Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Receiver Matrix Mati bisa hidup namun nunggu sampai berjam-jam

receiver mati kadang bisa hidup namun nunggu berjam jam

Soldiradem blog - Satu kasus harus saya catat yaitu sebuah receiver mengalami kerusakan ketika dinyalakan berjam-jam bisa hidup lagi. Nunggu lama. bisa dibilang kalau belum panas tidak mau hidup.  

Masalah ini sering saya alami pada beberapa receiver beberapa merek bahkan hampir semua merek jenis receiver pernah mengalami kerusakan seperti ini. Kerusakan tidak lain disebabkan oleh blog smps mengalami kerusakan. Namun dari beberapa kasus yang pernah saya alami ternyata penyebabnya berbeda-beda.

Terdapat dua jenis gejala kerusakan seperti ini, yaitu mati total tidak ada lampu yang menyala namun setelah beberapa saat bisa hidup normal. Ada juga kerusakan dengan gejala menunjukan mati standby disertai lampu led berkedip-kedip sebelum akhirnya receiver dapat normal kembali.

Pada kasus ini, yang terjadi adalah receiver mati total. Namun setelah saya cek teganganya normal. Awalya saya menduga bahwa blog mpg mengalami kerusakan. Namun sebelum itu saya optimis dan memprediksi bahwa kerusakan terjadi pada blog power suplay.

Tidak perlu lama saya menelisik, karena ada satu kecurigaan saya terdapat pada sebuah elco pada bagian sekunder output tegangan 3,3v sudah diganti dengan elco 47uf 400volt. Aneh kok ada ya tegangan hanya 3,3volt namun elko berukuran 400volt digunakan. Apa takut mudah jebol sehingga menggunakan elko ukuran tegangan tinggi.

Setelah saya tanya pada pemilik receicver ini ternyata sudah pernah diservis oleh seserang. Ow, pantesan jika ini sudah pernah diservis. Karena tidak mungkin pabrik menggunakan elco sebesar ini untuk menghandle tegangan 3,3 volt. Saya kira sparpart elco tersebut dapat dari bekas elco lampu jari-jari. Hehe!

Ukuran elco aslinya yaitu 470 uf 10v, dengan mengganti seperti aslinya kasus receiver ini selesai.

UPDATE!

Saya menemukan fakta baru bahwa penyebab receiver mati bisa hidup namun nunggu berjam jam. Namun gejalanya berbeda yaitu ketika dinyalakan receiver indikator led berkedip kedip kemudian setelah beberapa lama baru mau hidup. tapi ini terjadi ketika dimatikan secara total, Sehingga pengguna biasanya akan membiarkan receiver tetap menyala sepanjang hari tanpa dimatikan, karena ketika dimatikan maka harus nunggu lama baru hidup.

Penyebabnya hanya spele yaitu disebabkan oleh bagian blog primer SMPS mengalami kerusakan, tepatnya pada elco C2 ukuran  47 uf 25 volt kering. ini berlaku pada rangkaian smps receiver matrix mpeg 2 maupun sejenisnya. Apabila menemui gejala serupa, selain mengganti elko pada bagian sekunder/output, ganti juga pada elko 47 uf 25v pada bagian primer SMPS.

Tahukah anda bahwa Kerusakan pada power suplai bisa mengakibatkan kerusakan receiver tidak ada sinyal.

Semoga bermanfaat!!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

4 komentar untuk "Receiver Matrix Mati bisa hidup namun nunggu sampai berjam-jam"

Unknown 2 Juli 2018 pukul 20.37 Hapus Komentar
Apa masalahx ketika pas dinyalakan cmn ada iklan matrix trus berulang2 smpe ngak ad chanel yg mnculka padahal resiverx nyala kira2 ap yg rusak ka.?
Unknown 2 Juli 2018 pukul 20.37 Hapus Komentar
Apa masalahx ketika pas dinyalakan cmn ada iklan matrix trus berulang2 smpe ngak ad chanel yg mnculka padahal resiverx nyala kira2 ap yg rusak ka.?
Unknown 2 Juli 2018 pukul 20.38 Hapus Komentar
Apa masalahx ketika pas dinyalakan cmn ada iklan matrix trus berulang2 smpe ngak ad chanel yg mnculka padahal resiverx nyala kira2 ap yg rusak ka.?
Wawan Nadee 9 Maret 2020 pukul 09.15 Hapus Komentar
Andai dikasih gambar pasti lebih jelas bang