Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Receiver Parabola tidak ada Sinyal

Memperbaiki receiver tidak ada sinyal terbilang sangat mudah apabila kita tahu penyebab kerusakan sebuah receiver. Oleh karena itu sebelum memastikan sebuah receiver rusak tidak muncul sinyal, ketahui dulu kerusakan terjadi pada receivernya atau parabolanya!

Cara memastikan Receiver rusak bisa mencoba mengganti dengan receiver lain. Apabila setelah diganti dengan receiver lain kok normal, maka dipastikan receiver nya memang rusak bukan parabolanya. 

Namun Rusak bukan berarti rusak pada bagian hardware, kadang juga bisa rusak pada bagian program yang salah. Dan banyak kejadian ternyata salah memahami program bisa mengakibatkan receiver tidak dapat menerima sinyal dari lnb. 

Yang sering orang tidak paham adalah tentang pengaturan dseq di dalam program receiver. Jika pada tahun 2023 ini anda masih menggunakan dua lnb, bisa di lihat lnb mana yang digunakan untuk menerima satelit Telkom 4. 

Pengguna receiver nex parabola, k-vision, matrix, tanaka; Caranya atur di bagian pengaturan antena, Jika Telkom 4 ada di dseq LNB 1 bisa ditukar ke Dseq 2 kemudian simpan pengaturan. Jika belum berhasil dicoba sampai letakkan di bagian dseq 4 siapa tahu jika komponen switch parabola menggunakan 4 channel oleh teknisi parabola diletakkan di bagian dseq 3 atau 4. 

Atau mungkin bisa dengan mematikan switch offf/dseq off. Kemungkinan anda hanya menggunakan satu lnb. Karena di tahun 2023 ini kita hanya menggunakan satu satelit Telkom saja. jika terlihat dua lnb di atas kadang switch tidak dipasang atau kabel antena dipasang langsung ke LNB tanpa melalui switch/dseq.

Jika berhasil muncul sinyal dengan cara ini selamat anda berhasil memperbaiki receiver tidak ada sinyal. 

Saya anggap anda telah paham tentang ini kemudian kita lanjut ke cara berikutnya jika cara di atas tidak dapat mengatasi parabola no signal. 

Cara memperbaiki ketika receiver tidak ada sinyal

Usahakan jangan tergesa gesa memutuskan kerusakan pada receiver karena jika sampai salah anda bisa rugi. Terutama jika anda sudah menggunakan receiver jenis K-vision, nex parabola dan lainnya yang harganya mahal. 

Masih di bagian softwarenya. Namun disclaimer dulu bahwa ini bisa mengakibatkan program anda hilang semuanya terutama pengguna receiver lama yang sekarang sudah ganti frekuensi sehingga beberapa chanel akan tidak ada sinyal jika kita mereset ke setelan pabrik. Tapi beberapa orang berhasil melakukannya dan setelah scan ulang otomatis bisa mendapatkan chanel dengan frekuensi terbaru. 

Pertama coba otak-atik dulu programnya dengan cara menyetel ke standar pabrik. Biasanya saat akan setel ulang pengaturan pabrik kita akan diminta sandi.  Untuk sandi default-nya masukkan 0000. . Setelah disetel ke program standar pabrik coba scan ulang. 

Apabila di scan ada channel yang nyantol berarti permasalahan selesai. Cara ini berlaku pada receiver yang masih ada kualitas sinyalnya. namun kadang berlaku juga pada receiver yang kulitas dan intensitasnya 0%. Kekurangan dengan cara ini jika parabolanya bermasalah, anda akan kesulitan mengembalikan chanel yang hilang. Karena saat scan ulang membutuhkan sinyal yang normal untuk mendapatkan frekuensi terbaru.

Jika cara di atas tidak berhasil maka lanjut ke mesinnya coba ukur output yang menuju lnb 13/18 v, jika tidak ada permasalahan terjadi ada tegangan penyuplay lnb, namun jika ada Kisaran di 13-17 volt pada receiver mpeg2 dipastikan normal.

Berarti lanjut ke komponen lainnya yaitu ic receiver coba panaskan ic yang terletak di bagian dekat konektor output lnb dan komponen pendukungnya menggunakan solder uap atau solder konvensional. Hal ini saya pernah mencoba yang ternyata berhasil. Terutama kerusakan pada receiver MPEG2 seperti LGSAT, Matrix, Tanaka. Sedangkan untuk Mpeg 4 biasanya terjadi kerusakan pada jalur 20 volt menuju out LNB. 

Receiver mpeg2 kadang ic pemproses sinyal dari lnb ini sudah mati karena short disebabkan oleh kebocoran arus penyuplay lnb ke ic pemproses sinyal ini melalui capasitor input atau kotoran debu. Jika resoldering tidak berhasil, ganti receiver dengan yang baru, karena ic tersebut tidak ada di pasaran kecuali mengambil dari receiver lainya.

Cara Memperbaiki Receiver Parabola tidak ada Sinyal
Bagian blok power suplai sekunder rusak elco

Saya baru baru ini menemukan sebuah fakta tentang receiver nex parabola tidak ada sinyal. Gejalanya ada beberapa chanel kadang ada sinyal kadang tidak. Dan disusul dengan gejala receiver mati standbay. Nah disini kerusakan terjadi pada power suplai terutama bagian sekunder power suplai semua elco kering. Setelah penggantian elco tersebut sinyal langsung muncul dan tidak terjadi kadang ada kadang hilang sinyal.  

Memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal sebenarnya bisa asalkan komponen yang rusak ada gantinya. Semoga sedikit membantu ya!  Trimakasih"
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.