5 Hal Yang Perlu Di Persiapkan Sebelum Servis Televisi

alat dan keselamatan kerja saat memperbaiki elektro

SOLDIRADEM BLOG - Mempersiapkan segala sesuatu sebelum bekerja tentu sangat penting, terutama dalam reparasi pesawat televisi. Persiapan kadang terlupakan oleh seorang tukang servis elektronik, Padahal persiapan dalam reparasi, sangat penting. Persiapan sangat berpengaruh terhadap hasil dari kerja kita, terutama pada persiapan keamanan (perlindungan).

Berikut ini saya shere kebiasaan yang sering saya lakukan dalam hal persiapan sebelum servis elektronik berupa pesawat televisi.

5 hal yang Meski Dipersiapkan Sebelum Servis TV

1. Cleaner

Hal pertama yang harus di lakukan adalah cleaner atau pembersihan kepada seluruh chasis dan chasing dari debu yang menempel menggunakan kuas. Pembersihan sangat penting, siapa tau setelah di bersihkan mesin mau hidup terlebih setelah komponen bersih biasanya akan nampak komponen secara fisik dan ini sangat membantu ketika ada kejanggalan bentuk suatu komponen, mislnya resistor terbakar, elco pecah dan lain sebagainya. Bila terlalu kotor maka diperlukan cleaner service atau bisa menggunakan tiner B, hal ini bertujuan melunturkan kotoran,kerak yang terdapat di kaki parts dapat hilang sehingga akan terlihat kaki komponen biasanya ada yang karatan dan patah.

2. Fuse

Persiapan selanjutnya yaitu fuse. Sebagai proteksion terhadap short fatal. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam proteksion di bagian blog-blog  chasis,terutama pada high voltase.
Berikut ini yang perlu di perhatikan dalam hal proteksion:

A. Pada Blog AC-MATIC
Pada bagian ini biasanya saya sering mengganti fuse bawaan asli TV diganti dengan satu serabut kabel kecil. Hal ini bertujuan agar ketika terjadi short pada bagian AC-MATIC maka fuse ini akan memutus arus AC sehingga tidak merambat ke bagian lain. Atau bisa juga menggunakan MCB khusus untuk servis TV yang dayanya kecil semisal 10 A.

B. HOT(Blog Horizontal)
Apabila tidak terjadi kerusakan yang berhubungan dengan blog horizontal maka bisa diabaikan dalam hal ini. Pencopotan demper horisontal ini bertujuan untuk mencegah bekerjana tegangan tinggi pada flyback. Ini menjadi perhatian khusus pemula agar tidak mengabaikan tegangan tinggi yang memancarkan 25.000 KV. Ini akan sangat mematikan untuk manusia.untuk lebih amannya biasanya menggunakan lampu dop sebagai pengaman ketika ada masalah di bagian horizontal

3. Pengamatan

Hal ini tak kalah penting dalam persiapan sebelum servis televisi. Pengamatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang sepele misalnya kerusakan yang hanya di sebabkan solderan retak,dan melihat adanya sepereparts yang terbakar,patah kaki,meledak,dll. Ketika anda servis hal ini tentu jangan sampai terlewatkan. Kelihatan sepele tapi ini yang sering kita di buat bingung. Sudah oprek sana oprek sini eh ternyata hanya timah solderan retak. INGAT YA!!!!

4. Semangat

Pondasi dari bekerja adalah rasa semangat sehingga konsentrasi terhadap permasalahan yang sedang di hadapi. Jika tidak semangat maka jangan menghadapi permasalahan yang sangat rumit,ini akan membuat pekerjaan servis televisi berantakan bahkan kerusakan bisa tambah parah. Maka dari itu semangat, niat, sabar itu akan menjadi kunci sukses dalam reparasi televisi atau perangkat elektronik yang lainnya.

5. Pertimbangan

Pertimbangan dalam hal resiko. Jika servis televisi resikonya lebih besar dari hasilnya maka anda harus mempertimbangkannya, sehingga tidak terjadi kerugian di pihak anda. Memang resiko dalam servis televisi kadang tak terduga ketika kita sudah setengah perjalanan.  Jika tidak memikirkan hal
pertimbangan maka anda bisa mengkorfirmasikan kepada user televisi bagaimana resikonya sehingga tidak terkena 'tercamar nama baik’.

Itulah 5 hal yang menjadi persiapan sebelum servis televisi. Artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi,jika ada pendapat lain mengenai topik ini maka postkan di komentar.

0 Response to "5 Hal Yang Perlu Di Persiapkan Sebelum Servis Televisi"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel