Tv Polytron Kerusakan regulator suara Berderit

Tv Polytron Slim Kerusakan Power Suplai Menjerit

Mendapat sebuah servisan tv tabung merek polytron ukuran 21 inci mengalami kerusakan mati total. Awalnya tv ini mengami mati terindikasi fet pada power suplay short. Fet yang digunakan 7n65c. Apakah kerusakan hanya mengganti fet langsung permasalahan beres?

Terkadang iya setelah penggantian FET bisa langsung nyala jika keruskan memang hanya disebabkan faktor FET saja.  Untuk kali ini, Tidak sampai disitu saja karena ternyata setelah penggantian Fet tersebut, tv mengalami mati protek.

Setelah saya amati ternyata pada tegangan +12 v -12v terukur tegangan 0 v. Padahal pada b+115 volt terukur normal dan tidak drop sama sekali.

Kemudian saya baru sadar bahwa terjadi kerusakan pada ic vertikal. Terlihat retak atau pecah pada bagian body ic la 78141. Pantas saja jika tegangan pada bagian tersebut drop. Namun sebelum saya mengukur pada bagian ic vertikal, tegangan vcc +12v ternyata memang over.

Setelah tegangan bisa beres langsung pasang ic vertikal. Tv bisa hidup namun terdapat bunyi aneh dari area power suplay, yaitu seperti berderit. Dan FET setelah beberapa saat langsung panas. Ini menandakan bahwa ada kerusakan lain selain kerusakan pada FET 7n.

Saya kira ini penyebabnya adalah kerusakan pada bagian sekunder ada yang short sehingga membebankan short kepada area primer regulator. Namun setelah cek sana sini bahkan sampai pada transistor horizontal tidak ada yang short.

Tv bisa hidup dengan tanda flyback bisa bekerja. namun ada bunyi seperti ular derik. Jika dibiarkan dalam jangak waktu lama Fet kemungkinan akan rusak lagi, karena baru saja dinyalakan sudah langsung overheat.

Bisa jadi keruskan terjadi pada trafo switching regulator. Namun ini jarang terjadi bahkan pernah mengalami kerusakan yang sama tidak pernah ketemu solusinya, Meskipun mengganti semua pada bagain primer power suplay tidak ada hasil.

Pada akhirnya satu hal yang bisa sampai pada satu titik yaiti pada saat mengganti optocopler. tv bisa  menyala normal tanpa menjerit lagi.

Kata kuncinya disini adalah FET mudah Panas, kemudaian tidak berfikir sumber feedback dari sekunder power suplay. Padahal memang kerja FET pada power suplay akan mendapatkan umpan dari sekunder melalui optocopler mungkin selain optocopler kita juga bisa menganalisis pada jalur tersebut sebagai acuan ketika menemui keruskan serupa jika sudah mengganti optocopler namun masih bunyi berderik.

Itulah dunia servis kita sebenarnya sudah menemukan sebuah kelu dari teka-teki yang sebenarnya sudah nampak di depan mata namun belum ketahuan. Dan disini jam tebang memang berberan sangat penting hehehe.
.



0 Response to "Tv Polytron Kerusakan regulator suara Berderit"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel