Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Merawat Tv Agar Awet untuk jenis TV LED LCD Tabung

5 Tips Merawat Tv Agar Awet TV LED LCD Tabung
5 Tips Merawat Tv Agar Awet untuk jenis TV LED LCD Tabung

Cara merawat tv agar awet
- Penggunaan perangkat tv dengan baik dan benar bisa dipastikan dapat menghemat daya sekaligus mencegah perangkat tv dari kerusakan. Maka dari itu kita meski mengetahui bagaimana cara merawat tv dengan baik dan benar. 

Berbagai macam model tv membutuhkan perawatan. Terutama tv LED/LCD  yang rawan sekali rusak. Tentu perawatan tv led lebih hati-hati daripada perawatan tv tabung. TV LED cenderung sensitif terhadap berbagai gangguan dari luar misalnya air, kelembapan, guncangan, dan faktor lain. 

5 Tips Merawat Tv Agar Awet

Berikut ini bisa anda lakukan untuk melakukan hal sederhana agar tv tetap awet. Meskipun ini hanya langkah sederhana terkadang kerusakan berasal dari hal-hal yang sederhana yang ceroboh sering kita lakukan. 

1. Instalasi Listrik

Pertama yang harus di perhatikan adalah instalasi listrik. Instalasi listrik yang saya maksud di sini adalah straker, yang harus benar penempatannya. Usahakan pilih terminal yang SNI, penghantarnya kuningan dan juga kabelnya juga harus berkualitas.

 Pastikan streker harus benar tidak goyang, karena jika goyang akan menghasilkan percikan api dan akan menjadikan arus jadi tidak stabil ke power suplay. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kinerja BLOG REGULATOR/PSU. 

Jika streker goyah dibiarkan jangka panjang, siap-siap saja keluar masuk bengkel TV. Instalasi jala-jala listrik rumah juga harus diperhatikan, pastikan lulus SLO. Selain demi terhindar dari kebakaran, SLO sangat bermanfaat bagi kesetabilan arus listrik untuk keselamatan perangkat Tv juga. 

Jika MCB anda sering anjlok gunakanlah inverator yang dayanya lebih besar dari TV. Ketika menyalakan TV MCB selalu anjlok dan itu di biarkan terus menerus maka ini juga akan menyebabkan TV cepat mati total.

2. Rajinlah Membersihkan Perangkat TV

Ingatlah untuk selalu membersihkan TV anda, ketika anda bersih-bersih rumah. Perangkat TV mudah sekali menarik debu. Jadi ketika televisi di nyalakan maka dia menarik sesuatu yang bersifat mengandung elektromagnetis seperti kain, meski tempat yang anda gunakan menempatkan TV bersih, tetap saja dalam jangka waktu tertentu di dalam casis televisi tetap ada sesuatu yang menempel jika luarnya tidak sering di bersihkan.

 Bersihkan menggunakan lap sedikit basah untuk membersihkannya. Tapi ingat jangan membersihkan TV ketika streker masih terhubung dengan jala listrik PLN. Maka jabutlah dulu!. Tujuan menggunakan lap sedikit basah ialah agar kotoran menempel pada lap dan tidak akan terbang lagi atau masuk ke dalam mesin Tv.  Hati-hati jangan sampai lap terlalu basah, sehingga menetes ke dalam mesin. Jika terlanjur menetes ke dalam mesin maka jangan nyalakan TV tunggulah sampai kering.

3. Penempatan Perangkat

Penempatan juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan tv. Yang perlu di perhatikan saat penempatan ialah;

- Pastikan alas untuk meletakan tv tidak goyah.

- Jika tv tabung jauhkan dari magnet misalnya speaker. Jika terpaksa ada speaker di dekat Tv, letakan lebih ke belakang.

- Jika rumah tidak ada langit-langitnya pada saat hujan akan terjadi percikan air dari genteng maka berilah penutup atas menggunakan papan. Tujuanya untuk menghindari percikan air tersebut. Untuk menjaga perangkat dari kelembapan
.
- Usahakan jangan meletakan TV di lantai secara langsung. berilah spasi minimal setengah meter.  Hal ini bertujuan menghindari magnet bumi dan juga kelembapan.

4. Jangan Mencabut Kabel RCA Input Terus

Hal ini biasanya karena perangkat tv menggunakan 1 mode AV. Jika hanya menggunakan sistim satu AV Satu di gunakan untuk DVD dan yang satu nya DVB jadi anda akan sering mencabut dan memasang kabel jak RCA. Ini akan berbahaya karena kemungkinan untuk terjadi kesalahan saat pemasangan akan mengancam sistim av mati. Jadi untuk menghindari ini gunakan AV selector. Av selector berfungsi untuk mengatur input yang di gunakan hanya menggunakan saklar tanpa harus mencabut dan memasang kabel RCA.  Biasanya untuk tiga way output one.

5. Matikan TV saat Hujan Ektrim

Saat hujan usahakan TV dicabut dari jala-jala listrik. Ini untuk menjaga TV aman dari sambaran petir. Jika menggunakan antena, cabutlah jak dari TV, kemudian jak jauhkan dari perangkat.  Juga bagi yang menggunakan parabola usahakan jabut konektor kabel parabola dari DVB receiver. Cek apakah aman dari air hujan. Jika perlu tutup menggunakan plastik menghindari kelembapan.

Sebenarnya keawetan sebuah perangkat TV tidak hanya bergantung pada merawatnya saja, tapi juga kualitas produk itu sendiri. Tidak ada salahnya jika anda merawat perangkat TV karena selain menjaga keawetan juga menjaga keselamatan anda dan keluarga. 

Demikian mengenai cara merawat TV agar awet. Sebenarnya tips ini juga berlaku pada semua perangkat elektronik lainya. Semoga bermanfaat ya?

Publish by Soldiradem.com