Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghubungkan TV LED ke Speaker Aktif

Cara Menghubungkan TV LED ke Speaker Aktif  - Menyambungkan tv LED dengan perangkat lain yang tidak ada di dalam fitur bisa beresiko, oleh karena itu penting untuk mencari referensi terutama yang berkaitan dengan sistem audio tv LED. Diantara kerusakan perangkat elektronik penyebabnya adalah kesalahan instalasi. Jadi jangan asal memasang misalnya menghubungkan TV LED ke speaker aktif.

Apabila salah dalam menghubungkan jek bisa berakibat fatal, karena hal ini sering saya dengar dari user yang mengeluh kerusakan TV LED disambung ke speaker aktif.

Karena tv memiliki banyak macam dan jenis maka kita harus paham dulu mengenai fitur pada sebuah tv terutama  sistem audio TV LED.

Apakah di tv LED tersebut tersedia output audio yang bisa dihubungkan dengan perangkat portable audio lain. Atau hanya tersedia input av saja sebagai fitur instalasi dengan perangkat lain.

Dari sini kita pahami melalui keterangan dari manual book, maupun dilihat dari bentuk fisik dari perangkat elektronik.
Baca juga:cara sederhana memperbaiki remot tv

Cara Menghubungkan TV LED ke Speaker Aktif 

Apabila tersedia output audio berarti tv led bisa dihubungkan dengan speaker aktif, namun jika tidak ada outputnya maka ada dua kemungkinan untuk bisa menghubungkan ke speaker aktif yaitu:.

1. Apabila menggunakan receiver sebagai input maka output dari receiver digital bisa langsung dihubungkan dengan input speaker aktif menggunakan kabel RCA, dengan konsekwensi speaker tv tidak bisa difungsikan, namun gambar tetap tampil. 

Jika memungkinkan, jack rca ada dua warna merah dan putih yang berfungsi sebagai jack audio, merah untuk di masukkan ke tv led sedangkan putih dimasukkan ke speaker aktif. 

2. Apabila sumber input berasal dari antena, maka tv tidak dapat dihubungkan dengan speaker aktif. Kekurangan semacam ini bisanya dimiliki oleh tv crt/tabung. Sedangkan ketika anda menggunakan tv LED mungkin ada beberapa keterangan untuk audio soket out bergambar headset atau jack 3,5 mili maupun soket out L ,R.

Sebenarnya ada yang ingin saya tekankan pada artikel kali ini adalah jangan sampai salah dalam instalasi jak, terutama pada bagian input speaker aktif, ada beberapa fitur soket pada speaker aktif, diantaranya ada soket rca yang diperuntukan out ke speaker pasanganya. apabila salah menyambungkan  ke soket tersebut otomatis bisa merusak ic audio di dalam televisi maupun receiver dan dvd.

Baca dan pahami secara lebih detil mengenai fungsi dari masing masing soket sebelum instalasi dariapada nanti malah rusak.


Soket merah dan putih bisanya menghubungkan untuk audio

Soket kuning biasanya digunakan untuk menghubungkan input video.

Speaker aktif terdapat dua warna soket yaitu merah dan putih. 

Sedangkan warna hitam biasanya out speaker. 

Namun harus teliti sekali lagi mengenai keterangan yang tertera pada masing masing soket siapa tau dulu pernah servis namun diganti dengan soket asal oleh teknisi.

Hubungkan kabel sesuai warna soket dan jek rca.

Apabila dari receiver juga sama, yaitu soket merah putih sebagai output audionya.

Jangan lupa dari tv output audio soket merah putih  sesuai dengan keterangan yang tertulis di soket, sedangkan warna kuning tidak digunakan.

Demikian Cara Menghubungkan TV LED ke Speaker Aktif  semoga membantu.
baca juga: tips merawat tv agar tetap awet
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Menghubungkan TV LED ke Speaker Aktif "