Catatan Perbaikan 2 Hari di Bulan Agustus SODIRADEM BLOG

www.soldiradem.com
Catatan Perbaikan 2 Hari di Bulan Agustus SODIRADEM BLOG
Sudah beberapa hari soldiradem blog tidak posting mengenai apapun. Karena lumayan sibuk di dunia off line. job servis panggilan semua. Sehingga sangat Lelah ketika sudah pulang ke rumah. Idepun tidak muncul ketika Lelah. Nah mumpung ada waktu luang kali ini saya akan merangkum beberapa catatan penting mengenai perbaikan beserta penyebabnya yang telah saya alami beberapa hari belakangan.

To the poin saja tidak bosa basi mudah mudahan dapat menjadi sebuah refrensi untuk rekan – semuanya.

1.   Memperbaiki Receiver Matrix

 Memperbaiki receiver matrix jadul, lupa tipe nya namun program sudah mirip dengan receiver burger mpg2. Kerusakan ketika dihidupkan Nampak lampu indikator berkedip cepat kemudian mcb anjlok. Setelah ganti elko pada bagian primer yaitu 47 uf35volt tidak ada perubahan. Akhirnya ganti satu blog smps. Langsung cling.

2.   Memperbaiki amplifier kurang nendang

Kedua saya disuruh memperbaiki amplifier kurang power full, untuk suplay dua speaker 12 inci. Bass kurang mantap. Trafo menggunakan 5 ampere era, 32 volts. Ternyata setelah saya Telusuri penyebabnya; suplay hanya dihubungkan 25-volt saja. Sedangkan transistor asli sanken. Lalu saya kasih penjelasan mengenai hal ini. Bahwa transistor sanken yang asli, dapat disuplay lebih dari 32-volt ct. kata yang punya, katanya takut keluar jinn hehehe. Kemudian saya betulkan ke 32-volt ac. Kesalahan tidak berhenti di situ saja, ternyata cara memparalel transistor final pun masih belum tahu. Menggunakan 4 pasang transistor sanken ternyata resistor kapur hanya menggunakan 2 buah saja. Alhasil transistor panas berlebih. Pantes saja dulu sempat mengalami transistor keluar jinn. La Wong transistor Nya di paralel secara langsung.
Baca juga: cara membuat power supaly power amplifier
Yang lebih apes lagi saya waktu itu hanya jalan-mengantarkan receiver. Tidak membawa alat servis. Denga terpaksa saya menggunakan solder milik orang tersebut. Ampun deh soldernya gak mampu untuk melelehkan tenol dengan cepat. Sehingga memakan waktu yang cukup lama. ternyata setelah saya bongkar rangkaiannya, solderan kabel lepas semua. Seperti effect multi player, lepas satu, lepas semua. Akhirnya saya merakit ulang. karena keterbatasan alat yang saya pakai, yang penting sambungan antar kabel sudah kuat.  resistor kapur saya tambah menjadi 8 buah, tegangan pada trafo saya hubungkan dengan 32 volt ct, solderan sudah kuat,

 Kemudian dites, orang tersebut geleng-geleng kepala, sambil bilang 'mantap!'.

3.    Memperbaiki Speaker Aktif Stereo

Gejala suara serak. Beberapa kali saya mengalami bahwa speaker aktif yang menggunakan stereo pada blog amplifier akan mengalami mati sebelah yang terjadi secara terus menerus. Satu nya normal’ satunya lagi terbakar. Mungkin kerja pada amplifier mengalami ketidak imbang antar amplifier. Karena board sudah terbakar, saya memutuskan untuk mengganti out board blog amplifier. Mengganti dengan kit baru. Dengan transistor final yang lebih tinggi daya tahan yaitu menggunakan Toshiba seri SC dan SA. Sehingga kuat meski harganya gak lebih mahal namun mudah-mudahan tidak balik bengkel lagi.
Baca juga: Cara mengatasi speaker aktif suara serak
Nah beberapa catatan servis saya meski hanya catatan ringan, mudah-mudahan bisa menjadi refrensi terutama bagi pemula di bidang servis elektronik. Sampai bertemu dia artikel soldiradem blog Selanjutnya….
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Catatan Perbaikan 2 Hari di Bulan Agustus SODIRADEM BLOG"