Cara Menentukan Penyebab Kerusakan B+ Drop pada TV

Soldiradem Blog - Tv dengan gejala ketika diukur pada bagian b+ mengalami drop akan berakibat pada kerusakan tv entah itu standby maupun mati total.

Ada satu kasus kerusakan jika b+ disebabkan hanya karena short pada bagian yang disuplay yaitu pada blog horizontal dan flyback, namun disisi lain terkadang kita akan menjuampai yang namanya drop namun komponen yang disuplai ternyata normal.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengetahui bagaimana menentukan kerusakan pada B+115 volt drop jika tidak berasal dari beban yang disuplai.

Gejala paling nampak adalah ketika komponen normal namun b+ drop, padahal ketika beban dilepas b+115v normal. Namun bukan pada mode standby.

Kita membutuhkan satu bantuan pada alat untuk menentukan kerusakan semacam ini, kita mebutuhkan bohlam 100 watt sebagai pengganti beban atau area horizontal tv.

Hal ini berguna untuk menentukan apakah yang bermasalah adalah regulatornya atau memang ada masalah pada blog horizontal.  Dengan kata lain kita juga bisa menguji apakah daya yang dikeluarkan oleh regulator power suplay dapat menyalurkan arus dengan baik.

Bohlam juga bisa untuk membantu mengatahui kerusakan yang ada di area horizontal seperti yang pernah saya tulis di artikel yang berjudul cara mencegah transistor horizontal jebol lagi

Cara kerja: 

1. Melepaskan kaki fkyback b+ pastikan flyback tidak tersabung ke b+ netral

2. Pasangakn bohlam ke b+ sebagai pengganti beban.

3. Nyalakan tv kemudian ukur menggunakan DC mater min 250v.

4. Jika lampu nampak menyala terang namun tegangan b+ tidak drop ini berarti bagian primer regulator dalam keadaan baik.

5. Apabila yang terjadi sebalikanya bohlam menyala redup dan tegangan terukur drop ini bebrarti ada masalah pada bagian regulator pada bagian primer maupun sekundernya.

6. Dari sini kita sudah menemukan langkah kemana kita akan mencari kerusakan apakah kerusakan diakibatkan oleh bagian power suplay atau disebabkan oleh beban yang di suplay.

Cara ini lebih akurat dibandingkan cara hanya mencopot beban saja dan lebih cepat mengetahui dari mana yang bermasalah.

Namun jika diketahui memang kerusakan seperti yang kita kenali misal tv mati standby lampu indikator berkedip biasanya terjadi kerusakan pada blog horizontal.

 Nah jika masih ragu cara menentukan penyebab keruskan b+ dengan bantuan bohlam bisa menjadi alternatif untuk lebih myakinkan.

Semikian semoga bermanfaat.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Penyebab Kerusakan B+ Drop pada TV "