Cara Memperbaiki Receiver Parabola tidak ada Signal

Memperbaiki receiver tidak ada signal terbilang sangat mudah apabila kita tahu apa  penyebab kerusakanya. Oleh karena itu sebelum memastikan sebuah receiver rusak tidak ada signal ketahui dulu, receivernya atau parabolanya!  Dengan cara mencoba mengganti dengan receiver lain. Apabila setelah diganti dengan receiver lain kok normal, maka dipastikan receiver nya memang rusak bukan parabolanya. 

Cara menangani ketika receiver tidak ada signal


Pertama coba otak-atik dulu programnya dengan cara menyetel ke standar pabrik. Setelah distel ke program standar pabrik coba scan ulang. Apabila di scan ada chanel yang nyantol berarti permasalahan slesai. Cara ini berlaku pada receiver yang masih ada kualitas signalnya. namun kadang berlaku juga pada receiver yang kulitas dan intensitasnya 0%.

Jika cara di atas tidak berhasil maka lanjut ke mesinya coba ukur output yang menuju lnb 13/18 v, jika tidak ada permasalahan terjadi ada tegangan penyuplay lnb, namun jika ada Kisaran di 13-17 volt dipastikan normal.

 Berarti lanjut ke komponen lainya yaitu ic receiver coba panaskan ic yang terletak di bagian dekat konektor output lnb dan componen pendukungnya menggunakan solder uap atau solder konvensional. Hal ini saya pernah mencoba yang ternyata berhasil.

 Namun tidak semua, kadang ic pemproses signal dari lnb ini sudah mati karena short disebabkan oleh kebocoran arus penyuplay lnb ke ic pemproses signal ini melalui capasitor input atau kotoran debu. Jika resoldering tidak berhasil, ganti receiver dengan yang baru, karena ic tersebut tidak ada di pasaran kecuali mengambil dari receiver lainya.

Memperbaiki receiver parabola tidak ada signal sebenarnya bisa asalkan komponen yang rusak ada gantinya. Smeoga sedikit membantu ya!  Trimakasih"

31 Responses to "Cara Memperbaiki Receiver Parabola tidak ada Signal"

  1. Receiver venus bis mendetek lnb tapi buat scan satelit tidak dapat hasil kira2 kerusakan di sebelah mana ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dikembali ke pengaturan pabrik kemudian coba scan lagi.

      selain itu, pengaturan antena ada yang slah mungkin pada peletakan dseg yang salah misalnya dseg 1 ditempati palapa sedaangkan dseg 2 di tempati telkom. jka pengaturan seperti itu tidak nyantol juga coba dibalik. dseg 1 ditempati telkom sedangkan dseq2 ditempati palapa.
      semoga membantu!

      Delete
  2. Ga bisa nonton world cup 2018, gegara chanelnya ilang 😭😭😭

    ReplyDelete
  3. Saya pasang parabola 2 reciever dulu semuanya normal dan cling..tapi sekarang satu reciever masih normal tapi satu reciver lagi intensitasnya 70% namjn kualitas naik turun bahkan 1%..itu juga hanya untuk palapa d,untuk telkom masih normal...mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini biasanya disebabkan karena kerusakan pada divider jika menggunakan divider. namun jika menggunakan LNB 2R kemungkinan hanya terjadi kerusakan pada switc atau kbel saja.

      Delete
  4. Pak apa penyebabnya receiver digital tanaka jurassic metal t22 tpi tidak ada sinyal padahal baru dbeli
    , tpi di receiver goldsat yg lama sinyal nya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kang saya jg ngalami, t22 bru beli g ada signal, balik ke rx lama lanjar jaya. Uda ktmu solusinha mas

      Delete
    2. itu biasanya hanya masalah perbedaan antara instalasi program dan instalasi antena. pilih menu. pergi ke pengaturan antena/instalasi antena. satelit palapa dseg 2 satelit telkom dseg 1.
      semoga membantu

      Delete
  5. Klo out ke lnb ga ada arusnya yg perlu d ganti apa Om,punya sy beli baru 1 bln tiba2 ilang sinyalnya sy ukur konektor ke lnb ga ada arusnya,,mksh

    ReplyDelete
  6. yg saya cuma kedip kedip merah .itu cara ngatasinya gmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma kedip lampu merah biasany itu bagian power supplynya, coba cek tegangn yg kluar dr ps biasanya 5v, 3,3v 24v dsb. Kalau tidak kluar tegangan cek elconya atau ic ps.

      Delete
  7. Om, parabola saya signalnya hanya ada beberapa kenapa ya

    ReplyDelete
  8. Saya juga Sama bang kaya gitu,solusinya udah dapet ?

    ReplyDelete
  9. Pak, receiver saya aktif on tapi kok tidak nyambung ke tv.. Jadi tv tetap aja seperti pada saat receiver mati. Kenapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek kabel rca
      sistem av tv coba dengan menggunakan input lain
      terahir kemunginan kerusakan terjadi pada mpg board/mobo utama

      Delete
  10. Knp ya receivernya nyala tpi tdk bs muncul gambar di tv

    ReplyDelete
  11. Gam maaf ini saya lagi pasang parabola gan koq d sni susah nyari sinyal nyah gan..
    Udh d puter2 ttep gak nyantol sinyal nyah 0 trus..
    Biasa nyah lan klaw d puter stadak nyah ada ya gan 1 2 )persen atw trun naik sinyal nyah..
    Klaw ini diem aja trus gan 0
    Maff gan gimna ya solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu menandakan bahwa ada kesalahan dalam instalasi komponen antena. dan juga program receiver.

      1. periksa lagi konektor karena 0% menandakan bahwa tidak konek antara reciver dan lnb
      2. cek pemaangan lnb apakah sudah memasang dengan baik.
      3. cek apakah transponder yang digunakan untuk monitor sinyal sudah mengguakan frekuensi terbarunya.
      4. pastikan bahwa anda mengetahui arah parabola. lnb telkom disebelah barat, sedangkan palapa di sebelah timur.

      Delete
  12. milik saya sinyalnya selalu lemah itu bagaimana yaaaa

    ReplyDelete
  13. mau nanya bos,receiver optus oracle gak muncul di settingan lnb KU band ,tapi lw di C band v/H aman semua,mohon bantuan nya ?

    ReplyDelete
  14. Saya pake receiver ichiko mpg 2, freq dan simbol sdh saya masukkan dan sinyal bagus knp chanel ga kluar

    ReplyDelete
  15. Bos resiver ane matrix burger palapa di seting diseq 1 trus telkom diseq 2 palapa dapat telkomnya hilang, klo palapa dan telkom diseting sama diseq 2 telkom dapat palapanya hilang, itu apanya ya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jelas dong bos jika sama-sama disetting ke dseq 2 semua salah satu tidak akan bisa nyantol. yang benar setelah setting dseg 1 telkom dseq 2 palapa coba setting kebalikanya dseq 1 palapa, dseg 2 telkom. jika tidak nyantol kemungkinan kerusakan terjadi karena kerusakan komponen parabola, terutama pda switch maupun lnbnya. pertama ganti switnay dulu . nanti pas tracking samakan pada swit dan program receiver port1 telkom pada dseg juga port 1 dihubungkan lnb yang akan menerima siaran telkom atau sebelah barat.

      Delete
  16. Min,kasus sya ini rx venus jupiter mpeg 4 tidak bisa kembali pengaturan pabrik dan menu pengaturan antena blank alias kosong,adakah sedikit solusi

    ReplyDelete
  17. Min kasus saya . Rexheiver tanaka t21 merpati seluruh satelit kualitasnya 0 persen dan sugnalnya 80 persen naik turun

    ReplyDelete
  18. Bos,saya baru beli matrix burger,tp kok ga Ada signalnya yA... Let's kesalahannya Dimana yA..Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  19. Min receiver cuma bisa nyala merah, seharusnya ijo. Terus di lcd tv nya ada tulisan tidak ada sinyal..pakai kvision seri K2000..mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  20. Bos saya punya reciver matrix pro link hd Internet, sinyal horisontal mati,vertikal masih aman, itu krna konslet saat menyambung kabel. Itu kira2 yang mati komponen bagian mana. Minta solusi nya bos. Trimakasih

    ReplyDelete
  21. rx visat q1 hd tidak ada gambar,no signal dan kadang2 hanya tulisan null. itu artinya apa yah...??

    ReplyDelete
  22. tanya ya pak/mas, di tv ku muncul tulisan "LNB bermasalah, silahkan cek" tr tulisan itu berkedip2. jadi mau buka menu sulit, mau ganti channel jg sulit. semua channelnya ada tulisan "tidak ada sinyal". penyebabnya apa? trimakasih

    ReplyDelete
  23. Reciver saya matrix tapi kalo d hidupin nggak nyambung ke tv yang muncul tulisan please wait.. Mohon penjelasannya...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel