Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Memperbaiki Receiver Mati Standby

Memperbaiki Receiver Mati Standby dengan 5 Macam Penyebab

SOLDIRADEM BLOG
- Kali ini berbagi pengalaman memperbaiki receiver parabola mati standby. Dalam kerusakan ini pada awalnya saya kesulitan memperbaikinya sobat! Tapi semua itu memang membutuhkan belajar dan pengalaman. Berikut saya telah mencatat beberapa pengalaman saat memperbaiki Receiver DVB MPEG2. Hal ini juga bisa diterapkan pada receiver MPEG4. Karena semua masalah standby berawal dari smps. Berikut ulasan tentang kerusakan dan penyebab receiver mati standby.

1. Elco untuk tegangan 3,3v

Permasalahan pertama saya menemui kerusakan DVB receiver hanya menyala pada lampu led merahnya saja dan seperti standby, tapi jika dinyalakan dengan remot, tetap tidak bisa nyala. Orang sering menyebutnya kerusakan receiver mata merah.

Setelah kesing terbuka, Ternyata eh ternyata nampak kasap mata itu ada elco pada bagian PSU/AC matic yaitu elco yang memfilter tegangan 3,3 Volt bernilai 1000 uf/10 melembung.  

Langsung copot dan ganti dengan elco yang baru. 

Kemudian coba dinyalakan dengan memastikan voltase normal atau abnormal dengan cara posisi ac matic tidak dihubungkan dengan mainboard/beban untuk menghindari dari tegangan over. 

Tegangan over dapat merusak mainboard, untuk itu saya mengukur tanpa beban mainboard resiver. Setelah  tegangan SMPS normal baru bisa dicoba ke mainboard.

Receiver kembali bisa star normal, ini berarti permasalahan hanya elco 1000 uf 10V melembung menyebabkan receiver standby tidak bisa star.

elco untuk tegangan 5 v power suplai nex parabola


Bagi anda yang menggunakan receiver nex parabola tegangan yang dimaksud adalah tegangan 5 volt. Elco yang digunakan 1000 uf 16 volt. 


2. Elco primer SMPS 47 uf 50v

Pernah juga waktu itu saya mendapat DVB resiver matrix burger dengan keluhan receiver tidak dapat nyala tetapi hanya menyala led yang berkedip kedip blip,blip,blip,dst. Biasa langsung saya buka casingnya. 

Pengamatan tidak kemana mana langsung ke ac matic. Eh,  AC matic tidak ada yg mencurigakan! 

Kemudian saya ukur tegangan output ac matic. Benar saja semua tegangan output drop 4volt. 

Coba ganti elco elconya yang memfilter ke output ac matic, ternyata hasilnya nihil alias tetap sama saja. 

Saya mencurigai pada bagian ac matic primer di dekat ic ada elco 47uf 35vol short, ternyata benar kecurigaan saya setelah saya ganti elco 47 uf nya tegangan menjadi normal kembali. Selesai sudah permasalahan receiver led berkedip-kedip ini. 

Saya melakukan pemasangan  kembali kabel soket dari ac matic menuju mainboard. Kemudian tes nyalakan, awalnya hanya nampak led merah sudah tidak berkedip lagi. 

Kemudian setelah beberapa detik nampak tanda setrip pada angka indikator DVB dan beberapa detik  nampak angka sudah menyala berarti tanda mainboard sudah bekerja. berhasil,! tutup casing, .bayaran 30.000. Ciyeeee!!!!!!

3. Kapasitor di bagian primer SMPS

Ini ada lagi reciver matrix planet permasalahan sama dengan keluhan lampu berkedip.Ya sudah pernah nemu masalah ini langsung ku ganti elco 47uf nya. Senang sekali menerima pasien ini ternyata setelah saya ganti elco 47uf tadi ,tidak ada hasil alias nihil. 

Lantas apa masalahnya? .

kecurigaan saya berlanjut pada keluarga ac matik primer dekat ic. saya mencoba ganti capasitor warna hijau kerabat elco 47uf tadi. eh ternyata benar kecurigaan saya, capasitor berukuran 167 j ini berkurang nilai capasitasnya. Langsung deh ganti dengan yang baru.

 Alhamdulilah ternyata berhasil. 

Tapi gak masalah selain dapat bayaran juga dapat pelajaran berharga.

Kesimpulan 

Itu beberapa masalah receiver apabila sulit start atau standby hanya menyala lampu merahnya saja. Kebanyakan pemiliknya mengatakan receiver mati setelah ada pemadaman listrik PLN  di hidupkan lagi sudah tidak mau star alias standby. 

Hal tersebut mungkin dipengaruhi lonjakan tegangan di saat jala listrik terputus. tidak tau pasti sihhh, tapi kebanyakan memang seperti itu yang saya dapatkan dari pasien selama beberapa tahun belakangan ini .

Permasalahan kerusakan resiver parabola tidak terjadi pada blog ac matiknya/regulator saja, tapi blog mainboard juga dapat rusak. 

Saya pernah mengalami kerusakan yang rusak sudah mainboardnya 90% gagal. Mungkin saya tak paham masalahnya, komponen yang mini menyebabkan kurang mengerti tentang mesin DVB. 

Pernah alami memperbaiki mainboard DVB waktu itu pernah bisa tetapi hanya sekedar hilang sinyalnya di sebabkan oleh konektor yg menghubungkan kabel menuju lnb parabola karatan jadi receiver tidak keluar sinyal.

Oke !!!demikian sedikit pengalaman saya mengenai receiver mati standby. bila ada salah kata saya mohon maaf yg sebesar besarnya. Terimakasih atas kunjungannya sobat ku semua !

bagi pemula jangan berhenti belajar dan terus berexperimen ya .
Intinya servis itu butuh ketelitian dan kesungguhan jika ingin berhasil good lack!!!!?
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

Posting Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Receiver Mati Standby"