Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah penyebab speaker aktif polytron x-br mudah rusak

penyebab speaker aktif polytron cepaat rusak SOLDIRADEM BLOG - Speaker aktif polytron dikenal dengan suara nada subbass nya yang begitu bagus sehingga dipasaran speaker x-br sangat diminati oleh konsumen.

Namun dibalik kualitas suara berkualitas bagus, ada beberapa kekurangan dan kelemahan yang meski diperbaiki oleh produk speaker aktif polytron.karena saya beberapa kali kesempatan menerima servisan sekaligus keluhan mengenai speaker aktif ini. yaitu ketika digunakan oleh user tidak bisa bertahan lama. banyak yang mengeluhkan kenapa ini bisa terjadi. Padahal suaranya sudah bagus.
Baca juga: berbagai penyebab speaker aktif rusak
kemungkinan begini:

Kerusakan komponen dipicu oleh Getaran yang diakibatkan oleh getaran speaker woofer mengakibatkan komponen dalam box speaker bergetar secara berkesinambungan sehingga mengakibatkan komponen mudah patah pada bagian kaki dan retak pada bagian solderan.

Bayangkan saja! tegangan tinggi pada smps ketika bekerja, sambil digetarkan secara terus menerus. Komponen bergetar. Tentu pada tegangan tinggi sangat ristkan terhadap kerusakan ketika salah satu komponen mengalami patah kaki atau solderan retak. Sehingga sering timbul masalah speaker aktif mati total.

Baru-baru ini saya mendapat satu kerusakan speaker aktif polytron x-br dengan gejala suara serak. Saya mengira bahwa kerusakan seperti ini biasanya diakibatkan oleh transistor tip 41 tip 42c mengalami kerusakan ternyata setelah hanya soldering ulang pada bagian blog amplifier. Speaker aktif langsung normal. Lho, padahal saya lihat secara friskily bahwa soldering pada kaki komponen amplifier polytron sangat bagus. kemungkinan ini terjadi keretakan pada area transistor final amplifier.

Ketika panas terjadi pada transistor final tip 41c 42c Bersamaan dengan itu digetarkan sehingga terjadi keretakan pada solderan kaki transistor. Dan heranya lagi ternyata suara serak akan terlihat ketika speker sudah distel beberapa waktu. Kemungkinan jika transistor sudah panas sehingga melelehnya timah akan terjadi. Sehingga ada salah satu kaki yang tidak konek.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa kerusakan speaker aktif yang diakibatkan getaran speaker sangat mempengaruhi kinerja komponen.

Mungkin mesin amplifier di tempatkan pada box speaker secara langsung tanpa pelindung bertujuan untuk menghandle suhu heatsink agar dapat mendapatkan pertukaran angin dari angin speaker woofer yang bekerja. Hal ini tidak hanya pada speaker aktif polytron hampir rata-rata produk speaker aktif menggunakan angin box untuk menghandle suhu heatsink agar tetap terkontrol.
Baca juga:panduan memperbaiki speaker aktif
Nah itulah alasan serta fakta kemungkinan speaker aktif polytron xber mudah rusak. Kerusakan pada speaker aktif yang distel tidak secara power full mungkin akan lebih awet dibanding yang dipakai secara power full secara berkepanjangan. Hal ini tentu sudah jelas mengenai apa ang telah saya sampaikan diatas. Kenapa ini bisa terjadi.  Semoga bermanfaat.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

5 komentar untuk "Inilah penyebab speaker aktif polytron x-br mudah rusak"

Hasta-Karya-Elektronika 28 Agustus 2018 pukul 16.26 Hapus Komentar
speaker semahal itu pake tr final 41-42.?
tidak disangka yaaa...
Henry "L380Y" David 15 Oktober 2018 pukul 12.09 Hapus Komentar
Spiker xbr sy jg dalam posisi mati skr gak tau ntah apanya yg rusak . Setelah baca artikel ini jd kepengen bongkar lg tu spiker . Ckup masuk akal memang analisanya.
Unknown 6 November 2018 pukul 07.56 Hapus Komentar
Mohon pencerahannya master. Active speaker Polytron hidup dan keluar suara tidak maksimal karena +b hanya 6 v DC demikian juga-b hanya 6vdc
M Tohier 14 November 2018 pukul 11.30 Hapus Komentar
pass 68 saya suka restart,kesusakan di mananya yah??
Unknown 17 Desember 2018 pukul 19.11 Hapus Komentar
bos kl resistor 100ohm bs di gnti dg ukuran 470 ohm gak?resistor untuk ngeteff