7 Cara Memperbaiki TV Tabung yang Hilang Suara, Lengkap!

Soldiradem Blog - Kerusakan pada sistem audio bisa mengakibatkan suara tv hilang. Untuk mengembalikannya anda bisa mengikuti artikel ini lebih lanjut. Cara ini bisa anda terapkan pada beberapa merek tv tabung maupun led tv seperti LG, POLYTRON, SAMSUNG, WCOM, CHINA, SHARP, dan masalah tv digital yang mengalami kerusakan tidak ada suara meski gambarnya jernih. Kali ini kita akan membahas lebih sederhana agar anda dapat mengembalikan suara tv yang hilang yang anda miliki. 

cara mengembalikan suara tv yang hilang

Memperbaiki tv tidak ada suara
sangat mudah di telusuri penyebabnya entah itu bagian program maupun sumber suara. Terlepas tidak menguasai elektronika sebenarnya bisa untuk mengembalikan suara tv yang hilang dengan pengetahuan dasar atau penanganan yang sederhana yang bisa dilakukan, misalnya hanya masalah kabel dan kesalahan instalasi sehingga menyebabkan tv tidak mengeluarkan suara. 

Berikut ini saya akan menulis untuk Anda tentang memperbaiki TV yang hilang suara. Mungkin cara yang saya ajarkan di sini cukup sederhana dan mudah-mudahan dapat mengatasi permasalahan yang Anda hadapi.

7 Cara memperbaiki TV Hilang Suara

Cara yang akan saya tulis berikut ini sering saya lakukan saat memperbaiki tv, beberapa terbukti sangat efektif cara mengembalikan suara tv yang hilang entah itu tv tabung maupun led tv. 

Permasalahannya bisa disebabkan oleh kerusakan ic audio tv atau pun hanya komponen yang mendukung kinerja dari sistem audio tv. Karena permasalahannya sangat tidak pasti maka harus menempuh langkah langkah agar bisa berurutan. 
cara memperbaiki tv tabung tidak ada suara

1. Pastikan Input TV 

Mengembalikan suara tv yang hilang terkadang hanya hal sepele dan ada kemungkinan bukan dari dalam mesin tv yang bermasalah. Oleh karena itu, Sebelum anda memutuskan membawa ke bengkel  atau memperbaiki sendiri, sebaiknya periksa bagian program tidak sedang mode mute, Adjusmen volume di 100%/ full. Tanda mute aktif dilayar nampak icon speaker tanda silang yang artinya tv dalam keadaan mute sehingga tidak ada suara tapi gambar normal.

Kemudian setelah memastikan program tidak bermasalah, kita cek pada bagian sumber input tv. Sumber input tv komponen kabel RCA, atau jika anda menggunakan HDMI mungkin ada masalah pada hdmi.

6 Cara Memperbaiki TV yang Hilang Suaranya
jak audio merah dan putih, sedangkan warna kuning adalah input video

Untuk mengetahui Televisi tidak mengalami kerusakan pada bagian audio kita bisa mengeceknya dengan cara menggunakan mode AV. 

Pindahkan tv ke mode AV, Kemudian sentuh lah jak RCA yang bagian warna merah dan putih. Bila terdengar suara /ada respon dari speaker berarti penyebab tv tidak ada suara bukan bagian audio tv tapi sumber input. 

Terkadang beberapa orang tidak memahami mana remot tv mana remot receiver, jika menggunakan receiver atau STB pastikan keduanya tidak dalam keadaan mute dan volume harus sudah dibuka semuanya. Dan ini sering saya temui terutama para lansia yang tidak paham tentang instalasi dan program tv. Misalnya tidak sengaja terpencet tombol mute pada remot akan tetapi tidak sadar yang dipencet itu remot receiver/stv atau remot tv. Akibatnya bingung bagaimana mengembalikan suara tv yang hilang.

Apabila tidak ada kemungkinan disebabkan program kita harus cek keadaan komponen kabel. Kerusakan yang disebabkan oleh kabel input biasanya akan ditandai dengan suara terdengar ada gangguan dengung atau kemresek dari speaker. Untuk mengatasi ini Coba cek RCA dengan cara mengganti dengan kabel baru.

Penggantian RCA  baru bisa mencegah dari kerusakan tv pada bagian ic suara tv. Hal ini sering terjadi pada kabel rca sudah sambungan, jek berkarat dan jek sudah longgar.

Selain jack, terkadang yang bermasalah yaitu pada soket yang sudah berkarat sehingga sinyal audio terhambat oleh karat dan kotoran. Coba bersihkan soket menggunakan amplas pada bagian lubangnya.

Bagi pengguna LED TV yang menggunakan HDMI sebagai input maka cek kabel tersebut bisa jadi dalam keadaan longgar. atau untuk lebih memahami kerusakannya anda bisa menukar ke mode RCA. Ketika mode RCA tidak juga mengeluarkan suara berarti memang terjadi kerusakan atau hanya kesalahan program pada  sumber input tv

Input tv bisa mengakibatkan tv digital hilang suaranya, yaitu ketika mode audio tv digital tidak sesuai dengan audio tv. misalnya audio tv anda mono, karena hanya butuh satu input saja, mode input tertukar antara kiri dan kanan bisa mengakibatkan tv tidak mengeluarkan suara. Untuk lebih jelasnya anda bisa melompat ke akhir artikel ini untuk mengatasi tv digital gambar normal tapi tidak ada suara bagi pengguna STB.

2. Cek Tegangan Jalur Audio

Bila cara di atas belum mengatasi masalah Anda sekarang coba buka casing TV dalam keadaan mati.

Cek bagian amplifier dengan cara, Nyalakan tv dan sentuh input kaki IC power Amplifier. Untuk mengetahui blok suara tv maka anda harus paham letak blok audio tv. Jika salah maka berbahaya. Untuk mudahnya anda bisa mengurutkan jalur dari speaker. setelah ketemu ic anda cari data icnya. kaki nomer berapa pada bagian input. dan itulah yang disentuh

Jika tidak ada respon dari speaker sama sekali saat input disentuh menggunakan jari,  maka cek dulu speaker dengan cara menggunakan Ohm Meter ×1. 

Apabila anda tidak memiliki tester anda bisa menggunakan baterai AA yang dihubungkan ke kedua kutub speaker. jika speaker normal biasanya akan terdengar suara dengung kecil. jika tidak ada respon kemungkinan terjadi kerusakan pada speaker.

Kemudian Cek tegangan power suplai yang jalur blog power Amplifier. Biasanya tegangan berkisar antara 12- 15 Volt DC. 

Jika tegangan dari power tidak ada, maka coba copot beban dari IC power amplifier. Apabila setelah mencopot beban tegangan tumbuh Tegangan dari sebelumnya tidak ada sama sekali ,maka dipastikan power audio short. Tegangan drop dari 12 Volt, maka bisa jadi elco filter dari output regulator kering.

3. Power Audio Masih Normal Tapi Tidak Ada Suara Dari Input

Terdapat dua kemungkinan. Pertama IC control mati dan yang kedua komponen pendukung ada yang mati. Sebagian tv tidak menggunakan ic control seperti di tv lg. artinya sinyal menuju amplifier control langsung dari ic micom.

Cara menanganinya, periksa amati dengan seksama keadaan solderan secara detail bila perlu solder ulang pada kaki mulai dari IC control sampai dengan IC audio. 

Cek elco pembatas input di kaki audio. Cara menyelidiki apakah IC control masih baik atau rusak maka diurutkan, 

Pertama sentuh pada bagian input IC control, untuk mengetahui kaki input bagian audio cari Data Site IC audio tv terlebih dahulu atau lebih simpelnya urutkan dari soket input tv. 

Jika sudah ketemu coba sentuh jika ada respon dari sentuhan ke audio berarti IC control normal.  Tapi jika tidak ada berarti mati. 

Sebenarnya bagi yang menggunakan antena parabola tidak perlu mengganti IC control yang bermasalah. Cukup di jumper dari soket Input audio ke kaki IC power amplifier. 


Untuk pengaturan volume bisa di lakukan dari receiver. Bagi yang masih menggunakan antena maka jika IC control nya yang mati maka harus di ganti.

4. Cek Speaker

Cara Memperbaiki TV yang Hilang Suaranya
speaker yang digunakan di tv tabung

Gejalanya tidak ada respon suara sama sekali dari speaker ketika di berikan Input audio. Ini sedikit rumit ketika anda tidak memiliki alat ukur. Karena tidak ada respon apapun dari speaker bisa disebabkan oleh blok amplfier dan juga speaker. Untuk memastikannya anda harus mengecek bagian speaker terlebih dahulu baru setelah sepaker dalam keadaan normal anda baru mendiaknosa kerusakan pada blok amplifier. 

Bagi anda yang tidak memiliki ohm meter anda bisa memanfaatkan baterai untuk cek speaker. caranya copot speaker dari rangkaian dan coba sambungkan speaker ke baterai. jika speaker normal akan ada suara dari speaker berupa nois atau kemresek. tetapi jika speaker rusak tidak akan ada suara dari speaker. 

Speaker mati sering terjadi pada TV yang menggunakan satu loudspeaker saja sehingga  kerja speaker terlalu berat. Sedangkan yang dua speaker jarang sekali loudspeaker mati. Jika yang menggunakan dua speaker tidak ada suara berarti kemungkinan besar kerusakan terdapat pada blog audio amplifier.

5. Kesimpulan dari langkah memperbaiki TV yang hilang suara ialah

Sebagian dari Anda mungkin mengalami masalah tv tidak mengeluarkan suara. Hal ini dapat disebabkan oleh mute yang diaktifkan, tetapi jika tidak, maka kerusakan mungkin terjadi pada input atau sistem amplifier TV. Untuk memastikan kerusakan, Anda dapat mencoba cara-cara berikut ini:

Bagi pengguna Set-Top Box (STB), periksa volume pada TV dan perangkat STB. Pastikan keduanya tidak dalam mode mute dan memiliki volume yang cukup. Selain itu, coba pindah ke channel lain untuk melihat apakah ada masalah teknis pada stasiun TV tersebut.

Setelah memastikan bahwa volume dan mute tidak menyebabkan masalah, kemungkinan kerusakan berada pada kabel input audio RCA. Untuk mengeceknya, copot kabel jack RCA yang menghubungkan STB ke TV dan sentuh ujung-ujungnya dengan tangan. Jika TV normal, Anda akan mendengar suara dari speaker TV. Namun jika kerusakan terjadi pada TV, suara tidak akan terdengar.

Ketika anda membuka TV amati, sentuh IC power, cek speaker maka anda akan menemukan area mana yang harus di oprek.

Menyentuh pada blog audio memiliki resiko tinggi terhadap tegangan sehingga anda harus teliti dalam menyentuh pada bagian dari mesin tv. 

Agar tv tidak mudah rusak pada bagian suara ketika ingin mengubah jek input ada baiknya kecilkan volume. hal ini agar tidak ada input masuk yang dikuatkan oleh blok ampli pada tv. Entah itu tv LED maupun tv Tabung. 

Selain itu, ketika anda memutuskan untuk menyambung kabel RCA  maka harus berhati hati karena bisa jadi tidak ada suara berasal dari jek yang digunakan. 

Perlu diingat bahwa mengembalikan suara tv yang hilang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, sehingga selalu disarankan untuk mengecek setiap bagian yang mungkin menyebabkan masalah sebelum menyimpulkan kerusakan pada TV. Dengan mencoba cara-cara di atas, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui penyebab masalah dan mencari solusi yang tepat

Demikian tentang 7 cara memperbaiki tv tabung yang TV Hilang Suara terimakasih semoga bermanfaat!

6. Cara memperbaiki tv digital gambar jernih tapi tidak ada suaranya 

Bagi anda yang sudah menerima siaran tv digital mungkin ada masalah program pada siaran anda. cara mengembalikan suara tv digital yang hilang bisa dilakukan dengan cara berikut ini: 

tv digital tidak ada suara
menu program tv digital t2
Pencet tombol "audio" pada remot 
Kemudian pencet tombol panah kanan/kanan( volume Up dan Down) untuk memilih mode audio sampai mengeluarkan suara. Pilihan bisa disesuaikan jika sistem pada audio tv menggunakan stereo maka pilih stereo, namun jika sistem tv mono biasanya normal berada di mode kiri atau kanan. Untuk lebih mudah pilih saja stereo, karena keduanya akan mengeluarkan output, meskipun tv hanya mono, mungkin tv akan menerima keduanya dan tidak membingungkan mana mode kiri atau kanan. 

www.soldiradem.com

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

38 komentar untuk "7 Cara Memperbaiki TV Tabung yang Hilang Suara, Lengkap!"

Unknown 30 Mei 2018 pukul 13.49 Hapus Komentar
gan,
tv saya sharp 14",
pertama d hidup kan gambar normal, tapi suara ga ada, setelah di hidupkan sekitar 1-2jam, baru suara nya keluar, itu kira2 kerusakan nya apa ya gan.
mksh.
Muhlisun TMG 31 Mei 2018 pukul 06.31 Hapus Komentar
kemungkinan terjadi korupt pada tegangan ic amplifir terutama disebabkan oleh elco kering atau resistor pembatas tegangnan ic amplifier molor. resistor yang uruanya molor jika panas bisa normal sehingga perlu penggantian.
Unknown 5 Juni 2018 pukul 16.41 Hapus Komentar
Gan tv saya hanya mengeluarkan suara pada saat baru dihidupkan, lama kelamaan suaranya hilang
Kira kira masalahnya dimana ya?
Trimakasih
Unknown 11 Juni 2018 pukul 11.40 Hapus Komentar
Tv sharp chanel digital ada suara tapi chanel analog tdk ada suara, kwalitas gambar jernih, sudah saya instal ulang chanel tapi tdk bisa juga, terima kasih
TEMPAT JUAL BELI 14 Juni 2018 pukul 14.22 Hapus Komentar
Kaki ic implifier aku sentuh dan berbunyi, trus setelah itu diapakan lagi?
Anonim 27 Juni 2018 pukul 13.55 Hapus Komentar
di getok pake palu 3x
Unknown 14 Juli 2018 pukul 22.34 Hapus Komentar
Gan, tv saya polytron LED.
Permasalahan nya, ada beberapa siaran tv yg gk bersuara, sedangkan ada juga yg bersuara. Misal, siaran RCTI ada suaranya, dan kalo diganti ke siaran INDOSIAR suaranya hilang padahal gk di mute. Itu kira2 masalah nya apa ya gan??
Unknown 22 Juli 2018 pukul 20.57 Hapus Komentar
Saya barusan program tv LG model lama trus saya ambil yg program cepat .setelah itu suaranya kemresek gak ada suaranya trnyata itu setingan nya pindah le DC trus saya ubah ke BG bisa tapi setelah saya ganti chanel suaranya kya gtu lagi trus saya harus mindah dari DC ke BG
Itu cara mengatur biar bisa suara nya normal lagi gimana ya ๐Ÿ˜‚ . Terimakasih sebelumnya๐Ÿ˜‚
Muhlisun TMG 23 Juli 2018 pukul 01.28 Hapus Komentar
maaf menggunakan antena biasa apa parabola?
Muhlisun TMG 23 Juli 2018 pukul 01.31 Hapus Komentar
masuk ke menu setting pada sistem jaringan atur ke BG biasanya bisa otomatis semua normal. kemungkinan terjadi kesalahan saat program search cepat.
Eco racing penghemat bbm 7 Agustus 2018 pukul 22.26 Hapus Komentar
Gan tv tbung gk bisa brsuara knp
Unknown 11 Agustus 2018 pukul 19.59 Hapus Komentar
Bagai mana cara nya itu mmperbaiki tv panasonic yg hilang suara nya tpi suaranya ji indosoar
Unknown 11 Agustus 2018 pukul 20.01 Hapus Komentar
Bagai mana cara nya itu mmperbaiki tv panasonic yg hilang suara nya tpi suaranya ji indosoar
Unknown 11 Agustus 2018 pukul 22.32 Hapus Komentar
tv akira gambarnya ada tp suaranya ga ada,knp y
Unknown 18 Agustus 2018 pukul 15.02 Hapus Komentar
Gan, mo tanya. Tv ibu gua LG. Tapi gk tau LG apa wkwkk.. Crita singkat, gua lagi puter usb di tv trus besok nya suaranya hilang. Itu knpa yah? Sampe skrg ibu gua masih marah.. Wkwkwkk
Unknown 21 Agustus 2018 pukul 05.40 Hapus Komentar
Sya mau tanya,,tv lg sya hidupin video dri Dvd suaranya bagus,,pas ganti k channel tv malah suaranya bisu,,udah masuk factory mode jga gk bisa,,apa penyebabnya ya,,tlong ya para master tv
cungkring 21 Agustus 2018 pukul 09.02 Hapus Komentar
Gan saya beli politron tipe pld32t1506 kalo masang gk pake spicer gk keluar suranya.. Tolong cara setingnya gimna gan..
Unknown 25 Agustus 2018 pukul 11.13 Hapus Komentar
Gan sy ada servis toshiba dramatic-v kerusakan mati total. Protek sy lumpuhkan akhirnya ketemu vertikal bermasalah setelah melakukan perbaikan unit hidup gambar normal tapi suara bisu. Sy angkat q611 krn dugaan terkunci mute hasil nihil lalu sy ganti ic sound AN7820 sesuai part bawaan hasilnya juga nihil. Mohon petunjuk apalagi yg harus sy periksa terima kasih.
Unknown 27 Agustus 2018 pukul 16.58 Hapus Komentar
Gan numpang nanya tv saya merk Daichi pas di hidup kan suara nya ada gan , tapi lama kelamaan suara nya hilang gambar tetap jernih itu masalah nya kenapa ya gan ? Thanks
Muhlisun TMG 28 Agustus 2018 pukul 09.43 Hapus Komentar
ada kemungkinan ada masalah pada solderan ic audio yang sudah usang /retak-retak. sehingga ketika ic mengalami panas kaki ic audio tidak konek dengan board.
Muhlisun TMG 28 Agustus 2018 pukul 09.46 Hapus Komentar
sudah coba copot input dari ic jungle belom?
coba cut pada input yang dari ic jungle kemudian sentuh pada bagian input ic amplifier. sehingga kerusakan akan jelas dimananya
Unknown 12 September 2018 pukul 01.20 Hapus Komentar
solusi nya di apain ya..??
soalnya tv saya jg gt
Muhlisun TMG 12 September 2018 pukul 01.32 Hapus Komentar
solder ulang kaki ic, dan jika tidak tertangani maka kemungkinan ic mati, harus mengganti ic audio
Unknown 14 September 2018 pukul 11.51 Hapus Komentar
Gan mau tanya saya punya tv lcd Samsung kenapa suaranya tiba2 hilang sendiri yaaaaaa ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
Muhlisun TMG 15 September 2018 pukul 11.32 Hapus Komentar
coba cek program apakah dalam keadaan mute?
kemudian jika tidak reset pada setelan pabrik pada menu.
jika tidak tertangani kemungkinn ada maslah ic audio atau op ampli menuju ic amplifier.
Unknown 21 September 2018 pukul 13.10 Hapus Komentar
tv sya sharp aquos. gak ada suaranya tapi gambar volume sllu muncul itu knpa ya mas?
Unknown 22 September 2018 pukul 17.05 Hapus Komentar
Salam servis gan,ini tv saya samsung led waktu dihidupin ada suaranya ada tapi selang 5 menit hilang,saya cobak matiin dan hidupin lagi suaranya gak muncul lagi,mohon solusinya
Unknown 24 September 2018 pukul 06.45 Hapus Komentar
Mohon bantuannya. TV saya SHARP aquos, receiver VENUS MeteorHD star. kadang salah satu suara stasiun TV suka hilang sendiri. Tapi setelah saya coba hapus stasiun TV tersebut dan scan ulang, suaranya normal lagi. Kira2 itu kenapa ya?
Unknown 2 Oktober 2018 pukul 06.06 Hapus Komentar
Gan tv saya pake antena biasa, tiba-tiba tv saya hilang suaranya. Beberapa hari kemudian tv saya pake buat main ps, kok ada suaranya, pas disambung lagi ke antena biasa kok tetep gak ada suaranya tapi gambar normal gan itu gimana ya?
Unknown 8 Oktober 2018 pukul 18.46 Hapus Komentar
Gan, tv saya sharp.. Pas saya sambungkan ke dvd, ada gambar tapi gak ada suaranya.. Itu gimana ya gan??
Unknown 8 Oktober 2018 pukul 19.27 Hapus Komentar
Sama tv saya juga gitu polytron hanya rcti yg ng ada suara.... Ng pake antena gan saya... Kira kira apanya ya
Unknown 24 Oktober 2018 pukul 07.42 Hapus Komentar
Gan tv tabung akari 14" saat pertama di nyalakan tak ada suara setelah 5 menitan baru muncul suara kira2 ada kerusakan dimananya ya..terimakasih
Unknown 24 Oktober 2018 pukul 07.43 Hapus Komentar
Gan tv tabung akari 14" saat pertama di nyalakan tak ada suara setelah 5 menitan baru muncul suara kira2 ada kerusakan dimananya ya..terimakasih
Unknown 8 November 2018 pukul 22.21 Hapus Komentar
Waktu saya nonyon tv tiba" jafi hening gaada suara.pas saya cek volume normal.dan tidak dalam posisi mute,saya coba matikan.saya hidupkan lagi dan tetap tidak ada suara..kenapa ya mas?
Unknown 11 November 2018 pukul 22.26 Hapus Komentar
Sama hamer lebih cepat selesai sembuh dah,, selamat mencoba semoga bermanfaat
Unknown 15 November 2018 pukul 09.27 Hapus Komentar
Tv saya samsung led siaran yg lain suara normal tp siaran indosiar suara y kresek kadang ga ada suara itu dari mana y yah
Unknown 23 November 2018 pukul 20.10 Hapus Komentar
Tv saya sony smart 43"...masih terhitung baru.saya biasa colok cabut pakai speaker....tapi hari ini pas saya cabut kabel speaker yg colokan kaya headset ke tv,pas di cabut tv nya ga ada suara.dan masih ada lambang seolah2 colokan speaker nya blm di cabut.gimana ya cara supaya suara tv nya normal lagi.makasih
Lulu 15 Desember 2018 pukul 23.52 Hapus Komentar
Saya bru beli sharp led kemarin tp kok suara nya lup lep,tiba2 kenceng tiba2 pelan...knpa ya??