. 

9. Transistor horizontal yaang short menghantam AC-Matic. Hal ini meski lebih menjadi perhatian jika tak ingin kehilangan demper baru. Sebelum di nyalakan anda harus cek TR horizntal terlebih dahulu.
10. Kotoran juga bisa menjadikan short sirkuit. Jadi sebelum anda mulai servis lebih baik di bersihkan terlebih dahulu.
Kerusakan pada AC-Matic mungkin masih banyak lagi.  Lebih dari yang saya sebutkan di atas apakah masih ada yang lainya jika iya bisa di postkan di komentar nanti kita bahas bersama.
Itu sedikit pengalaman saya menemui Kerusakan yang terjadi pada AC-Matic.

Wabiltaufikwalhidayah,wasalamualaikum warohmatulloh wabarokatuh. Salam jumpa di Kerusakan yang lainya.
"Good luck!!"
Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.

8 komentar untuk "10 Masalah Kerusakan Regulator Tv Short"

Unknown 28 Agustus 2018 pukul 04.21 Hapus Komentar
Saya punya tv sharp tabung 21 inc ketika di colok ncb mati
Muhlisun TMG 28 Agustus 2018 pukul 09.35 Hapus Komentar
sebenarnya pertanyaanya tidak secara spesifik sehingga saya bingung cara menjelaskanya.
tv tabung sharp biasanya pada bagian power suplay menggunakan STR. saya sering mengalami bahwa ketika dicolokan ke listrik mcb langsung anjlok str short. namun juga kadang diakibatkan oleh kerusakan pada blog horizontal. mislanya transistor horizontal short.
kurnia 17 September 2018 pukul 20.42 Hapus Komentar
Penjelasannya baik tapi belum lengkap karena tidak disertai gmbar, saya orang awam istilah2 yg anda paparkan misalnya demper, ac matic, posistor dll, yang terhubung dgn blok primer atau apalah. karena tidak semua yg membaca tulisan anda adalah orang elektro tv.
kurnia 17 September 2018 pukul 20.58 Hapus Komentar
saya punya tv wecom, matot, sudah cek semua komponen oke2 saja(tidak ada yang hangus) tapi 2 kali ganti sekring putus semua+jeglek. langkah2 untuk perbaikan gmn mas? trima kasih
Unknown 24 November 2018 pukul 19.59 Hapus Komentar
Komponen regulator ok semua..tp sekring tetap putus.tr pun rusak..ganti rusak lagi..sampai saat ini belum ada yg bisa menjelaskan dimana kerusakkannya..yyg taunya ganti dgn gacun..apakah komponen di regulator harus d gagnti semua..krn kalo d cek 1per1 bagus smua..adakah yg bs menemukannya?
Unknown 1 Desember 2018 pukul 09.52 Hapus Komentar
Om Solderman tv sya sharp 14 in terdengar suara mencuit dari swicing str short terus minta masukanya omm
Unknown 11 Desember 2018 pukul 07.27 Hapus Komentar
Kalau layar tv goyang yang rusak apanya?
Unknown 5 Desember 2022 pukul 09.33 Hapus Komentar
Tv saya polytron yg kalo dicolokkan maka listrik ikutan jeglek. Penyebabnya apa ya.