Beberapa Kerusakan yang Sering Dialami TV Cina (WCOM)


Beberapa kerusakan yang sering dialami tv cina (wcom)

SOLDIRADEM BLOG - Sambil menggarap tv cina, saya pun mengingat kejadian atau kerusakan terjadi Pada beberapa tv yang disuplai mesin chasis tv china.

Hal yang paling menyulitkan pada saat menangani tv cina ialah saat keadaan mesin sudah berumur, dan mesin untuk mensuplay tabung 21 inc. Dimana keduanya merupakan faktor permasalahan utama.
Mesin sudah berumur yang dialami mesin wecom akan mengalami banyak perubahan bentuk dan nilai. Misalnya elco kering, resistor molor.

Dan mesin untuk menyuplay tabung 21 inc lebih ristkan lagi terhadap kerusakan terutama pada sistim blog horizontal.

Tentu, kedua faktor tersebut disebabkan oleh sistim kerja mesin yang cukup panas sehingga menyebabkan komponen berubah nilainya. Selain itu,,juga disebabkan oleh komponen kualitas dibawah standar dibanding tv merek lainya, sehingga panas menyebabkan komponen yang dibawah standar akan mengalami perubahan nilai.
Secara kasat mata, hal yang paling saya lihat adalah melembungnya elco pada output power suplay. Sehingga menyebabkan berbagai masalah dan juga menandai masalah.

Elco melembung, bisa menandakan dua indikasi yaitu antara tegangan over ,dan komponen yang tidak kuat menahan panas. Sehingga ketika ingin mengganti elco harus di ukur terlebih dahulu tegangan yang akan di filter oleh elco tersebut agar kita tahu penyebab elco melembung. Kemudian baru, diganti. Hal tersebut bertujuan agar kita tidak kehilangan elco baru.

Elco yang sering bermasalah antara ukuran:  1000uf/35v,470uf/35v,100uf/160v,100uf/35v.

*maka dari itu ,,saya sering stok elco tersebut karena elco ukuran itu kerap kali sering digunakan.*

Bagi mesin yang sudah berumur komponen resistor warna sudah berubah kehitaman sehingga menyulitkan saat membaca nilai resistor. Untuk Mengatasi hal tersebut biasanya saya mencari chasis tv yang sama, yaitu bawaan dus mesin tv wcom. Atau mencari skema tv di google..

Berubahnya nilai resistor ini terkadang menyebabkan permasalahan yang sangat membahayakan salah satunya adalah kenaikan b+ 115V disebabkan oleh resiator yang berfungsi sebagai pembatas input ke outokopler r 557 1k nilai nya melar. Karena diblog outokopler inilah tegangan 115 VDC di kontrol dengan bahasa lain output outokopler di kontrol daei ic CPU melalui blog ic kopler. Jika resiator pembatas melar atau putus tentu akan berakibat fatal. Paling sering jika B+ melonjak flyback akan mengalami over voltage atau ditandai dengan suara pletek-pletek pada cop flyback. Dan ini akan menyebabkan demper D2499 horizontal short.
Baca juga: cara cepat mengetahui b+115 volt drop
Tv cina matot(mati total)
Tv dikatakan matot jika tv tidak bisa start sedikitpun bahkan lampu indikator standby tidak mau menyala. Kadang pada tv cina ditandai dengan jeglegnya mcb spedo PLN.
baca juga; cara servis TV Cina mati total

Yang paling banyak pada kasus tv cina matot dan disertai dengan jegleknya mcb adalah transistor demper pembangkit dengan tipe D2498 short disebabkan oleh beberapa hal,yaitu;
Transistor d2498 sering short disebabkan. Oleh:

  • C ukuran 2kv 681k terletak di kolektor transistor d2498.
  • Transistor c3807 shotr.
  • Lilitan Trafo ybc 40-19/1769 short.
  • Selain transistor dempr d2498 sebagai penyebab mcb jeglek kadang juga disebabkan oleh posistor 250V14R pada rangkaian digausing short.
Baca juga: 10 masalah regulator tv short
Sedikit ulasan tadi mengenai neberapa masalah /kerusakan yang sering terjadi ppada mesin tv cina merek WCOM. Semoga bermanfaat!!

3 Responses to "Beberapa Kerusakan yang Sering Dialami TV Cina (WCOM)"

  1. Slm... bos gmn solusi nya.klo msin w com ini.dengung saat di mati kan pakai remot..mohon bantuan nya saya masih belajar ni🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  2. Slm... bos gmn solusi nya.klo msin w com ini.dengung saat di mati kan pakai remot..mohon bantuan nya saya masih belajar ni🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  3. Bos gmn ya mengatasi tv layar nya seperti garis2 melembung, ky kebakar gtu... Solusi nya biar ga ganti tv.. Mkash bos...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel