Membuat 1 Trafo untuk 2 Power Amplifier beserta Keuntunganya

Mengapa harus menggunakan 2 kiprok saat 1 trafo untuk 2 amplifier?

Keuntungan menggunakan dua dioda keprok adalah meringankan kinerja dari dioda itu sendiri. dioda akan kerja terlalu panas jika harus mengandel dua driver sekaligus dalam satu cattu daya trafo.

Sebenarnya dulu saya pernah menggunakan sistem satu keeprok saja dan menggabung 8 elko tersebut dalam satu rangkaian .

Namun yang terjadi adalah ketika ada salah satu kerusakan amplifier satu cahanel maka kerusakan kadang akan merembet ke bagian chanel lainnya.

Menggunakan 1 trafo untuk 2 amplifier dengan sistem 2 dioda keprok ini diperuntukan untuk amplifier daya besar.

Sedangkan untuk trafo dengan 5 ampre tidak terlalu berpengaruh terutama driver yang digunakan pun biasanya cendrung memiliki kekuatan kurang dari 300 watt.

 Tidak ada salah juga, apabila menggunakan sistem ini ketika menggunakan daya kecil, karena dari segi keamanan bisa terkondisikan dengan sistem seperti ini.

Cara Menggunakan 1 Trafo 2 Amplifier

1 trafo untuk 2 power amplifer

Keterangan gambar:

Elko bisa menggunakan 10.000uf 100v untuk tegangan AC 45 volt, juga bisa menggunakan 63 volt namun lebih aman 100v.

Dioda gunakan 35A dan berkualitas ini juga tergantung trafo yang digunakan misalnya untuk trafo 10A bisa mengguakan lebih kecil karena ini bisa dibagi menjadi dua keprok.

Pastikan keprok dalam menempel di body agar panas bisa tersalurkan.

Perhatikan warna saluran pada gambar, setiap beda warna berarti tidak menyambung. terutama bagi pemula dalam membuat power suplay untuk power amplifier sismetris.

Cat putih pada body elko menandakan pin negatif pada elko.

Pengalaman Pada penerapan satu trafo untuk dua amplifier 


Sedikit shering untuk masalah menggunakan satu trafo untuk dua driver power ampli.

Waktu itu saya menggunakan sistem satu dioda keprok saja, namun yang terjadi ketika ada salah satu ellko kering maka tegangan tidak seimbang antara positif dan negatif, akhirnya salah satu amplifier mengalmi kerusakan. kemudian disusul amplifier yang satunya.

Ini mungkin akan berbeda cerita ketika menggunakan sistem dua dioda, apabila salah satu elko bocor maka chanel yang satunya masih akan aman meskipun yang satunya harus mengalami kerusakan.

Dari sini kita akan mendapatkan keuntungan satu lagi yaitu dengan menggunakan dua front sistem simetris pada power suplay akan mengamankan masing masing chanel.;

Untuk hasil lebih baik lagi jika masing-masing menggunakan fuse pada bagian sebelum masuk pada transistor final. hal ini seperti driver jenis blazzer yang mengugnakan sistem ini.

Demikian semoga bermanfaat mengenai 1 trafo untuk 2 amplifier. Kurang lebihnya saya hanya berbagi pengalaman, apabila rekan semuanya memiliki pengalaman akan hal ini bisa dibagkan di kolom komentar.


0 Response to "Membuat 1 Trafo untuk 2 Power Amplifier beserta Keuntunganya "

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel