Memperbaiki Receiver Nex Parabola Mati Standby dan Lampu Kedip-Kedip

Memperbaiki Receiver Nex Parabola Mati Standby, Lampu Kedip-Kedip

Soldiradem - Kali ini saya mendapatkan sebuah servis receiver nex parabola garuda dengan kerusakan mati standby yang awalnya mati lampu kedip kedip. 

Gejala awal dari pengguna receiver ini beberapa chanel kadang ada sinyal kadang tidak. Tentu ini ada indikasi kerusakan receiver tidak ada sinyal yang disebabkan oleh tegangan power suplai yang bermasalah sebelum akhirnya mati standby. 

Kerusakan ini mudah saja diperbaiki dengan kerusakan ringan berupa elko kering pada bagian power supply. 

Dalam beberapa hari yang lalu juga pernah terjadi kerusakan yang sama yaitu mati total tetapi kerusakan disebabkan elco 1000uf 16 volt untuk filter tegangan 5 volt kering. Ini sangat mengejutkan karena ternyata dugaan mati total bisa hanya di sebabkan karena tegangan 5 volt yang biasanya masih mengindikasikan lampu menyala.

Tegangan pada power supply nex parabola 

  • 5 volt
  • 15 volt 
  • 20 volt 

Elko power supply nex parabola

  • 100 uf 50 v
  • 220 uf 16v
  • 1000 uf 16v 

elco 1000 uf 16v bagian out 5 volt

Kerusakan akan mudah terlihat secara fisik pada bagian body elco bagian atas terlihat melembung. 

Ganti dengan nilai uf yang sama dan juga voltase yang sama agar kinerja nya sama seperti aslinya. 

Jika secara fisik tidak terlihat anda bisa menggunakan voltmeter dc untuk mencari mana tegangan yang tidak stabil. Karena lampu berkedip kedip pada receiver secara tegangan kana terlihat di tegangan yang naik turun. Tapi pastinya akan terjadi eror pada 5 volt karena tegangan 5v akan terhubung dengan lampu indikator. 

Tetapi lain hal ketika kita berpikir lebih lanjut kadang tegangan lima volt bermasalah diakibatkan oleh kerusakan tegangan lain yang hilang, sehingga kerja power supply terhambat. Hal ini ketika dioda dari salah satu output mengalami short sehingga tegangan lain akan terganggu atau bisa juga elco short. 

Nah yang lebih parah ketika power suplai tidak diberi beban, normal dan ketika diberikan beban tegangan drop semua. Ini bisa terjadi kerusakan pada mainboard juga bisa power supply, untuk memastikan anda bisa mencoba dengan meminjam power supply lain agar ada kepastian apakah ganti atau receiver ini tamat tidak bisa diperbaiki. 

Baca juga: 5 jenis kerusakan receiver parabola

Jadi harus teliti. Jika tidak ada kemungkinan di atas misalnya tidak keluar tegangan sama sekali anda bisa mengganti power supply universal untuk receiver parabola yang dijual di pasaran. Karena bukan hanya masalah pada sekunder saja, sesuai dengan pengalaman saya bahwa receiver standby dapat disebabkan oleh kerusakan bagian primer. contohnya di receiver matrix nyala nunggu berjam jam.

Demikian Memperbaiki Receiver Nex Parabola Mati Standby, Lampu Kedip-Kedip semoga bermanfaat. 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.