Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal


SOLDIRADEM BLOG - Beberapa minggu sepi servisan, hari ini saya mendapat servisan berupa parabola.  Keluhan user, bahwa Receiver parabola tidak dapat menerima sinyal satupun. Tak lama kemudian langsung meluncur ke TKP di tetangga desa sebelah.

Sesampai di TKP, saya langsung cek kondisi receiver. Cek menu info bahwa intensitas signal 0% dan kualitas signal juga 0.  Kemudian coba cek konektor dari parabola. Ternyata konektor basah kuyub.

Entah dari mana datangnya air, setelah di teliti lebih lanjut, ternyata air berasal dari dalam kabel.   Kabel tersebut basah disebabkan kebocoran pada konektor atas dari LNB, merembes melalui dalam kabel kemudian sampai ke receiver. 

Untuk mengeluarkan air yang ada di dalam kabel, kita bisa membuat beberapa lubang di kulit kabel agar air bisa merembes keluar. 

Bila sudah begini, pasti ini receiver yang bermasalah. Receiver bermerek Matrix Inspiro, dengan box besar masih mpg 2.  Kemudian receiver saya buka dengan penuh harapan Tidak terjadi masalah serius.

Receiver tidak muncul sinyal, ternyata setelah saya buka nampak di area mpg, konektor terlihat berkarat parah. Langsung deh saya bersihkan. Jalur yang menuju rx ic ternyata putus karena korosi oleh karat efek dari konektor basah.

Setelah saya sambung, coba konekan dengan parabola.  Hasilnya Bagus namun siaran horizontal tidak ada sinyal.  


Saya jadi teringat waktu itu pernah mengalami hal ini, Salah satu solusi terakhir dan terkesan coba coba tapi berhasil yaitu memanaskan ic rc yang dekat dengan konektor yang karatan tadi.

Akhirnya Receiver kembali normal setelah dilakukan pemanasan pada ic,. Memanaskan ic masih manjur, padahal waktu itu hanya iseng semata. hehe.. 

Selesai sudah permasalahan receiver parabola tidak tumbuh signal tersebut. Yang ternyata permasalahan terjadi pada receiver rusak akibat kabel basah.

Perlu anda ingat bahwa jika anda mempunyai sebuah receiver parabola perlu dicek secara berkala saat musim hujan untuk memonitor apakah kabel yang anda miliki di resapi air hujan atau tidak. Jika terjadi peresapan air ke dalam kabel maka anda wajib mencari kebocoran tersebut jika ingin perangkat yang anda miliki selamat.

Demikian cerita hari ini semoga anda dapat mengambil hikmah dari kasus yang saya tangani di atas.  So salam jumpa lagi di kasus yang lainya. Go way!

Baca juga: Beberapa Penyebab parabola tidak ada sinyal
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

2 komentar untuk "Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal"

Unknown 29 Oktober 2018 pukul 13.46 Hapus Komentar
Thnk's infox bermnftt😊
Unknown 12 Desember 2018 pukul 19.32 Hapus Komentar
Terima kasih infonya