Memperbaiki TV Polytron Kerusakan Regulator suara Berderit

TV Polytron Slim Kerusakan Power Suplai Berderit

Memperbaiki TV Polytron Kerusakan Regulator suara Berderit - Mendapat sebuah job memperbaiki TV tabung merek Polytron u-slim ukuran 21 inci mengalami kerusakan mati total. Awalnya TV ini mati terindikasi fet pada power suplay short. Fet yang digunakan 7N65C. Apakah kerusakan hanya mengganti FET langsung beres?

Terkadang iya, setelah penggantian FET bisa langsung nyala jika kerusakan memang hanya disebabkan faktor FET saja.  

Tapi untuk kali ini tidak sampai disitu saja karena ternyata penggantian Fet tersebut kemudian disusul TV mati protek.

Setelah dilakukan pengukuran tegangan didapati +12 v, -12v dari out flyback terukur tegangan 0 v. Padahal pada b+115 volt dari regulator terukur normal dan tidak drop sama sekali.

Kemudian saya baru sadar bahwa terjadi kerusakan pada ic vertikal. Terlihat retak atau pecah pada bagian body ic la 7814i.

Pantas saja jika tegangan pada bagian tersebut drop dan mengakibatkan suara aneh pada regulator berderit. Namun sebelum saya mengukur pada bagian ic vertikal, tegangan vcc +12v ternyata memang over.

Setelah tegangan telah beres langsung pasang ic vertikal. TV bisa hidup namun terdapat bunyi aneh dari area power suplay, yaitu seperti berderit. Dan FET setelah beberapa saat langsung panas. Ini menandakan bahwa ada kerusakan lain selain kerusakan pada FET 7n.

Saya kira ini penyebabnya adalah kerusakan pada bagian sekunder ada yang short sehingga membebankan short kepada area primer regulator. Namun setelah cek sana sini bahkan sampai pada transistor horizontal tidak ada yang short.

TV bisa hidup dengan tanda flyback bisa bekerja. namun ada bunyi seperti ular derik. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, Fet kemungkinan akan rusak lagi, karena baru saja dinyalakan sudah langsung overheat.

Bisa jadi kerusakan terjadi pada trafo switching regulator. Namun ini jarang terjadi bahkan pernah mengalami kerusakan yang sama tidak pernah ketemu solusinya, Meskipun mengganti semua pada bagian primer power suplay tidak ada hasil.

Pada akhirnya saya menemukan penyebab suara berderit pada power suplai tv Polytron slim ini satu hal yang bisa sampai pada satu titik yaitu pada saat mengganti optocopler. TV bisa menyala normal tanpa menjerit lagi.

Kata kuncinya disini adalah FET mudah Panas, kemudian tidak berfikir sumber feedback dari sekunder power suplay. Padahal memang kerja FET pada power suplay akan mendapatkan umpan dari sekunder melalui optocopler. Mungkin selain optocopler kita juga bisa menganalisis pada jalur tersebut sebagai acuan ketika menemui kerusakan regulator power suplai Polytron berderit.

Itulah dunia servis kita sebenarnya sudah menemukan sebuah kelu dari teka-teki yang sebenarnya sudah nampak di depan mata namun belum ketahuan. Dan disini jam tebang memang berperan sangat penting hehehe.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Memperbaiki TV Polytron Kerusakan Regulator suara Berderit"