Servis TV POLYTRON Protek Layar Gelap Pelangi

hubungannyadengan vertikal yang tidak bekerja

TV polytron Gejala tv dalam keadaan protek lalu setelah mau nyala layar dalam keadaan gelap dan nampak warna pelangi.

Penyebab utama kasus ini adalah blog ic vertikal, namun belum tentu ic vertikal yang minta ganti.

Karena dari beberapa kasus kerusakan seperti ini malah sudah dijajal beberapa kali mengganti ic vertikal hasilnya nihil, padahal tegangan penyuplai normal semua elco sudah dibabat habis.

Lalu apa yang menyebabkan tv polytron ini hanya bergambar pelangi ini terjadi ?

Ternyata menduga blog vertikal yang rusak memang sangatlah benar, karena di sini awalnya dimulai tv dalam keadaan protek. Dimana m ana kita tahu, bahwa tv polytron meletakan titik protek pada ic vertikal terutama elco 1uf50v.

Namun ini protek berbeda.

Protek bisa juga karena terjadi ketidaknormalan pada tegangan.

Kebanyakan TV polytron menaruh tegangan ic vertikal berasal dari flyback. Jika flyback tidak bekerja dengan noermal bisa menimbulkan protek .

Hal ini sangatlah logis jika di fikir secara sistimatis. Jika terjadi tegangan bermasalah pada flyback bisa terdeteksi oleh ic vertikal karena vertikal di suplai dari flyback.

Dan juga seperti yang kita tahu bahwa kerusakan paling fatal jika tidak ditaruh sistim proteksi pada sebuah tv, jika terjadi kerusakan pada tegangan tinggi akan sangat berbahaya pada kelangsungan komponen yang lainya.

Misalnya saja tegangan b+ over , otomatis flyback bekerja mengeluarkan tegangan lebih tinggi dari normalnya, kemudian berdampak merusakan komponen seperti demper horizontal dan yang lainya.

Hal tersebut muski di pahami terlebih dahulu maka kita bisa menyimpulkan penyebab tv polytron protek.


Jika kasusnya kemudian diTandai dengan layar gelap berwarna pelangi maka bisa jadi terjadi kerusakan pada komponen pendukung ic vertikal .

Terutama pada output dari flyback.  Karena bisa jadi output penyuplay ic vertikal dari flyback drop sehingga protek. Terjadilah layar pelangi. Bahkan sering saat kita ukur dengan multitester tegangan dalam keadaan normal. 

Ternyata yang bermasalah adalah aliran arusnya yang tidak normal seperti yang Yang pernah saya alami yaitu:

Molornya resistor pembatas 1 ohm pada tegangan 12 volt - dan + sehingga arus mengalir terhambat dan juga dioda penyearah tegangan output flyback penyuplai ic vertikal setengah mati.

 Dioda tersebut jika diukur menggunakan multi masih normal,  namun kadang dioda ini sering dalam keadaan setengah mati.Untuk itu penggantian muski dilakukan meskipun dalam keadaan normal.

Sehingga kasus polytron protek dan layar gelap pelangi pun selesai.
Demikian semoga bermanfaat ….


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

4 komentar untuk "Servis TV POLYTRON Protek Layar Gelap Pelangi "

Unknown 28 Agustus 2018 pukul 01.42 Hapus Komentar
Miss.banyak sangat membantu
Unknown 8 November 2018 pukul 22.31 Hapus Komentar
Maaf berapakah nilai dioda ? Dan spa kodenya tolong kasih tahu terima kasih
Unknown 12 November 2018 pukul 11.47 Hapus Komentar
Diada dumper her203
Unknown 7 April 2020 pukul 18.07 Hapus Komentar
Sangat membantu mass...terima kasih....